Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membuat Buku Iman Bersama Anak


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Di bawah ini Tim Redaksi menyajikan sebuah ide aktivitas, dimana anak dapat belajar Firman Tuhan secara aktif mengenai berbagai permasalahan hidup mereka sendiri dengan bimbingan anda sebagai guru Sekolah Minggu mereka.

Aktivitas ini menuntut kesabaran dan kreativitas, tapi hasilnya akan sangat bermanfaat, terutama bagi anak yang sedang mengalami pergumulan hidup tertentu.

Peralatan yang Dibutuhkan:

  1. Alkitab
  2. Buku gambar / buku tulis
  3. Konkordansi, Ensiklopedi Alkitab (boleh ditambahkan buku penunjang lainnya)
  4. Peralatan menulis dan menggambar (crayon, spidol, dsb)
  5. Kertas warna, gunting, lem, dll (bila dibutuhkan)
Tujuan Aktivitas:
Anak dapat mempelajari dan mendalami satu tema tertentu dari Alkitab dan mengkaitkannya dengan hidup mereka secara pribadi

Waktu:
Tergantung kebutuhan (sebaiknya dibuat berseri selama beberapa minggu/pertemuan)

Caranya:
  1. Menentukan Tema

    GURU: Guru Sekolah Minggu mengajak anak menentukan tema apa yang ingin dipelajari bersama. Misalnya: tentang KETAKUTAN. Guru dapat mengajak anak menginventarisasi berbagai jenis ketakutan dan penyebabnya. Bisa jadi ada anak yang takut anjing karena pernah digigit, atau takut gelap karena pernah mendengar cerita yang seram tentang hantu, takut mati, takut ditinggal ibu dan ayahnya, dst.

    ANAK: Anak dapat menuliskan berbagai jenis ketakutan tsb, atau membuat karangan singkat tentang sebuah pengalaman yang menakutkan baginya, atau menyajikannya dalam bentuk gambar

  2. Menggali Alkitab: Tokoh-tokoh

    GURU: Guru mengajak anak mencari berbagai ayat di Alkitab yang memuat pengalaman tokoh-tokoh Alkitab yang (mungkin) pernah merasa takut, atau adanya peristiwa tertentu yang dapat membuat mereka menjadi takut. Misalnya: Maria waktu didatangi malaikat, Daniel di gua singa, Yusuf dipenjara, dsb. guru menunjukkan pada anak bahwa "rasa takut" adalah perasaan yang dapat dialami oleh semua orang, bahkan orang dewasa, dan orang-orang yang percaya pada Tuhan.

    ANAK: Anak dapat mempelajari pengalaman beberapa tokoh yang dipilihnya, atau menggambar dan mewarna (bisa dilakukan di rumah)

  3. Menggali Alkitab: Ayat-ayat

    GURU: Guru mengajak anak mencari berbagai ayat di Alkitab yang berisi janji Tuhan, penghiburan, penguatan, dsb mengenai perasaan takut tersebut.

    ANAK: Anak dapat mendaftarkan dan menuliskan ayat-ayat yang mereka "sukai" dari hasil penyelidikan tersebut (bisa dilakukan di rumah).
Selanjutnya, setelah semua materi selesai dikumpulkan, anak dapat berkarya sesuai dengan kreativitas dan pergumulan mereka masing- masing. Misalnya: anak menetapkan judul buku "Jangan Takut", atau "Aku Tidak Takut Lagi", dst. Barangkali ada yang ingin menambahkan gambar di sampul depan buku: apakah itu gambar perisai, atau benteng yang kokoh, atau lukisan Tuhan Yesus. Di dalam buku tersebut bisa saja terdapat kesaksian, pengalaman, syair lagu, puisi, dsb. Setiap anak dapat menuangkan pikiran dan perasaannya masing-masing dengan bebas. Tugas guru di sini hanyalah membantu anak menemukan kebenaran dari Firman Tuhan guna menjawab pergumulan hidup mereka secara pribadi.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar