Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Berita Bintang


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan:

Buatlah sebuah bintang besar berujung lima dari karton manila berwarna kuning.

Bacaan Alkitab:

Matius 2:1-12

Cerita:

[Angkatlah bintang besar itu dan jamahlah setiap ujung pada saat Saudara menguraikan bahan mengajar berikut.]

Bintang ajaib yang nampak di langit pada hari Natal pertama itu memiliki lima pokok berita bagi dunia.

  1. 1. Pertama-tama, itulah satu bintang pengharapan. Berabad-abad lamanya dunia berada dalam kegelapan. Tetapi pada waktu orang-orang Majus itu memandang bintang itu, maka pengharapan lahir di dalam hati mereka. Melalui bintang itu mereka mengetahui bahwa seorang Raja akan dilahirkan. Dia akan membawa terang ke dalam dunia yang gelap. Dia akan memberikan kesukaan ganti kedukaan, damai ganti kesukaran.

  2. 2. Bintang ini juga satu bintang pimpinan. Dia memimpin orang-orang Majus menempuh gurun pasir, melalui padang gurun kepada Yesus. Dia memberikan kepada mereka satu tujuan dan satu sasaran untuk dicapainya, dan setiap malam bintang itu memimpin mereka sedikit lebih dekat ke tempat tujuannya.

  3. 3. Itulah satu bintang cahaya. Dalam kegelapan malam bintang itu paling cemerlang di antara yang lain. Hal itu tidak mengherankan, karena itulah bintang seorang Raja. Bintang itu tidak hanya membawa terang alamiah ke dunia ini, tetapi meramalkan satu terang yang lebih ajaib: terang yang dibawa oleh Yesus ke dalam hidup anak laki-laki dan perempuan yang membuka hati mereka untuk Yesus.

  4. 4. Bintang Betlehem yang indah itu adalah suatu bintang kehidupan. Ketika bintang itu bercahaya di atas Seorang Anak di Betlehem itu, orang Majus memasuki kota kecil itu dan menyambut Raja yang muda, yang akan menjadi pemberi hidup -- yakni kehidupan kekal.

  5. 5. Ujung kelima pada bintang kita memberi tahu bahwa bintang yang telah bersinar di benua Timur itu adalah satu BINTANG KASIH. Allah, dalam kasih-Nya yang besar, telah menempatkan bintang itu di langit untuk menceritakan pemberian kasih-Nya kepada orang- orang di tempat yang jauh. Siapakah pemberian kasih-Nya itu? Tentu saja, Bayi Yesus!

Bintang Natal masih bersinar hari ini. Setiap anak mempunyai pengharapan akan masa depan yang indah bila dia memberikan hatinya kepada Yesus. Pimpinan, terang, dan kehidupan adalah milik kalian bila kalian mengikut bintang itu. Dan lebih dari semuanya, Allah begitu mengasihi kalian sehingga memberikan anak-Nya yang tunggal sebagai pemberian Natal untuk kalian. Bukalah hati kalian pada hari Natal ini dan terimalah Yesus.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
61
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar