Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Air (Roh Kudus)


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar ini lebih cocok untuk dipakai mengajar anak-anak yang lebih besar. Alat peraga yang dipakai cukup sederhana dan dapat membantu anak untuk mengerti lebih mudah.

AIR (ROH KUDUS)

Persiapan:
Siapkanlah segelas air untuk memperkenalkan pokok pembicaraan.

Bacaan Alkitab:
Yohanes 4:3-29

Penyampaian Cerita:
Saya sedang memegang segelas air. Air ini tidak berwarna; tidak mempunyai rasa, tetapi ini adalah cairan yang terpenting di dalam dunia. Air ditemukan di banyak tempat dan mempunyai faedah yang banyak. Allah yang menciptakannya.

Kadang-kadang kita mengatakan bahwa Roh Kudus itu bagaikan air. Marilah memikirkan bersama beberapa hal yang membenarkan perbandingan ini.

Air dipakai untuk membantu kita memelihara kebersihan tubuh kita. Allah memakai Roh Kudus untuk menunjuk dosa dalam hidup kita dan membantu kita memelihara kebersihan batin kita. Yesus berkata bahwa Roh Kudus akan menginsafkan dunia "akan dosa, kebenaran, dan penghakiman". Dia menunjukkan pada kita dosa itu, apa yang harus kita lakukan dengannya dan sikap Allah terhadapnya. Air melegakan dahaga. Ketika Yesus berbicara kepada wanita Samaria di sumur, Dia memberitahukan tentang air hidup yang dapat diberikan-Nya. Wanita itu menjadi bingung karena belum pernah dia mendengar seseorang yang berbicara seperti Yesus.

Yesus mengatakan kepadanya bahwa siapa pun yang haus yang minum dari air sumur itu, akan menjadi haus lagi. Kemudian Dia mengatakan kepada wanita itu bahwa Dia dapat memberinya "Air Hidup", dan dia tidak akan haus lagi. Yesus tidak berbicara mengenai kehausan jasmaniah, Yesus berbicara mengenai kehausan rohaniah. Dia mengatakan bahwa air rohani ini akan seperti sebuah mata air di dalam diri kita, yang akan tetap memberi kepuasan sehingga kita tidak akan haus lagi. Air Hidup yang disebut Yesus ini adalah Roh Kudus yang akan dikirimkan-Nya.

Air membantu kita untuk melakukan pekerjaan kita. Air membawa kapal-kapal ke muara sungai dan juga ke seberang lautan. Air dapat dipanaskan untuk membentuk uap yang dapat menggerakkan mesin-mesin. Air terjun mempunyai tenaga pendorong yang cukup kuat untuk memutar roda-roda berat untuk melaksanakan pekerjaan. Roh Kudus Allah di dalam diri kita memberi pada kita kekuatan untuk melaksanakan pekerjaan yang Allah ingin kita lakukan. Roh Kuduslah yang menyegarkan orang Kristen yang lelah dan menolong dia sepanjang hari. Roh Kuduslah yang menciptakan dorongan di dalam orang Kristen untuk menceritakan pada orang lain tentang Kristus.

Apabila kita menolak untuk menggunakan air dalam hidup sehari-hari, para ahli biologi mengatakan kita tak dapat hidup lebih dari tiga hari. Apa yang kira-kira akan terjadi bilamana kita menolak untuk memperkenankan Roh Kudus bekerja di dalam hidup kita?

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
44 - 45
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar