Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Sharing Kelas Bayi: Tumbuh Seperti Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Saya ingin memberikan sharing tentang tema bulan Agustus yang baru lalu di Kelas Bayi. Tema yang saya ambil ialah "Tumbuh Seperti Yesus". Jadi selama 1 bulan, anak-anak akan belajar tentang pertumbuhan Tuhan Yesus yang mulai dari bayi hingga dewasa - lalu dikaitkan pula dengan diri mereka yang saat ini juga SEDANG bertumbuh.

PERTAMA, terinspirasi dari buku "Revolusi Cara Belajar II" (tulisan Gordon Dryden dan Jeannette Vos), yang menyebutkan bahwa KEADAAN adalah unsur TERPENTING yang dapat mempengaruhi proses belajar, maka ruang Sekolah Minggu kali ini saya tempel dengan poster-poster bergambarkan Tuhan Yesus (mulai ketika Yesus masih bayi dalam gendongan Maria, Yesus belajar berjalan, dan Yesus sedang membantu Yusuf membuat perabot kayu). Gambar ini saya peroleh dari buku "Cerita Alkitab Langkah Pertama", memfotokopinya dalam ukuran besar, diberi warna, lalu ditempelkan ke karton asturo warna-warni sehingga siap jadi poster.)

KEDUA, mengingat bahwa "musik" adalah salah satu teknik pembelajaran yang paling efektif untuk anak kecil, saya tetapkan 1 lagu tema (Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari Kalau Mau Tumbuh).

KETIGA, berhubung belakangan ini saya sedang asyik mempelajari "Teori Experiential Learning", saya pun menerapkan hal ini kepada anak-anak untuk mengenal konsep pertumbuhan dengan memberikan mereka pengalaman menanam biji kacang hijau (dilakukan di kelas), lalu menyirami dan merawatnya selama di rumah, untuk dibawa kembali minggu depan. Hasilnya sungguh luar biasa! Anak-anak senang sekali melihat biji kacang hijau mereka bisa tumbuh (sampai tinggiiiiii sekali).

KEEMPAT, untuk memvisualisasikan pada anak bahwa mereka juga "bertumbuh" maka setiap orang tua diminta membawa foto anak sewaktu masih bayi (yang hanya bisa tidur telentang) dan foto mereka saat ini (sudah dapat berjalan, berlari, bermain panjat-panjatan, dll.). Kedua foto tsb. dijajarkan di depan masing-masing anak, dan dari situ kita ceritakan bahwa anak-anak itu pun bertumbuh. Lalu bandingkan juga "foto Yesus" mulai bayi hingga besar.

Masih ada lagi acara menggambar jiplakan tangan anak di atas karton, kemudian digunting, dan ditempel di antara dua foto anak tersebut (dengan alas karton warna ukuran folio). Setelah itu, ditambahkan stiker-stiker kecil - biarkan anak-anak yang menempelnya sendiri - peralatannya mudah, namun hasilnya luar biasa. Sekarang foto-foto ini telah terpampang di depan kelas, dan setiap Minggu para orangtua maupun anak-anak dapat menikmati galeri ini. Untuk ke depan, kemungkinan saya akan mengajukan usulan agar diadakan sebuah pameran yang, jika ada, diadakan bertepatan dengan acara khusus di gereja, misalnya: bulan keluarga.

KELIMA, Mengingat bahwa tiap anak memiliki minat beragam maka di beberapa sudut/area ruangan saya juga mengadakan:

  1. Perpustakaan mini, isinya adalah buku-buku tentang pertumbuhan, seperti makanan sehat, tubuhku, cerita Tuhan Yesus waktu masih bayi, dan lain-lain.

  2. Area puzzle, di sini anak-anak dapat bermain puzzle/menyatukan potongan-potongan gambar tentang pertumbuhan, misal: katak dari telur, kecebong, katak kecil, hingga katak dewasa. Kupu-kupu, dari telur ke ulat lalu kepompong sampai akhirnya menjadi kupu- kupu yang dapat terbang, dan sebagainya.

  3. Area pertukangan (karena orangtua Yesus adalah tukang kayu). Dan anak-anak pun sangat menikmati keasyikan bermain di area ini.

Idenya adalah, kemana pun anak bergerak (sejauh di dalam ruangan) mereka akan dapat mempelajari sesuatu tentang TEMA bulan itu, yaitu "Tumbuh seperti Yesus". Buat teman-teman yang mau lihat foto-foto acara Sekolah Minggu di atas, boleh mengirim e-mail via japri di <meilania(at)telkom.net>

Selamat melayani dan Tuhan memberkati.

Oleh: Meilania (Moderator e-BinaGuru)

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Komentar