Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Roh Kudus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Tahukah kamu siapa Roh Kudus itu? Ingatkah kamu bahwa ada tiga Pribadi yang menjadi Tuhan, namun hanya ada satu Tuhan? Roh Kudus ialah salah satu dari ketiga Pribadi itu; dua pribadi lainnya adalah Allah Bapa dan Allah Putra.

Roh Kudus selalu hidup. Saat Yesus menciptakan alam semesta, Roh Kudus juga ada di sana dan setiap Pribadi berperan dalam penciptaan itu.

Suatu hari, ketika Yesus bercakap-cakap dengan murid-murid-Nya, sebelum kematian-Nya, Ia mengatakan kepada mereka bahwa Ia akan kembali ke rumah-Nya di surga untuk berkumpul dengan Allah Bapa; dan Ia akan mengirimkan Roh Kudus untuk mereka. Sungguh, sepuluh hari setelah Yesus terangkat ke awan-awan, Roh Kudus hadir di antara mereka.

Beginilah cara Roh Kudus datang: para murid sedang bercakap-cakap dan berdoa bersama di ruang atas ketika tiba-tiba terdengar suara gemuruh seperti tiupan angin keras memenuhi seluruh rumah tempat mereka berkumpul. Ketika para murid itu saling berpandangan, tiba-tiba tampak lidah-lidah seperti nyala api hinggap di dahi mereka. Roh Kudus telah diberikan oleh Tuhan Yesus kepada mereka. Lidah-lidah itu menghilang, namun Roh Kudus tetap tinggal dan murid-murid itu tiba-tiba bisa berbicara dengan bahasa-bahasa lain yang tidak mereka kenal. Roh Kudus juga membuat mereka dapat menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Roh Kudus membuat mereka sangat bersukacita sehingga mereka bisa tetap bernyanyi walaupun disakiti oleh orang-orang yang tidak mengasihi Tuhan Yesus.

Roh Kudus hadir dalam hati setiap anak laki-laki maupun perempuan yang mengasihi Yesus dan Roh Kudus juga menolong anak-anak untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Ia tinggal dalam hatimu jika kamu seorang Kristen. Segala keinginan dan pemikiran yang kudus berasal dari-Nya. Ia membantumu untuk percaya pada-Nya dan mematuhi perintah-Nya. Ia juga menolongmu agar menjadi anak yang baik, tulus, dan jujur. Dia juga yang memberikan kasih, sukacita, damai sejahtera, dan kegembiraan dalam hatimu. Tubuhmu adalah rumah bagi-Nya dan hanya Tuhanlah yang akan menghidupkan kembali tubuhmu sesudah kamu mati nanti.

Jika kamu adalah orang Kristen, Roh Kudus tidak hanya tinggal dalam hatimu, tetapi Ia juga ada di surga berdoa untukmu. Kamu tidak tahu bagaimana cara yang terbaik untuk berbicara dengan Tuhan tentang berbagai hal, namun Roh Kudus akan mengubah doamu yang lemah menjadi doa yang benar dan penuh kuasa. Karena Roh Kudus adalah Tuhan, Ia dapat berdoa dengan cara yang terbaik sehingga Tuhan akan mendengar dan menjawabnya. Alkitab menuliskan bahwa Roh Kudus berdoa dengan berseru dan bersungguh-sungguh untuk setiap kata yang diucapkan. Ini berarti Ia menangis untukmu dan untuk apa yang kamu doakan. Bukankah sangat mengagumkan jika Tuhan sendiri yang membantumu dalam doa?

Roh Kudus bukan hanya membantumu, tapi juga membantu orang-orang lain yang tidak beragama Kristen dengan cara mendorong mereka untuk mengasihi Tuhan. Ia membantu mereka mengerti apa yang telah Yesus perbuat untuk mereka.

Roh Kudus pulalah yang menolongmu untuk memahami Alkitab ketika kamu membacanya. Jika kamu kesulitan dalam memahami Alkitab, berdoalah dan mintalah Roh Kudus untuk membantumu.

Kadang-kadang Roh Kudus memakai cara-cara tertentu seperti yang ditunjukkan dalam cerita berikut ini.

Seorang pria yang sama sekali tidak mengasihi Tuhan, bahkan membenci-Nya, diundang ke suatu persekutuan untuk mendengar pemberitaan Injil. Pria itu hanya tertawa dan berkata kalau ia tidak akan bersedia datang. Beberapa orang yang mengasihi Yesus memutuskan untuk mendoakan pria itu. Malam itu mereka berkumpul dan berdoa lama sekali. Mereka berdoa sepanjang malam untuk pria ini agar ia diselamatkan dari dosa-dosanya.

Pada malam itu, pria yang didoakan ini hendak pergi tidur seperti biasanya. Tapi sekitar jam dua dini hari, tiba-tiba ia terbangun. Ia mulai memikirkan setiap kesalahan yang telah ia lakukan, juga tentang penghakiman Tuhan dan kematian kekal yang harus diterimanya. Ia mulai gemetar di atas tempat tidurnya. Lalu ia ingat, seseorang pernah bercerita tentang Tuhan Yesus yang mati untuknya. Ia melompat dari tempat tidur dan berlutut di samping tempat tidurnya, meminta Tuhan untuk mengampuninya dalam nama Yesus. Ia menangis lama sekali dan kemudian menyadari bahwa Tuhan sudah mendengar doanya dan mengampuninya. Ia merasa sangat gembira sampai-sampai tidak sabar menunggu pagi untuk memberitahukan pengalaman ini kepada temannya, teman yang telah mengajaknya ke persekutuan malam sebelumnya. Temannya sangat terkejut saat mengetahui banyak orang yang telah mendoakan pria itu sepanjang malam. Roh Kudus telah menyadarkan pria itu bahwa ia adalah seorang yang berdosa.

Bacaan Alkitab: Yohanes 16:7-15

Pertanyaan:

  1. Siapakah Roh Kudus itu?
  2. Di manakah Dia?
  3. Hal-hal apa saja yang Ia kerjakan?
  4. Apa arti kata "Kudus" (Holy)?
  5. Apa yang dapat menghentikan Dia untuk menolong kita melalui cara-cara yang dipakai-Nya?

Doa:

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau sudah mengirimkan Roh Kudus untuk menolong kami dalam berbagai hal. Tolong kami untuk dapat hidup bersih sehingga Roh Kudus bisa melakukan apa saja yang berkenan bagi-Nya dalam hati kami. Dalam nama Yesus kami sudah berdoa. Amin. (t/Lanny)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Artikel: 
The Holy Spirit
Judul Buku: 
Devotions for the Children`s Hour
Pengarang: 
Kenneth N. Taylor
Halaman: 
99 -- 102
Penerbit: 
Moody Press
Kota: 
Chicago, USA
Tahun: 
1977

Komentar