Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Materi-materi Cerita tentang Roh Kudus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Berikut ini ada 15 materi cerita mengenai Roh Kudus -- sifat-sifat, kejadian-kejadian, lambang-lambang, karya-karya Roh Kudus -- yang dapat Anda gunakan dan kembangkan jika Anda ingin mengajarkan tentang doktrin ini kepada anak-anak, khususnya untuk Kelas Kecil.

MATERI-MATERI CERITA TENTANG ROH KUDUS
  1. SEPERTI ANGIN
    Ayat Penuntun: Yesaya 63:10-14

    Seperti angin, Roh Kudus melayang-layang di seluruh permukaan bumi, menjaga semuanya tetap hidup, membantu semuanya untuk tumbuh.

    Hanya dengan kasihnya, Roh Kudus mengawasi orang-orang pilihan Tuhan. Tanpa memandang banyaknya musuh yang mencoba melukainya, Roh Kudus akan memberi mereka kekuatan untuk bertahan.

  2. NUBUAT NABI
    Ayat Penuntun: Yehezkiel 2:3

    Ketika orang-orang ingin tahu apa yang Tuhan ingin mereka lakukan, Roh Kudus akan masuk dalam pikiran orang kudus dan menyampaikan pesan Tuhan.

    Suatu hari Roh Kudus memasuki nabi Yehezkiel. Dari mulutnya keluarlah kata-kata yang ingin dikatakan oleh Roh Kudus.

    Pesan yang disampaikan Tuhan antara lain berisi kata-kata peringatan, pesan agar orang-orang bersabar dalam menghadapi masalah, atau pesan yang berupa kabar kesukaan.

  3. KELAHIRAN YESUS
    Ayat Penuntun: Lukas 1:26-38

    Tuhan sang pencipta ingin mengirimkan anak-Nya ke dunia. Dan Ia meminta seorang wanita muda yang bernama Maria untuk menjadi ibu bagi anak-Nya.

    Maria berkata, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."

    Kemudian Roh Kudus masuk ke dalam tubuh Maria dengan membawa kekuatan dan kasih Tuhan, sehingga Yesus anak-Nya akan menjadi Anak Tuhan. Yesus akan menjadi kudus dan penyayang karena Ia adalah Putera Tuhan yang di kirim oleh Roh Kudus.

  4. PERKATAAN SIMEON
    Ayat Penuntun: Lukas 2:24-35

    Seorang kudus bernama Simeon datang ke tempat ibadah di hari pada waktu Yesus di bawa orangtua-Nya kesana. Ketika Simeon melihat Yesus, Roh Kudus memberikan pesan yang membuatnya sangat bahagia.

    Roh Kudus mengatakan bahwa bayi itu adalah putera Allah sendiri, yang dikirim Tuhan untuk menyelamatkan umat-Nya.

    Roh Kudus juga mengatakan kepadanya bahwa Maria akan memperoleh banyak kesukaan dan penderitaan dalam hidupnya karena Yesus.

  5. SEEKOR MERPATI PUTIH
    Ayat Penuntun: Lukas 3:19-22

    Roh yang tinggal dalam Yesus pada waktu Ia tumbuh, mengajarkan pada-Nya untuk mengasihi dan bijaksana.

    Suatu hari, Yesus pergi untuk mengunjungi Yohones Pembabtis di sungai. Dan ketika Yohanes membabtis-Nya, langit seakan-akan terbuka. Roh Kudus turun berupa merpati putih, dan hinggap di atas Yesus. Dan orang-orang mendengar suara Tuhan sang pencipta berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Kepada-Nyalah Aku berkenan."

  6. DI PADANG GURUN
    Ayat Penuntun: Lukas 4:1-2

    Setelah di babtis, Roh Kudus memimpin Yesus ke padang gurun untuk berdoa dan berpuasa.

    Yesus mematuhi perintah itu walaupun itu bukanlah hal yang mudah.

    Di padang Gurun, Roh Kudus menolong Yesus untuk berdoa dan berpuasa dalam waktu yang lama. Ternyata Yesus berada di sana selama satu bulan. Kadang-kadang sangat sulit dan Yesus tergoda untuk menyerah, tetapi Roh kudus menguatkan-Nya.

  7. DIKIRIM OLEH ROH KUDUS
    Ayat Penuntun: Lukas 4:14-19

    Di padang gurun, Yesus belajar banyak hal dari Roh Kudus. Ketika Ia kembali pada umat-Nya Ia di penuhi dengan Roh. Itu berarti Ia dipenuhi oleh kasih dan kebijaksanaan serta kekuatan.

    Ketika Ia datang ke sinagoga pada hari sabat, Ia mengabarkan pada orang-orang tentang Roh Tuhan yang telah diberikan kepada-Nya untuk menyampaikan kabar kesukaan pada semua orang, dan untuk menyembuhkan orang yang sakit yang datang pada-Nya.

  8. KEKUATAN UNTUK MELAKUKAN MUJIZAT
    Ayat Penuntun: Matius 12-28

    Karena Roh ada pada-Nya, Yesus mempunayai kekuatan untuk membuat mujizat. Ia dapat menyembuhkan orang sakit, mencelikkan orang buta, menyembuhakan orang lumpuh dan membangkitkan orang mati.

    Beberapa orang yang kerasukan roh jahat datang pada Yesus, dan Ia akan mengusir roh jahat itu.

    Ia mengatakan pada pengikut-Nya bahwa Ia bisa melakukan semuanya ini karena kuasa Roh Kudus.

  9. JANJI
    Ayat Penuntun: Yohanes 14:26; 15:26

    Pada malam ketika Yesus mengadakan perjamuan makan malam dengan murid-murid-Nya, Ia berjanji untuk mengirimkan Roh Kudus bagi mereka.

    "Roh Kudus akan menyertaimu," kata Yesus. "Ia akan membimbingmu dalam banyak hal yang belum kamu ketahui.Dan jika kamu lupa akan apa yang telah Aku katakan padamu, Roh Kudus akan mengingatkanmu."

    Yesus berjanji bahwa Roh Kudus akan bersama mereka sama seperti Yesus menyertai mereka.

  10. LIDAH-LIDAH API
    Ayat Penuntun: Kisah Para Rasul 2:3

    Suatu hari para rasul sedang menunggu Roh Kudus datang, seperti yang telah dijanjikan Yesus. Kerena mereka sangat takut tanpa Yesus.

    Tiba-tiba, mereka mendengar suara angin ribut. Kemudian Roh Kudus datang berupa lidah-lidah api. Lidah-lidah api itu muncul di atas tiap rasul di ruangan itu.

    Dan mereka dipenuhi oleh kuasa Roh dan tidak takut pada apapun lagi. Mereka mempunyai keberanian untuk keluar dan mengajar tentang Yesus pada semua orang.

  11. KATA-KATA ASING
    Ayat Penuntun: Kisah Para Rasul 2:4-12

    Sekarang ketika para rasul membuka mulut mereka untuk berkotbah, mereka mulai berbicara dalam bahasa yang asing -- kata-kata asing yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

    Itu adalah Roh Kudus yang berbicara melalui mereka. Roh Kudus ingin semua orang mendengar cerita tentang Yesus, bahkan pengunjung dari bangsa lain yang berbicara dalam bahasa yang berbeda.

    Orang-orang asing ini mengatakan, "Kami mendengar para Rasul berbicara dalam bahasa kami yang merupakan mukjizat Allah."

  12. PENULISAN ALKITAB
    Ayat Penuntun: 2Petrus 1:21; 2Timotius 3:16

    Roh Kudus ingin para rasul berkotbah tentang Yesus ke seluruh dunia.

    Roh Kudus juga ingin para rasul menulis kisah Yesus di kertas sehingga di masa yang akan datang orang-orang akan tahu tentang Kabar Kesukaan Tuhan sama seperti yang diberitakan pada pertama kalinya.

    Demikianlah para rasul mulai untuk menulis. Mereka di pimpin oleh Roh Kudus, seperti yang Yesus janjikan, dan mereka menulis Kitab Suci Perjanjian Baru.

  13. DI SEPANJANG WAKTU
    Ayat Penuntun: Kisah Para Rasul 13:4; 7:55-56; 4:31; 6:10

    Roh Kudus menyertai orang-orang Krisen sepanjang waktu. Kadang- kadang ia menolong mereka untuk membuat keputusan yang baik. Kadang-kadang ia memberitahukan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

    Ia juga menolong mereka untuk berdoa-yang kadang-kadang membuat rumah tempat mereka berdoa bergetar.

    Kadang-kadang Roh Kudus menguatkan orang Kristen dan memberi keberanian ketika musuh menyerang atau memasukkan mereka ke penjara.

  14. ROH YANG MENGEJUTKAN
    Ayat Penuntun: Kisah Para Rasul 10:44-48

    Suatu hari ketika Rasul Petrus berbicara tentang Yesus pada beberapa orang asing, Roh Kudus datang pada mereka dan memenuhi mereka dengan kasih.

    Setiap orang heran karena Roh Kudus akan menunjukkan bantuan istimewa pada orang-orang asing ini.

    Tetapi tidak ada yang salah. Orang yang mendengarkan itu kemudian berbicara dengan bahasa yang aneh, seperti yang dilakukan para rasul ketika Roh Kudus pertama kali datang pada mereka.

    Kemudian Petrus meminta mereka untuk di babtis dalam nama Yesus.

  15. BAGAIMANA KITA MENGETAHUI ROH KUDUS
    Ayat Penuntun: Yohanes 14:17

    Roh Kudus mengisi dunia dengan kasih sejak Tuhan menciptakan dunia.

    Roh Kudus tetap bersama dengan kita sampai hari ini, mengajari orang-orang untuk saling mengasihi dan menolong. Bagaimana kita bisa tahu Roh Kudus?

    "Kamu akan mengenal Roh itu," kata Yesus, "karena Ia ada dalam dirimu, dan tinggal di sana."

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
The Holy Spirit for Childrenv
Pengarang: 
Louis M. Savary
Halaman: 
7 - 25
Penerbit: 
The Regina Press
Kota: 
New York
Tahun: 
1977

Komentar