Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengampuni Hutang-hutang


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ketika Gito pergi berpiknik dengan teman-teman sekelasnya, ia meminjam lima ratus rupiah dari salah seorang temannya untuk membeli es krim. Kemudian dia meminjam dua ribu lima ratus dari temannya yang lain untuk membeli oleh-oleh. Setelah itu ia masih meminjam dua ribu rupiah lagi dari temannya yang lain lagi untuk membeli sebuah poster. Seorang temannya yang lain meminjamkannya lima ratus rupiah untuk membeli jagung.

Dalam perjalanan pulang Gito mulai menghitung jumlah hutang yang harus dibayarnya. Ia hampir tidak percaya! Ia telah berhutang lima ribu lima ratus rupiah kepada empat temannya! Bagaimana mungkin ia dapat mengembalikan uang sebanyak itu?

Sesampainya di rumah, Gito tampak gelisah sehingga ayah menanyakan hal itu kepadanya. Gito pun menceritakan apa yang telah terjadi kepada ayahnya. Ia mengatakan bahwa ia menyesal atas apa yang telah diperbuatnya.

Renungan Singkat tentang Hutang:

  1. Perbuatan bodoh apakah yang telah dilakukan Gito?
    Bagaimanakah kamu tahu bahwa Gito menyesali perbuatannya?
  2. Seandainya kamu adalah ayah Gito, apakah yang akan kamu katakan kepadanya sekarang juga? Apakah yang akan kamu lakukan?

"Saya akan membayar hutang-hutangmu kali ini," kata ayahnya.
"Sebagaimana Tuhan Yesus telah membayar hutang-hutang saya."

"Pernahkah Ayah meminjam uang banyak dari seseorang?" tanya Gito.

Ayah tersenyum. "Bukan, bukan uang," katanya. "Bila kita berbuat dosa, kita berhutang. Kita tidak akan pernah membayar seluruh hutang dosa kita. Tetapi Tuhan Yesus berkata bahwa Ia akan membayar seluruh hutang dosa kita. Tetapi Tuhan Yesus berkata bahwa Ia akan membayar hutang-hutang dosa Ayah. Ayah menyesal atas hutang-hutang dosa ini dan meminta Dia membayarnya, dan Ia sungguh-sungguh melakukannya."

Sudahkah kamu meminta Tuhan Yesus membayar hutang-hutang dosamu?"

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:

  1. Hutang apakah yang dibayar ayah untuk Gito?
    Hutang apakah yang dibayar Tuhan Yesus untuk ayah?
  2. Sudahkah kamu meminta Tuhan Yesus mengampunimu dan menjadi Juruselamatmu? Pada waktu kamu melakukannya, Ia mengampuni hutang-hutangmu yang kamu buat karena kamu berbuat dosa, sebagaimana yang dilakukan-Nya untuk ayah Gito.

Bacaan Alkitab:
Matius 6:9-15

Kebenaran Alkitab:
Tuhan Yesus akan mengampuni kita, sebagaimana kita juga mengampuni orang lain. (Matius 6:12)

Doa:
Tuhan Yesus, ampunilah saya atas kesalahan-kesalahan yang telah saya perbuat. Ingatkanlah saya agar hidup menurut jalan yang Engkau kehendaki. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
78 - 79
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar