Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajar Seperti Sang Guru Agung


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Jika kita memiliki karunia mengajar, Tuhan ingin agar kita mau menggunakan dan mengembangkan karunia itu secara maksimal bagi kemajuan pekerjaan-Nya. Milikilah kerinduan yang dalam untuk dapat mengajar anak-anak yang telah Tuhan percayakan kepada kita dengan sebaik mungkin. Untuk itu marilah kita sekali lagi melihat secara detail teladan yang telah diberikan oleh Yesus, Sang Guru Agung. Silakan simak ulasan di bawah ini.

MENGAJAR SEPERTI SANG GURU AGUNG

1. Yesus datang dari Allah.

Sebagai pengajar Firman Tuhan, kita perlu dilahirkan kembali dalam kerajaan Allah. "Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri- Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri." (Yohanes 7:16-17)

2. Yesus berdoa setiap hari.

"Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah." (Lukas 6:12)

3. Yesus mengasihi anak-anak dan ingin mereka datang kepada-Nya.

Dia mendoakan dan memelihara anak-anak itu. Yesus menghargai anak- anak. "Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama- Ku, ia menyambut Aku."" (Matius 18:2-5)

4. Yesus menggunakan beragam metode.

Dia mengajar, memimpin diskusi, mengajukan pertanyaan, bercerita, menggunakan kehidupannya sehari-hari sebagai bahan ilustrasi dan bertatap muka secara langsung dengan orang-orang yang dijumpainya.

5. Yesus adalah seorang pengajar yang bijaksana.

Dia mencari kesempatan-kesempaan untuk mengajar dan secara bijaksana memakai waktu pengajaran tersebut. Pengajaran-Nya tepat waktu dan juga tidak mengenal waktu.

6. Yesus percaya dengan apa yang diajarkan-Nya. Dia mengacu pada Alkitab dan mengarahkan murid-murid-Nya sesuai dengan teladan-Nya. Kehidupan-Nya mencerminkan pikiran-Nya dan menambahkan kebenaran dalam pengajaran-Nya.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Becoming a Treasured Teacher: Practical Strategies for Making a Lasting Difference in Young Lives
Pengarang: 
Jody Capehart
Halaman: 
11 - 12
Penerbit: 
Victor Books
Tahun: 
1992

Komentar