Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Menjadikan Rapat Menarik


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Topik ini sangat penting untuk diketahui, sehingga kita tidak hanya mengetahui apakah rapat pekerja itu dan mengapa pertemuan tersebut penting diadakan, tetapi terlebih "bagaimana membuatnya berjalan dengan baik."

MENAWARKAN KEHADIRAN

Keluhan yang seringkali muncul adalah, "Pekerja kami tidak menghadiri pertemuan." Untuk menghindari keluhan ini, ikutilah cara- cara berikut ini:

  1. Harapkan pekerja hadir.
    Ketika seorang pekerja atau guru dipilih, pastikan dia mengerti bahwa dia diharapkan untuk datang setiap kali pertemuan diadakan.

  2. Buatlah pertemuan tersebut berharga untuk dihadiri.
    Buku-buku dan publikasi-publikasi berkala yang tersedia dapat membantu Anda dalam mengatur perencanaan pertemuan yang akan diadakan.

  3. Umumkan pertemuan tersebut.
    Pengingat waktu dan tempat yang berbentuk seperti kartu pos dengan format pengumuman yang menarik sangatlah efektif. Gunakan pula telepon. "Formulir Komunikasi Pendidikan Kristen" yang menawarkan program-program dan memberikan masukan bentuk-bentuk pendidikan baru, dapat dibagikan secara berkala kepada staf Anda.

  4. Adakan pencatatan kehadiran setiap kali rapat diadakan.
    Catatlah anggota yang tidak hadir. Mintalah supaya para kepala departemen memanggil para guru yang tidak hadir untuk memberikan pada mereka laporan pertemuan tersebut secara detail.

  5. Mulai dan akhiri tepat waktu.
    Jangan menyia-nyiakan waktu dan membuang menit-menit yang berharga selama pertemuan.

  6. Undang dan mintalah partisipasi.
    Ketika seorang pekerja berpartisipasi, meskipun dalam waktu yang singkat, dia lebih mempunyai nilai bagi pertemuan tersebut daripada ketika dia tidak berpartisipasi.

  7. Tekankan sisi spiritual.
    Sekolah Minggu adalah bagian dari gereja dan gereja adalah agen yang Tuhan sediakan untuk mengabarkan tentang Dia kepada dunia. Dalam kenyataannya Kristus juga diundang untuk hadir dalam setiap pertemuan. Dia adalah Kepala Sekolah Minggu.

BEBERAPA IDE-IDE TAMBAHAN

  1. Pada awal tahun ajaran sekolah, undanglah kepala sekolah dari sekolah umum di sekitar gereja Anda untuk menjelaskan bagaimana Sekolah Minggu Anda dapat membantu sekolah setempat.

  2. Undanglah kepala polisi atau hakim Kristen untuk menjelaskan kepada guru-guru Sekolah Minggu betapa pentingnya pelayanan mereka dalam menanggulangi kenakalan remaja dan kriminalitas lainnya.

  3. Mintalah kepala, pendeta atau seorang guru yang memiliki kredibilitas tinggi dari gereja lain untuk memimpin sebuah diskusi tentang subyek tertentu yang ia kuasai.

  4. Rapat bisa juga berupa studi singkat tentang buku. Atau dengan terlebih dulu mempelajari buku-buku tersebut di rumah untuk kemudian diulas serta didiskusikan pada pertemuan tersebut. Ulasan buku dan artikel-artikel penting lain yang menyinggung soal Sekolah Minggu juga baik untuk dilakukan.

  5. Diskusi meja bundar atau panel, diskusi singkat, dan sebagainya, mengenai topik tertentu adalah hiburan menarik yang mungkin akan membawa pada rencana dan ide-ide baru.

  6. Perkenalkan jika ada anggota baru dalam pertemuan tersebut, mintalah mereka untuk memberikan sedikit komentar mengenai dia.

  7. Jika kebetulan gereja secara umum sedang mengusahakan beberapa proyek istimewa, mintalah pendeta atau ketua majelis menjelaskan proyek tersebut dan berikan saran-saran bagaimana Sekolah Minggu bisa membantu.

  8. Mintalah seorang guru untuk membawa murid-murid seluruh kelas ke rapat tersebut untuk menunjukkan bagaimana pelajaran diberikan.

TINDAK LANJUT

Tanggung jawab pemimpin Sekolah Minggu terhadap pekerja-pekerjanya tidak hanya berhenti pada ucapan syukur. Dalam beberapa hal, tanggung jawab tersebut dimulai dari sana. Rencana-rencana yang disetujui dalam rapat dikembangkan dalam suatu kesimpulan menuju kesuksesan. Komisi-komisi diperiksa, untuk memastikan mereka mengerjakan tugas mereka dengan baik. Berterimakasihlah kepada para partisipan dalam pertemuan atas bantuan mereka, dan ucapkan selamat atas pekerjaan yang telah mereka selesaikan dengan baik. Mintalah sekretaris pertemuan untuk membuat salinan notulen rapat sebagai tembusan kepada ketua majelis atau pendeta Anda dalam sehari atau dua hari setelah pertemuan sehingga tugas-tugas penting sebagai "tindak lanjut" dapat dimulai.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
How to Make It Work
Judul Buku: 
Superintend with Success
Pengarang: 
Guy P. Leavitt
Halaman: 
106 - 108
Penerbit: 
Standart Publishing
Kota: 
Ohio - USA
Tahun: 
1980

Komentar