Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aku dan Umat Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kerangka pelajaran

  1. Mereka percaya pada khotbah para rasul

    1. Tuhan mengumpulkan orang banyak pada perjamuan Pentakosta
    2. Tuhan mencurahkan Roh-Nya kepada gereja.
    3. Petrus berkhotbah tentang kematian, kebangkitan, dan kenaikan Tuhan Yesus.
    4. Orang banyak itu percaya pada apa yang Dia nyatakan dan menanggapinya dengan pertobatan dan iman.
  2. Mereka percaya kepada pengajaran para rasul

    1. Orang-orang percaya berkumpul di tempat ibadah di mana mereka belajar banyak tentang Yesus dan bertumbuh dalam iman mereka.
    2. Gereja-gereja baru mematuhi apa yang diajarkan para rasul tentang hidup bagi Yesus.

Gambar-gambar yang perlu disiapkan guru

  1. Kumpulan orang banyak dari berbagai negara.
  2. Para rasul dengan Roh Kudus dalam bentuk lidah api di atas kepalanya.
  3. Sebuah gambar tambahan yang menunjukkan penyaliban dan kubur yang kosong dan kenaikan Yesus.
  4. Orang-orang percaya yang berkumpul untuk memuji Tuhan dengan mengelilingi sebuah Alkitab yang terbuka.
  5. Gambar tambahan tentang orang-orang percaya yang bersaksi, berdoa, dan membagikan roti.

Gambar tokoh yang ditempelkan

  1. Petrus
  2. Tiga orang tokoh berlutut sedang berdoa dan menyatakan iman mereka.

Cerita:

Ada banyak orang! Apakah jumlahnya tiga ribu orang? (Gunakan contoh lain untuk membantu anak membayangkan jumlah yang banyak.)

Tunjukkan gambar 1: kumpulan orang banyak dari seluruh dunia untuk merayakan Pentakosta (dari berbagai bahasa, kebiasaan, tetapi mereka semua ingin mendengar kabar tentang Yesus yang telah mati disalib dan bangkit dari kematian).

Hari ini adalah hari ke-50 setelah Yesus disalib. Kemudian Yesus bangkit dari kematian dan menemui kesebelas murid-Nya. Yesus telah memerintahkan mereka untuk berkhotbah dan mengajarkan Kabar Baik tentang keselamatan dan semua perintah yang harus mereka lakukan di seluruh dunia ini. Sejak saat itu, murid-murid ini disebut para rasul. Yesus telah berjanji akan memberikan Roh Kudus agar membantu mereka. Kemudian Dia meninggalkan mereka, empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya pada hari Paskah, Dia naik ke awan-awan menuju ke surga. Kelompok kecil ini menunggu datangnya Roh Kudus, mereka sering berkumpul untuk berdoa bersama-sama.

Allah memiliki rencana khusus mengapa mereka harus menunggu hari Pentakosta. Allah berencana mengumpulkan tiga ribu orang untuk beribadah pada hari itu!

Pada hari Pentakosta diadakan perjamuan besar dan orang-orang Yahudi dari seluruh dunia akan datang pada perjamuan itu. Orang-orang Yahudi itu berasal dari (pada bagian ini Anda bisa menunjukkan sebuah peta) Partia, Media, Elam (Mesopotamia -- sekarang Iran dan Irak), Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah di Libia dekat Kirene; bahkan dari Roma!

Tunjukkan gambar 2: Allah mengirimkan Roh Kudus-Nya. Cerita tentang pencurahan Roh Kudus. Suara yang berisik. Lidah-lidah api ada di atas kepala para Rasul. Mereka mulai berbicara dengan bahasa-bahasa lain. Orang banyak berkumpul, sangat mengagumkan. "Apa yang terjadi? Bagaimana mereka bisa berbicara dengan menggunakan bahasa kita? Apa yang mereka katakan? Sungguh perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah. Tetapi beberapa orang tertawa dan berkata, "Mereka sedang mabuk"

Ambil gambar tempel Petrus: Petrus berdiri dan berbicara kepada kerumunan orang itu. "Hai kamu orang bodoh, sekarang ini masih terlalu pagi untuk mabuk! Apa yang terjadi yang sekarang ini kamu lihat adalah pengenapan dari nubuat. Allah bernubuat melalui nabi Yoel bahwa Dia akan mengutus Roh Kudus-Nya dan setiap orang yang menyebut nama Allah akan diselamatkan!"

Tunjukkan gambar 3 dan gambar tempel Petrus: kemudian Petrus mulai berkhotbah tentang Yesus kepada mereka.

Dengan menggunakan gambar, ceritakan secara singkat Khotbah itu -- tekankan pada penyaliban dan kebangkitan. (Tekankan kepada anak-anak bahwa kita merayakan peristiwa ini pada Jumat Agung dan Paskah.) Allah telah menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus. (Tambahkan gambar tempel orang yang sedang berlutut.) Ketika Petrus berbicara, semakin banyak orang yang menyadari bahwa Yesus telah mati untuk dosa-dosa mereka dan bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari kematian dan menjadikan Dia Tuhan. Menyadari bahwa Yesus telah disalib karena dosa-dosa mereka, orang-orang itu mulai memanggil Petrus dan menanyakan apa yang harus mereka lakukan.

Tekankan pada jawaban Petrus kepada orang banyak itu supaya "Bertobat dan dibabtis." Pastikan anak-anak Anda memahami apa arti istilah ini, gunakan gambar dan peraga. Mereka harus percaya pada apa yang Petrus khotbahkan kepada mereka. (Tunjukkan gambar 1 dan peganglah gambar Petrus.) Hari itu adalah hari yang paling mengesankan bagi Petrus. Pada hari itu tiga ribu orang dari seluruh penjuru dunia mengakui dosa mereka dan percaya pada Yesus. Tapi Petrus kemudian tidak tahu, apa yang harus dilakukan oleh para rasul terhadap orang-orang Kristen baru ini? Mereka harus belajar banyak tentang Yesus dan bagaimana menjadi orang Kristen. Tetapi bagaimana mungkin mereka semua bisa dikumpulkan setiap hari untuk mendengarkan khotbah Petrus. Mereka akan segera kembali ke rumah mereka masing-masing di seluruh penjuru dunia. Dan ketika mereka sampai di rumah, bagaimana mereka akan melanjutkan memuji dan mengajar tentang Yesus? Siapa yang akan mengajar mereka? Bagaimana mereka bisa tetap kuat bila terjadi godaan atau penganiayaan?

Tunjukkan gambar 4: Roh Allah menolong Petrus mengingat apa yang telah Yesus ajarkan kepada mereka dan menjelaskan apa yang harus dilakukan. Mereka dimasukkan dalam kelompok yang lebih kecil yang disebut gereja. Mereka harus belajar banyak tentang Yesus -- baik dari Alkitab Perjanjian Lama, maupun dari khotbah dan ajaran para rasul yang telah bersama-sama dengan Yesus dan telah menyaksikan apa yang telah terjadi. Dan para rasul harus menuliskan apa saja yang telah Yesus ajarkan kepada murid-murid-Nya sebelum menjadikan mereka rasul-rasul-Nya, dengan demikian orang-orang percaya baru ini juga dapat mempelajari ajaran tersebut. Yesus telah berjanji bahwa Roh Kudus akan menolong mereka mengingat ajaran-ajaran ini.

Satu alasan yang sangat penting mengapa kita berkumpul di gereja adalah untuk mendengarkan firman yang Allah ajarkan kepada kita. Kita mendengar tentang Yesus, kematian, dan kebangkitan-Nya. Ketika pendeta berkhotbah, atau dalam kelas sekolah minggu kita, kita mendengar hal-hal yang Yesus lakukan dan ajarkan kepada para rasul-Nya, yang telah ditulis untuk kita dalam firman-Nya. Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa orang-orang Kristen baru memberikan diri mereka pada ajaran para rasul.

Tunjukkan pentingnya kata "memberikan diri". Ke gereja atau sekolah minggu bukanlah sesuatu yang dilakukan dengan setengah hati, atau karena keharusan, ataupun karena sesuka hati, ketika merasa senang dan tidak ada hal lain yang perlu dilakukan. Mereka berkomitmen untuk mendengarkan dan memercayai Kristus, mereka senang berkumpul dan belajar tentang Yesus.

Gambar 5: mereka belajar tentang apa yang Tuhan ingin mereka lakukan. Perintah yang ada di Kisah Para Rasul 2:42, "... dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa." Mereka belajar tentang betapa pentingnya memuji Tuhan bersama-sama dan bekerja sama dalam mengabarkan Yesus. Membagikan apa yang mereka miliki kepada orang lain. Berdoa bersama-sama.

Tunjukkan gambar 1: masih ada banyak orang dari berbagai bangsa di dunia ini yang perlu mendengar dan percaya kepada firman Allah. Allah telah mengutus para misionaris dari gereja-Nya untuk mengabarkan itu semua kepada mereka. Mereka perlu mendengar ajaran firman Allah dan menjadi bagian dari gereja di mana mereka dapat belajar lebih banyak lagi tentang Yesus. Dari tiga ribu orang percaya itu, gereja-gereja didirikan di seluruh dunia. Setiap hari semakin banyak orang percaya yang bergabung dengan gereja-gereja itu.

Apakah kamu juga ada dalam gambar itu?

Peganglah gambar 3. Apakah kamu percaya Yesus mati untuk dosa-dosamu dan bangkit karena anugerah? Pernahkah kamu meninggalkan dosa-dosamu dan percaya kepada Dia?

Peganglah gambar 4. Apakah kamu senang belajar tentang Yesus dan mendengarkan khotbah tentang firman-Nya dan ajaran-Nya? (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Eld Barry
Pengarang: 
Barry McWilliams

Komentar