Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Permainan: Gotong Royong dan Tepak Balon


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

GOTONG ROYONG

Persiapan:

  1. Sedotan plastik dan karet gelang yang warnanya sama sebanyak jumlah peserta.
  2. Para pesertanya adalah remaja.

Cara Bermain:
Para peserta dibagi menjadi dua atau tiga kelompok yang terdri dari pria dan wanita (setiap kelompok diusahakan berjumlah kurang lebih sepuluh orang).

Kemudian, sedotan plastik dibagikan kepada setiap peserta, masing- masing memasukkannya ke dalam mulut dan ujungnya digigit sedikit.

Setelah itu, karet gelang yang banyaknya sesuai dengan panjang sedotan dimasukkan ke sedotan seorang peserta, tetapi jangan sampai kena mulut, lalu ia memindahkannya kepada peserta lain dan demikianlah seterusnya sampai semuanya mendapat giliran. Hanya pada waktu ia memindahkan karet gelang itu ke sedotan peserta yang lain, tidak boleh menggunakan tangan. Mulut yang harus menggerakkan sedotan itu (boleh juga membungkuk pada waktu mengambil atau menerima karet gelang itu).

Kemudian pemimpin menghitung berapa sisa karet gelang yang ada pada peserta terakhir yang berhasil diperolehnya karena ada kerjasama di antara mereka. Juga berapa karet gelang yang terjatuh karena tidak ada kerjasama di antara mereka yang memberikannya.

Waktu yang dipergunakan oleh orang yang terbanyak mengumpulkan karet gelang harus dihitung (ini perlu dilakukan sebab sering waktunya terlalu lama), lalu dicatat. Kelompok yang terbanyak dan tercepat mengumpulkan karet gelang, itulah yang akan menjadi pemenangnya dalam permainan gotong royong ini.

Tujuan:
Permainan gotong royong ini dapat menjadi contoh bagi para peserta betapa pentingnya kerjasama dalam pelayanan. Setiap anggota kelompok hendaknya bersatu dan jangan terpecah-belah, seperti yang dikatakan Paulus, "Karena kau adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah .... Dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia yang adalah Kepala. Daripada-Nyalah seluruh tubuh, yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih" (1Korintus 3:9; Efesus 4:15-16).

TEPAK BALON

Persiapan:

  1. Kursi-kursi yang dibuat sebagai gawang bagi setiap kelompok.
  2. Beberapa balon yang sudah ditiup.
  3. Dua buah sapu lantai yang masih baik.
  4. Permainan sebaiknya diadakan di dalam ruangan yang cukup besar.

Cara bermain:
Kursi diletakkan di ujung ruangan yang satu sebagai gawang dari kelompok pertama, dan kursi yang satu lagi diletakkan di ujung ruangan yang lain sebagai gawang dari kelompok kedua. Jaraknya antara gawang kesatu dengan gawang kedua kurang lebih 20 meter.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok dan saling berhadapan dengan jarak kurang lebih 10 meter. Setiap kelompok terdiri dari sebelas peserta. Kemudian para anggota kelompok pertama menghitung mulai dari satu sampai sebelas, demikian juga kelompok kedua.

Pemimpin meletakkan satu balon dan dua sapu di tengah ruangan. Pada waktu pemimpin menyebutkan salah satu nomor dari peserta, misalnya nomor "2", peserta yang bernomor "2" dari kedua kelompok segera mengambil sapu dan berusaha memasukkan bola ke bawah kursi lawan (sebagai gawang lawan).

Setelah lewat beberapa menit, pemimpin kembali menyebutkan nomor peserta lain, misalnya nomor "4". Peserta yang bernomor "2" dari kedua regu berhenti menepak balon, kemudian memberikan sapu kepada nomor "4". Begitulah seterusnya sampai waktu yang telah ditentukan oleh pemimpin.

Para peserta diberi istirahat selama lima menit. Kemudian, permainan dilanjutkan lagi dengan berpindah tempat (seperti pada permainan sepakbola).

Bila pada akhir permainan jumlah gol kedua regu sama banyaknya, maka diadakan tendangan penalti, yaitu balon yang berjarak kurang lebih 50 cm dari kursi ditepak dengan menggunakan sapu.

Yang menjadi pemenangnya adalah regu yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan.

Tujuan:
Mengajarkan kepada kita agar selalu bekerja sama dengan melakukan pekerjaan Tuhan (1Korintus 3:7-9).

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Permainan dan 500 Kuis Alkitab
Pengarang: 
Dr. Mary Go Setiawani dan Rachmiati
Halaman: 
83 - 84 dan 190 - 191
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1994

Komentar