Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Penggunaan Komputer di Rumah Keluarga Kristen


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Tingginya persentase keluarga yang membeli perangkat komputer pribadi menyebabkan gereja perlu memikirkan cara-cara menolong para orang tua dalam menggunakan komputer untuk pendidikan Kristen anak-anak mereka. Banyak keluarga yang menganggap bahwa mereka akan membeli program-program yang akan membantu anak-anak dalam mengikuti pelajaran-pelajaran di sekolah. Komputer pribadi juga dapat digunakan secara efektif di rumah sebagai alat untuk meningkatkan pengetahuan tentang Alkitab.

Namun, penting juga untuk diketahui bahwa komputer tidak digunakan untuk menggantikan televisi sebagai penjaga anak. Komputer yang ada di rumah memberi kesempatan kepada anak dan orang tua untuk bekerja sama menyelesaikan masalah-masalah dan mempelajari hal-hal baru.

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan gereja untuk menolong keluarga Kristen dalam menggunakan komputer mereka untuk pendidikan yang alkitabiah.

  1. Jadwalkan pertemuan dengan para orang tua pada sore hari dan bagikan cara-cara menggunakan program komputer untuk pendidikan gereja kepada mereka.
  2. Sediakan informasi atau lembar ide proyek bersama dan proyek-proyek lain yang masih berkaitan yang mungkin masih bisa dikerjakan bersama di rumah oleh anak dan orang tua.
  3. Koleksilah perangkat lunak (software) di perpustakaan gereja sehingga para keluarga dapat memeriksanya. Koleksi tersebut juga harus menyediakan program-program yang sudah dikembangkan secara lokal, umum, dan yang diperdagangkan. (Catatan: lindungilah hak cipta dan izin dari perangkat lunak yang diperdagangkan/komersil tersebut.)
  4. Doronglah orang tua yang menggunakan komputer di rumah untuk menyelesaikan pekerjaan untuk melibatkan anak-anak mereka agar mendapatkan gambaran bahwa komputer bukan alat untuk bermain tetapi untuk membantu dan belajar.
  5. Berikan bimbingan kepada para orang tua mengenai jenis-jenis perangkat lunak yang perlu dibeli, juga berita-berita moral dan etika yang perlu dipertimbangkan (misalnya, kekerasan yang berlebihan dan penekanan pada simbol-simbol atau benda-benda yang berhubungan dengan okultisme).

Komputer bisa menjadi sangat berguna bagi pendidikan keluarga Kristen. Komputer dapat memperkaya prosesnya, namun jangan sampai merebut peran orang tua dalam pendidikan Kristen anak-anaknya. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Using Computer With Children
Judul Buku: 
Childhood Education in the Church
Pengarang: 
Robert E. Clark, Joanne Brubaker, & Roy B. Zuck
Halaman: 
519 -- 520
Penerbit: 
Moody Press
Kota: 
Chicago
Tahun: 
1986

Komentar