Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertolongan Tangan Tuhan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga:
Sebuah lingkaran berisi gambar tangan dari anggota-anggota jemaat gereja (harus disiapkan sebelum cerita disampaikan.)

Ayat Alkitab:
Mazmur 90:17

Tema:
Setiap tangan dapat bekerja bagi Tuhan.

Cerita:
Saya punya lingkaran berisi gambar tangan-tangan. Tangan-tangan ini adalah milik bermacam-macam orang. Tangan gembala sidang kita ada di dalam lingkaran ini. Tangan saya, tangan pemain organ, dan sekretaris gereja juga ada di sini. Kemarin, ketika pengurus gereja berkumpul, setiap orang menggambar tangan mereka di dalam lingkaran ini. Dan pagi ini, beberapa orang dari kalian juga menggambarkan tanganmu di dalam Sekolah Minggu.

Ada banyak gambar tangan dalam lingkaran ini. Menyenangkan sekali dapat memperolah gambar tangan-tangan dari setiap orang di dalam gereja kita. Masing-masing kita memiliki talenta yang bagus, yang dapat membantu kita dalam melayani Tuhan. Tangan kita sangat penting dalam menggunakan talenta ini. Semua tangan ini melakukan pekerjaan yang penting bagi Tuhan.

Ada tangan-tangan yang menolong membuat rencana gereja kami. Ada tangan-tangan yang mengajar. Ada tangan-tangan yang mau terulur untuk menolong orang lain. Ada bermacam-macam ukuran tangan dalam lingkaran ini. Ada yang besar, dan ada yang kecil. Tetapi yang pasti, semua tangan ini bekerja bagi Tuhan.

Semua orang dalam jemaat ini dapat menggambarkan tangan mereka ke dalam lingkaran ini, sebab kita semua, bahkan anak-anak kecil sekalipun, dapat bekerja bagi Tuhan. Kita semua dapat memakai talenta kita dan tangan kita untuk menyembah dan melayani Tuhan. Tangan-tangan kita adalah tangan-tangan yang Tuhan punya untuk menyelesaikan karya-Nya di bumi ini.

Aktivitas:
Sebuah kertas polos yang besar (bisa karton) yang Anda beri gambar persegi empat atau lingkaran berukuran besar (sesuai karton). Hiasi bagian-bagian pinggir persegi empat atau lingkaran itu, biarkan bagian tengahnya kosong. Setelah selesai mengajar, minta anak-anak satu persatu menaruh tangannya di bidang kosong lalu cetak tangan mereka menggunakan pensil atau bolpen. Beri nama anak di setiap tangan yang sudah tergambar di kertas itu.

Doa:
Ya Tuhan, terima kasih atas tangan kami yang dapat melakukan begitu banyak hal. Tolong kami untuk memakai tangan kami dalam melayani-Mu. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Pertolongan Tangan Tuhan
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
43 - 44
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar