Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengapa Setiap Baca Alkitab Pasti Mengantuk?


Anak bertanya:

Kak, mengapa setiap saya baca Alkitab, pastiii ... deh saya mengantuk? Bagaimana cara mencegahnya?

Guru menjawab:

Ada beberapa kemungkinan mengapa kamu selalu mengantuk waktu membaca Alkitab:

  1. Kamu bisa ngantuk baca Alkitab kalau kurang tidur. Misalnya kamu tidur jam 12 malam, bangun jam 6 pagi. Tidak heran kalau pada paginya kamu mengantuk sewaktu membaca Alkitab. Jadi kakak anjurkan kamu tidur lebih awal. Tubuhmu belum sekuat orang dewasa, jadi kamu perlu tidur lebih lama sehingga waktu bangun kamu terasa segar.
  2. Kamu bisa ngantuk kalau baca Alkitab pada waktu malam. Kamu kan sudah seharian belajar di sekolah, belajar di rumah, main dengan teman, bantu orangtua, dll. Jadi waktu malam kamu capek dan sudah kepengin tidur. Ya, jadinya kamu ngantuk berat deh. Apalagi kalau bacanya sambil tiduran di ranjang. Bisa-bisa langsung ngrok, nggroook ... grrooookk, he ... he .... Jadi bacalah Alkitab pada waktu pagi selagi kamu masih segar. Atau sore hari setelah istirahat siang. Dan jangan sambil tiduran di ranjang ya. Duduklah di kursi dengan cahaya lampu yang cukup terang sehingga mata tidak cepat lelah.
  3. Kamu bisa ngantuk kalau baca Alkitab terlalu panjang. Maunya kamu baca tiga pasal sekaligus sih. Jadinya kamu kan capek. Cobalah baca misalnya satu pasal saja. Lalu pikirkan apa yang kamu baca itu. Lagipula jangan langsung baca kitab-kitab yang sulit (misalnya kitab Imamat, Yeheskiel, Roma atau Wahyu). Kitab yang sulit dimengerti akan membuat kamu ngantuk. Lebih baik baca dulu kitab-kitab Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes) kemudian baru Kisah Para Rasul, Kejadian, Keluaran, Mazmur, dan Amsal. Tidak perlu panjang-panjang. Satu pasal sehari sudah sangat bagus asal kamu setia baca tiap hari. Tahukah kamu Alkitab ada berapa pasal? Ya, ada 1189 pasal. Nah, kalau kamu tekun membacanya, dalam waktu tiga tahun bisa selesai.
  4. Kamu ngantuk waktu baca Alkitab karena kamu kurang mencintai Alkitab. Kalau kamu baca Lima Sekawan, Kungfu Boy, Asterix, dsb. kamu tidak mengantuk kan? Mengapa? Karena kamu suka membacanya. Nah, kalau kamu suka membaca Alkitab, kamu tidak akan merasa ngantuk. Alkitab kan bukunya Allah, cerita tentang Allah dan manusia. Cerita-ceritanya pun menarik. Ajaran-ajarannya bagus. Jadi kamu harus belajar mencintai dan menyukai Alkitab. Kalau kamu mencintai Alkitab, kamu pasti akan senang membacanya. Pernahkah kamu membaca kisah Euthikus di Alkitab (Kisah 20:7-12)? Ceritanya dia duduk di jendela lantai 3 mendengar firman Tuhan. Tapi karena mengantuk, eh ... akhirnya dia tertidur. Kemudian, bummm ...! Dia terjatuh dari jendela ke tanah. Malu ah!
Jadi, dari sekarang mulailah belajar setia membaca Alkitab, oke?

Semboyan kita: "TIADA HARI TANPA BACA ALKITAB!"

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
10 - 11
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia
Nomor Edisi: 
12

Komentar