Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kita masih Punya Kebahagiaan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga:

Batang pohon palem bagi setiap anak.

Ayat Alkitab:

Matius 21:1-11

Tema:

Yesus masih hidup bersama kita hari ini.

Penyampaian:

Cerita ini dapat dimulai dengan salah satu dari kedua cara ini:

  1. Anak-anak diberi batang-batang pohon palem dan melakukan pawai pada saat kebaktian dimulai. Mulailah cerita dengan berbicara tentang pawai sambil membawa batang-batang pohon palem dan bandingkan dengan pawai palem hari Minggu yang tercatat dalam Alkitab.

  2. Bagikan batang-batang pohon palem ini, setelah anak-anak berkumpul untuk mendengarkan cerita. Beri anak-anak kesempatan untuk melambaikan batang-batang pohon palem itu pada awal cerita.

Anda melakukan hal yang istimewa pagi ini ketika Anda semua datang dengan membawa batang pohon palem. Bagaimana rasanya membawa batang pohom palem itu? Menyenangkan? Mengasyikkan?

Selama pembacaan ayat Alkitab, kita mendengar cerita Alkitab tentang Yesus yang datang ke kota Yerusalem. Dia ingin bercerita tentang Tuhan. Yesus dapat bercerita kepada semua orang tentang kasih Tuhan. Banyak orang di Yerusalem yang telah mendengar tentang Yesus. Mereka mengetahui perbuatan-perbuatan baik yang telah dilakukan-Nya. Mereka sangat berbahagia ketika Yesus datang ke Yerusalem.

Ketika Yesus datang, orang-orang di sana ingin melakukan atau mengatakan sesuatu karena mereka tidak dapat menahan kegembiraan di dalam hati mereka. Maka orang-orang itu berlarian menyambut Yesus dan berseru-seru, "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"

Hosana berarti "Selamatkan kami!" atau "Lindungi kami". Banyak orang berpikir bahwa Yesus adalah seorang penguasa baru yang akan melindungi mereka dari musuh-musuh mereka. Mereka memperlakukan Dia seperti seorang raja.

Ketika Yesus mengendarai keledai-Nya, ada orang-orang yang melepaskan jubah mereka dan meletakkannya di tanah, di atas jalan yang akan dilalui-Nya. Ada orang-orang yang memetik batang-batang pohon palem dan melambai-lambaikannya di udara, sambil berseru "Hosana".

Hari ini kita masih berpikir bahwa Yesus adalah raja. Bahkan, kita memanggilnya "Raja atas segala raja". Dahulu, orang-orang di Yerusalem bergembira karena Yesus ada bersama mereka. Kita tahu bahwa sekarang juga Yesus ada bersama kita dan itulah hal yang membuat kita bergembira!

Doa:

Ya Tuhan, kiranya kami selalu bergembira karena Yesus. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Pedoman Sekolah Minggu Anak Kecil Umur 7-9 Tahun: Tahun III Jilid II
Halaman: 
55 - 57
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1992

Komentar