Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Nyanyian Pujian di Malam Hari


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Rita yakin bahwa ia tidak pernah mendengar suara guntur sekeras malam ini sebelumnya. Ia yakin bahwa angin tidak pernah berhembus sekencang ini sebelumnya. Ia juga yakin bahwa hujan tidak pernah turun menerpa kaca jendelanya sederas malam ini sebelumnya.

Malam itu cuaca sangat gelap dan menakutkan. Rita pikir pasti sekarang tengah malam. Ia melompat dari ranjangnya dan berlari menuju kamar ayah dan ibunya. Tidak lama kemudian Rita telah berbaring dengan nyaman di antara ayah dan ibunya.

Renungan Singkat tentang Rasa Aman:
  1. Pernahkah kamu merasa takut karena hujan turun dengan deras di malam hari? Bagaimanakah perasaanmu waktu itu? Apakah yang kamu lakukan?
  2. Menurut kamu, bagaimanakah perasaan Rita? Apakah yang dilakukannya? Apakah yang akan dikatakan ayah dan ibu kepadanya? Mengapa Rita sekarang merasa nyaman dan tenteram?
Rita berbaring dekat ayah dan ibunya. Tiba-tiba ibu mulai menyanyi untuk Rita. "Yesus kasihkan saya, kitab Allah katakan; Saya kecil dan lemah -- Tapi ia kasihlah; Ya Yesus kasih -- Sangatlah kasih," senandung ibu. Lalu ibu menyanyikan sebuah nyanyian yang lain, dan yang lain lagi. Tak lama kemudian Rita hampir tidak mendengar suara guntur dan juga tidak melihat kilat lagi. Hujan badai kini sudah berlalu.

Ayah membopong Rita yang sudah sangat mengantuk untuk kembali ke kamarnya, kemudian meletakkannya di atas ranjang dan menyelimutinya. Ketika Rita menguap, ia merasa bahwa ia masih mendengar nyanyian ibu di malam hari. Kini ia tidak merasa takut lagi.

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:
  1. Apakah yang menolong Rita merasa tenteram dan nyaman sekalipun saat hujan turun dengan deras? Menurut kamu, mengapa ibu menyanyikan nyanyian pujian di malam hari untuk Rita?
  2. Alkitab mengatakan bahwa Allah memberikan nyanyian pujian di malam hari kepada kita. Yang manakah dari hal-hal berikut yang ditujukan kepada kita: hembusan angin malam yang lembut, suara burung-burung atau suara gemericik air hujan di atas atap rumah kita? Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh nyanyian pujian yang lain di waktu malam yang telah diberikan Allah kepada kita?
Bacaan Alkitab:
Ayub 35:10-11

Kebenaran Alkitab:
Allah memberikan nyanyian pujian kepada kita di waktu malam. (baca: Ayub 35:10)

Doa:
Ya Allah, nyanyikanlah nyanyian pujian di waktu malam untuk saya pada saat saya merasa takut. Dan terima kasih Tuhan, karena Engkau telah mengingatkan ayah dan ibu untuk melakukannya juga. Dalam nama Yesus. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
82 - 83
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar