Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Membangun Sikap Positif pada Diri Anak?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Cara membangun sikap positif pada diri anak adalah dengan menghargai anak itu sebagai seorang pribadi. Cara ini dapat memperkuat tingkah lakunya yang baik. Anak-anak memerlukan lebih banyak dorongan untuk melakukan perbuatan positif, bukan kritikan terhadap perbuatan yang negatif. Anak-anak perlu ditolong supaya tahu apa yang benar. Lebih dari itu mereka perlu ditolong supaya mau melakukan apa yang benar. Pujian dan dukungan semangat sangat efektif dalam mendorong anak- anak untuk melakukan apa yang benar.

Doronglah perbuatan-perbuatan baik anak dengan memuji setiap usaha mereka untuk bekerja sama dan menunjukkan kasih. Kembangkan pujian dan penghargaan ini dengan menghubungkan ayat-ayat Alkitab pada perbuatan tertentu yang telah dilakukan anak-anak. Pujian terhadap anak harus tulus. Apabila anda terlalu mesra atau berlebihan menyanjung anak dengan pujian anda itu, anak akan menyangsikan ketulusan anda. Melimpahi anak dengan pujian yang tidak pada tempatnya malah akan membuat dia enggan berusaha lebih lanjut.

Pujian harus bersifat khusus. Bila anda memuji setiap anak dengan pernyataan umum yang sama, mereka merasa bahwa sebenarnya anda tidak memuji mereka. Misalnya anda berkeliling ruangan dan pada setiap anak, anda memberikan pujian yang sama, "Andi, gambarmu bagus sekali", "Voni, gambarmu bagus sekali", ketika anda sampai ke Mirna ia pasti tidak akan mau mendengarkan komentar anda. Namun bila anda berkata, "Andi, bagus sekali garis-garis yang kamu buat", "Voni, saya suka warna biru yang kau buat", maka Mirna akan mendengarkan anda bila anda berkata, "Mirna, saya senang melihat kamu tekun membuat titik pada kumbang itu". Itulah pujian khusus dan tulus yang dapat menolong anak mengetahui dengan tepat bahwa apa yang dilakukannya benar. Hal tesebut akan mendorong dan memberikan semangat kepada anak untuk dapat mengembangkan sikap secara positif.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Bagaimana Bercakap-cakap dengan Anak Kecil
Pengarang: 
Rachel Iversen
Halaman: 
29 - 36
Bab: 
Bagaimana Membangun Sikap Positif pada Diri Anak
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1978

Komentar