Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Langkah-langkah Praktis


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut ini langkah-langkah praktis yang dapat Anda terapkan untuk menolong sesama orang Kristen untuk mulai saling melayani dengan kasih.

LANGKAH 1:

Cobalah Anda menilai berapa banyak Anda dan orang-orang lain di gereja Anda mungkin mencerminkan "perbuatan dari sifat-sifat yang berdosa" dalam hubungan Anda, dibandingkan dengan "buah Roh". Salah satu cara untuk mendapat keterangan tentang hal ini adalah mulai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawabannya akan memberi petunjuk tentang kedewasaan Kristen di dalam satu tubuh orang-orang percaya. Suatu ukuran yang memakai 7 angka disertakan untuk menolong Anda mengukur berbagai macam pernyataan dari sifat-sifat Kristus. Nomor "1" menandakan bahwa ciri utama yang dinilai tidak pernah kelihatan. Angka "7" menandakan bahwa itu selalu kelihatan. Angka- angka di antaranya mewakili tingkatan-tingkatan yang kelihatan. Pilihlah angka yang paling sesuai dengan keadaan Anda (Skor jawaban ada di pertanyaan nomor 1.)

  1. Apakah ada kasih Kristen dinyatakan di antara orang-orang di gereja saya?
    Tidak pernah terlihat Selalu terlihat
    1  2  3  4
    5  6  7
  2. Apakah ada tanda-tanda sukacita dan kebahagiaan?
  3. Apakah ada damai, kesatuan, dan persatuan?
  4. Apakah orang-orang percaya menunjukkan kesabaran seorang terhadap yang lain?
  5. Apakah mereka bersikap murah dalam tindakan dan sikap mereka?
  6. Apakah mereka menunjukkan kebaikan? (Ini dinyatakan melalui tindakan yang nyata dan bukan hanya melalui kata-kata saja.)
  7. Apakah mereka setia satu terhadap yang lain? (Ini merupakan lawan dari sifat plin-plan dan tidak dapat dipercaya.)
  8. Apakah mereka menunjukkan sifat kelembutan dan kepekaan dalam hubungan mereka satu terhadap yang lain?
  9. Apakah mereka bisa menguasai diri dalam percakapan di antara mereka dan di dalam gaya hidup mereka pada umumnya?

Jika Anda mengalami kesukaran dalam melihat tanda-tanda tersebut, maka hanya ada satu kesimpulan: lebih banyak "perbuatan daging" yang terlihat daripada "buah Roh". Apabila hal ini benar, orang-orang Kristen rupanya belum secara aktif "saling melayani oleh kasih".

LANGKAH 2:

Untuk memeriksa objektivitas Anda dan ketepatan pengamatan Anda sendiri, mintalah beberapa orang Kristen di gereja Anda untuk mengambil langkah 1. Kemudian bandingkan catatan-catatan itu dan bawa di dalam doa.

LANGKAH 3:

Jika sebagai kelompok, Anda merasa bahwa orang lain di gereja Anda tidak aktif saling melayani oleh kasih, jika perbuatan daging lebih nyata daripada perbuatan Roh, maka pertimbangkan untuk mengambil pendekatan-pendekatan berikut:

PERTAMA, yakinkanlah bahwa Anda tidak bersalah telah membiarkan perbuatan daging Anda menguasai hubungan Anda sendiri dengan orang lain.

KEDUA, bentuklah sekelompok kecil antarorang Kristen yang secara sadar mau mencoba untuk menyatakan buah Roh.

KETIGA, mulailah berdoa untuk orang lain di gereja -- tetapi hanya setelah Anda yakin bahwa hidup Anda sendiri sudah beres.

KEEMPAT, sebagai kelompok yang lebih besar, bertekadlah untuk memancarkan buah Roh dalam hubungan dengan semua anggota dari tubuh Kristus.

Peringatan: Berjaga-jagalah terhadap "kesombongan rohani" dan "kerohanian semu". Sikap "merasa lebih" dan kesombongan rohani akan membuat lebih banyak persoalan daripada pemecahan persoalan.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Saling Membangun
Pengarang: 
Gene A. Getz
Halaman: 
86 - 89
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1976

Komentar