Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pesta Nada


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

"Hari Musik" bisa menjadi satu alternatif kegiatan dalam mengisi hari libur sekolah ASM Anda. Dalam Acara tersebut seluruh kegiatan dapat difokuskan pada musik. Berikut ini satu kegiatan yang dapat menjadi ide bagi Anda yang tertarik mengadakan aktivitas "Hari Musik".

PESTA NADA


Garis Besar Acara:
Suasana kelas didominasi gambar-gambar nada (not angka dan atau not balok), dan gambar-gambar tersebut dipakai juga sebagai alat peraga: untuk memimpin pujian, untuk ayat hafalan, untuk bercerita.

Tujuan Acara:
Anak semakin menyukai memuji nama Tuhan, dan semakin kaya pengetahuannya tentang dunia musik.

Persiapan Acara:
Guru mendekorasi ruangan dengan nada-nada, kemudian guru menyiapkan beberapa lagu dan ilustrasi berkaitan dengan dunia musik, misalnya nama-nama musisi gereja yang terkenal dan lagu karangannya, termasuk penulis lagu anak-anak dan karangannya.

Acara Pembukaan:
Anak-anak masuk kelas dengan diberi kokard (tanda pengenal) yang bertuliskan not angka dari do, re, mi sampai dengan si. Anak-anak duduk urut sesuai not angka tersebut. Lalu guru mengajak menyanyikan lagu pembukaan, misalnya lagu Pujilah Nama Tuhan dengan musik. Lagu ini dinyanyikan bergantian, kelompok nada "do" menyanyi dulu, kemudian kelompok nada "re", disusul kelompok nada "mi", "fa", sehingga anak bergantian menyanyi lagu ini. Guru dapat memberikan komando kelompok mana yang menyanyi cukup dengan mengatakan nada apa yang menyanyi.

Acara Puji-pujian:
Guru merangkai acara pujian dalam acara seperti "Berpacu dalam Melodi" (acara TV). Sehingga anak-anak diminta menebak judul lagunya. Setelah tertebak barulah lagu tersebut dinyanyikan bersama. Jangan lupa variasikan lagu dan tebakannya.

Kreasi Lain I -- Mengenal Jenis-jenis Alat Musik:
Di setiap awal lagu yang akan dinyanyikan, guru menceritakan dengan singkat jenis alat musik tertentu (lebih baik jika ada gambarnya), misalnya: orgen, kecapi, dan sebagainya. Informasi ini ada pada beberapa buku musik di toko buku Kristen. Sehingga anak semakin bertambah pengetahuannya tentang alat musik.

Kreasi Lain II -- Mengenal para Pemusik Gereja dan Kehidupannya:
Di setiap awal lagu yang akan dinyanyikan, guru menceritakan dengan singkat tokoh pemusik tertentu yang terkenal (lebih baik jika ada fotonya), misalnya: Handel, Mozart, dan lainnya. Informasi ini ada pada beberapa buku musik di toko buku Kristen.

Acara Lain-lain:
Aktivitas anak. Anak menuliskan ayat hafalan di atas sebuah gambar alat musik, dan menghafalkannya. Permainan dalam kelompok dapat juga dibentuk dengan memanfaatkan tanda pengenal pada anak (kelompok: do, re, mi, fa, sol, la, si). Cerita akan lebih baik jika berkaitan dengan dunia musik, misalnya, cerita Daud yang bermain kecapi di Istana Saul.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
138 - 139
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar