Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kelahiran Yesus Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Untuk Pembina:
  1. Bacalah Lukas 2:1-20 dan Matius 1:18-23;2:1-12.
  2. Pelajarilah ayat-ayat tersebut.
  3. Dalam pelajaran ini Anda akan bercerita tentang kelahiran orang yang dijanjikan Allah. Jelaskan kepada murid-murid bahwa nubuat tentang kelahiran orang yang dijanjikan Allah itu dipenuhi melalui Maria, ketika Maria melahirkan Yesus.
  4. Anda sudah siap bercerita?
Bacakan:

Lukas 2:4-16

Katakan kepada Murid-murid:

Carilah sifat-sifat Allah yang dinyatakan dalam cerita ini. Jelaskan sifat-sifat itu kepada teman-teman.

Cerita: KELAHIRAN YESUS KRISTUS

Kira-kira 2000 tahun yang lalu ada seorang gadis bernama Maria yang bertunangan dengan seorang laki-laki bernama Yusuf. Pada suatu hari malaikat Gabriel menyatakan diri kepada Maria dan mengatakan, "Maria, engkau akan mengandung dan melahirkan Seorang anak laki- laki, dan engkau harus memberi nama Yesus kepada-Nya."

Maria bertanya kepada malaikat itu, "Bagaimana hal itu bisa terjadi? Saya masih seorang gadis."

Malaikat itu menjawab, "Roh Allah akan datang kepadamu, dan kuasa Allah akan meliputi engkau. Engkau akan melahirkan seorang anak yang akan disebut Kudus, Anak Allah." (Lukas 1:35 BIS)

Kemudian ketika Yusuf mengetahui bahwa Maria mengandung, Yusuf merasa sedih. Dia berpikir bahwa ada seorang laki-laki lain yang sudah menghamili Maria. Tetapi Yusuf bermimpi, dan dalam mimpinya itu, ia melihat seorang malaikat Allah berkata kepadanya, "Yusuf, anak yang di dalam kandungan Maria itu terjadi oleh kuasa Roh Allah." Lalu Yusuf dan Maria menikah, tetapi mereka tidak bersetubuh sampai anaknya lahir.

Waktu Maria akan melahirkan, Yusuf dan Maria harus pergi ke Betlehem untuk mendaftarkan diri guna mengikuti sensus pemerintah. Semua penginapan penuh dengan orang-orang lain yang juga pergi ke Betlehem untuk pendaftaran. Akhirnya, Maria dan Yusuf tinggal di sebuah kandang. Di situ Maria melahirkan seorang anak laki-laki. Maria membungkusnya dengan kain dan meletakkan anak itu di palungan-tempat makanan hewan.

Pada malam itu para gembala sedang menjaga domba mereka di padang rumput di daerah itu. Tiba-tiba malaikat Allah menampakkan diri kepada mereka, dan cahaya terang dari Allah bersinar menerangi mereka, dan mereka sangat ketakutan. Tetapi malaikat itu berkata, "Jangan takut! Sebab saya datang membawa kabar baik untuk kalian -- kabar yang sangat menggembirakan semua orang. Hari ini di kota Daud telah lahir Raja Penyelamatmu yaitu Kristus, Tuhan. Inilah tandanya: Kalian akan menjumpai seorang bayi yang dibungkus dengan kain, dan berbaring di dalam sebuah palung." (Lukas 2:10-12 BIS)

Tiba-tiba malaikat itu disertai banyak malaikat lain yang menyanyi dan memuji Allah.

Setelah para malaikat meninggalkan para gembala, mereka segera pergi, lalu menjumpai Maria dan Yusuf, serta Bayi itu yang sedang berbaring di dalam palungan. Sesudah para gembala melihat bayi itu, mereka menceritakan apa yang dilihat di kandang itu kepada semua orang. Dan orang-orang terus mengingat berita yang dikatakan oleh para gembala.

Pada waktu itu beberapa ahli ilmu perbintangan dari timur datang; mereka bertanya, "Di manakah Anak itu, yang lahir untuk menjadi raja orang Yahudi? Kami melihat bintangnya terbit di sebelah timur dan kami datang untuk menyembah Dia." (Matius 2:2 BIS)

Ketika Raja Herodes mendengar hal itu, ia mengumpulkan para pemimpinnya dan bertanya-tanya kepada mereka. Para pemimpin itu memberitahu Raja Herodes bahwa para nabi sudah bercerita tentang seorang Mesias yang akan lahir di Betlehem, di Yudea. Mesias itu akan memimpin umat-Nya. Ketika Raja Herodes mendengar kata-kata itu, ia terkejut sekali.

Lalu, Raja Herodes memanggil para ahli perbintangan dan menyuruh mereka, "Pergilah, carilah Anak itu. Kalau kalian menemukan Dia, beritahukan kepadaku, supaya aku pun pergi menyembah Dia." (Matius 2:8 BIS)

Mereka melihat lagi bintang yang mendahului mereka ke tempat anak itu. Di situ mereka menyembah anak itu, dan para ahli itu memberikan harta mereka kepadanya. Tetapi mereka tidak kembali lagi ke Raja Herodes.

Setelah para ahli perbintangan itu berangkat, Yusuf bermimpi. Dalam mimpinya seorang malaikat berkata, "Raja Herodes bermaksud membunuh Anak itu," (Matius 2:13 BIS)

Malaikat berkata kepada Yusuf, "Bawalah Anak itu dengan ibu-Nya mengungsi ke Mesir. Tinggallah di sana." (Matius 2:13 BIS)

Ratusan tahun sebelum kejadian ini, nabi Hosea sudah mengatakannya apa yang Allah suruh, "Kupanggil anak-Ku keluar dari Mesir." (Hosea 11:1 BIS)

Tanyakan kepada Murid-murid:

Sifat-sifat Allah yang mana yang dijelaskan dalam cerita ini. Bagaimana sifat-sifat itu digambarkan?

Sifat-sifat Allah dalam Cerita Ini:
  1. Allah itu Mahabenar -- Allah selalu memenuhi janji-Nya. Allah yang menyebabkan Maria, seorang gadis, melahirkan Orang yang dijanjikan, sesuai dengan nubuat para nabi. Orang yang dijanjikan itu lahir di kota Betlehem di Yudea, sama seperti yang dikatakan nabi Hosea dulu.
  2. Allah itu Mahakuasa -- Allah meliputi seorang gadis sehingga dia mengandung dan melahirkan orang yang dijanjikan-Nya itu.
Pertanyaan: (dengan Jawaban)
  1. Waktu Maria melahirkan apakah nubuat tentang Orang yang dijanjikan itu dipenuhi? (Ya).
  2. Apakah nubuat itu?
    • Nabi Yesaya mengatakan, bahwa seorang gadis akan melahirkan seorang Putra yang dinamai Imanuel. (Bacalah Yesaya 7:14; Maria, Ibu Yesus memang seorang gadis.)
    • Allah mengutus seorang malaikat kepada Maria dan Yusuf untuk memberitahu mereka tentang Anak yang akan dilahirkan Maria. (Bacalah Matius 1:20-21)
    • Nabi Mikha mengatakan, bahwa Orang yang dijanjikan akan lahir di Betlehem, Yudea. (Bacalah Mikha 5:1-2; Yesus dilahirkan di Betlehem di Yudea.)
    • Alkitab berkata bahwa walaupun Maria dan Yusuf tinggal di kota Nazaret mereka harus pergi ke Betlehem untuk mendaftarkan diri. (Bacalah Lukas 2:4-5; Jadi, anak Maria dilahirkan di Betlehem Yudea.)
    • Orang yang dijanjikan ialah keturunan Abraham, Ishak, yakub, dan Daud. (Bacalah Matius 1:1-18; Yesus betul seorang keturunan Abraham, Ishak, Yakub, dan Daud. )
    • Ingatkah apa yang dikatakan Zakharia sesudah anaknya, Yohanes dilahirkan? (Bacalah Lukas 1:69)
    • Yusuf pergi ke kota Betlehem untuk mendaftarkan diri karena Yusuf seorang keturunan Daud. (Bacalah Lukas 2:4)
Nubuat itu digenapi waktu Yesus dilahirkan. Bacalah janji Allah dan lihat bagaimana janji itu dipenuhi.
NUBUAT/JANJI PENGGENAPAN
--------------------------------------------------------------------
Maleakhi 3:1 "Aku akan mengirim utusan-Ku ..." Lukas 1:76

Mikha 5:1-2 Tempat lahir-Nya ialah Betlehem. Matius 2:1

Daniel 9:25 Kapankah Orang yang dijanjikan Lukas 2:1-2
 itu akan datang?

Yesaya 7:14 Siapakah yang akan melahirkan Matius 1:1-18
 Orang yang dijanjikan itu?
--------------------------------------------------------------------
Alat Peraga:

Pakailah beberapa gambar tentang kelahiran Yesus.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar