Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Merencanakan Pelajaran Terbaik untuk SM Anda


Jenis Bahan PEPAK: Tips

  1. Pelajarilah dengan seksama situasi pelajaran di setiap departemen di Sekolah Minggu Anda. Pelajari literatur apa yang sedang digunakan. Kemudian pelajarilah apa yang ada di pelajaran- pelajaran lain. Diskusikan pelajaran yang sedang digunakan dan bahan-bahan lain yang tersedia dengan bagian pendidikan dalam gereja Anda. Pastikan bahwa Anda dan mereka memahami semua bahan pengajaran rohani dalam gereja Anda.

  2. Ingatlah tujuan dari Sekolah Minggu Anda. Konsultasikan dengan bagian pendidikan untuk memutuskan apakah literatur yang digunakan di Sekolah Minggu Anda membantu untuk mencapai tujuan tersebut atau tidak. Ada banyak penerbitan dan penafsiran tentang Alkitab. Anda dan bagian pendidikan bertanggung jawab dalam memastikan bahwa literatur yang digunakan di Sekolah Minggu Anda membantu, bukannya mengurangi, dalam memenangkan dan mengembalikan jiwa-jiwa kepada Kristus.

  3. Harus ada seseorang yang bertugas memesan semua kebutuhan Sekolah Minggu Anda. Pemesanan ini harus memperoleh persetujuan terlebih dulu. Di formulir pemesanan kepada penerbit, kita biasanya diminta menuliskan nama gereja yang akan dikirim, diikuti dengan nama orang yang akan memesan dan menerima bahan-bahan tersebut, serta orang yang akan menanggung tagihannya. Untuk menghindari kebingungan, nama-nama ini seharusnya tidak diubah jika tidak benar-benar diperlukan.

  4. Telitilah kembali dengan seksama pesanan tersebut sebelum dikirim. Lebih bagus jika bagian pembelian lebih dulu berkonsultasi dengan setiap pemimpin departemen tentang bahan- bahan yang diperlukan untuk empat bulan ke depan, untuk kemudian dapat dirundingkan dengan Anda.

  5. Bersama kepala departemen, periksa apakah mereka dan para guru benar-benar terbantu dengan adanya gambar-gambar, gambar-gambar flanel, foto-foto, gambar slide proyektor, audiovisual, buku-buku panduan, pekerjaan rumah, dan bahan-bahan untuk para orangtua, ditambah dengan buku-buku yang biasa digunakan guru serta buku diktat murid.

  6. Perhatikan harganya, namun jangan terlalu "kikir". Sudah demikian lama Sekolah Minggu cacat karena manajemen ekonomi yang salah, sehingga mengurangi kerja Tuhan.

  7. Pastikan semua bahan pelajaran telah dipesankan enam minggu sebelum digunakan, jadi para guru dapat menerima dan mempelajari bahan-bahannya setidaknya dua minggu sebelum caturwulan baru dimulai.

  8. Pesanlah secukupnya. Harus ada bahan untuk semua guru, murid, dan pemimpin departemen, serta cadangan persediaan bagi murid baru dan pengunjung. Jangan boros, tapi rencanakan dengan bijaksana.

  9. Pastikan supaya setiap kelas atau departemen memiliki sebuah lemari atau rak untuk menyimpan persediaan supaya tetap rapi dan bersih, serta siap digunakan. Persediaan bahan ini dibeli dengan uang -- uang dari Allah -- dan sudah seharusnya mendapatkan perawatan yang terbaik.

  10. Pastikan bahwa semua bahan digunakan. Tanamkan kepada staf pengajar Anda bahwa gereja membeli literatur untuk suatu tujuan, dan tujuan itu tidak akan tercapai jika literatur tersebut tidak digunakan sebaik mungkin.

  11. Berikan persediaan kertas, pensil, Alkitab, lem, kapur, krayon, papan tulis, peta, dan lainnya. Gereja atau SM membayar untuk mendapatkan bahan-bahan ini. Guru biasanya tidak akan melakukan apa-apa jika gereja atau Sekolah Minggu tidak menyediakan peralatan mengajar yang mereka perlukan.

  12. Buatlah catatan untuk pendataan dan perawatan peralatan- peralatan guru, gambar-gambar, dan sebagainya, yang dapat digunakan lagi. Banyak uang akan terbuang percuma jika hal ini tidak dilakukan.

Anda, sebagai pemimpin Sekolah Minggu, bertanggung jawab terhadap tercapainya tujuan sekolah. Pemilihan dan penggunaan bahan-bahan pelajaran adalah penting untuk keberhasilan Sekolah Minggu Anda.
(t/Rat)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
What Lesson are Best for Your School?
Judul Buku: 
Superintend with Success
Pengarang: 
Guy P. Leavitt
Halaman: 
42 - 44
Penerbit: 
Standart Publishing
Kota: 
Ohio - USA
Tahun: 
1980

Komentar