Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Ruangan Kelas Indria dan Pratama


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Tips mengajar berikut ini akan sangat menolong guru SM untuk dapat mengajar dengan baik. Silakan berkreasi dalam menata ruang SM Anda.

RUANGAN KELAS INDRIA DAN PRATAMA


Alangkah baiknya jika cukup tersedia ruang bagi murid-murid untuk bergerak. Mereka memerlukan ruang untuk berdiri dan berjalan di antara tempat-tempat kegiatan yang ada. Apabila ruangan terlalu penuh dengan peralatan mengajar dan perlengkapan, maka hal ini akan menghambat mutu pelajaran.

Perlengkapan (kursi, meja, rak) perlu sesuai dengan ukuran tubuh anak-anak. Letak papan tempel, papan tulis, dan gambar-gambar juga perlu disesuaikan dengan pandangan lurus dari mata murid-murid.

Kursi murid-murid diatur dengan bentuk setengah lingkaran pada waktu kegiatan kelompok besar/pelajaran Alkitab, agar tiap anak berada di dekat guru dan guru dapat memperhatikan tiap anak. Dengan cara ini, murid-murid dapat melihat guru serta alat peraga dengan jelas. Jika gereja tidak mempunyai kursi-kursi khusus anak-anak, bagian/kelas Indria maupun Pratama dapat memakai tikar pada waktu kegiatan- kegiatan kelompok besar/pelajaran Alkitab.

Ruangan perlu bersih dan cukup penerangan. Tembok ruangan jangan sampai kelihatan suram, retak-retak di beberapa bagian serta berlumut. Agar ruangan tampak cerah, pilihlah cat berwarna terang tapi tidak menyolok. Pengaturan ruangan yang baik, memperhatikan faktor cahaya dan udara. Perlu adanya beberapa jendela yang dapat dibuka, sehingga memungkinkan terjadinya pergantian udara. Usahakan agar kegiatan belajar murid-murid tidak menghadap ke arah cahaya, sebab dapat mengganggu pandangan mata (silau).

Lemari-lemari atau rak-rak diperlukan untuk menyimpan bahan dan alat-alat Sekolah Minggu, sehingga ruangan tampak luas, bersih, dan teratur.

Kategori Bahan PEPAK: Fasilitas Pelayanan Anak

Komentar