Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Olah Suasana


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dan minat murid saat kita mengajar adalah dengan mengolah suasana. Banyak guru yang pandai bercerita, tetapi tidak pandai mengolah suasana. Akhirnya cerita menjadi "kurang" berhasil. Karena itu, berlatihlah menganalisis sikap anak dalam menanggapi cerita. Selidikilah, mengapa anak tidak tertarik? Dan bila anak tertarik, mengapa?

Pada intinya guru harus mampu melakukan tindakan berikut.

  1. Melibatkan anak dalam cerita.
    1. Misal, ajukan pertanyaan atau minta pendapat anak tentang suatu situasi yang kita ceritakan.
    2. Anda boleh memakai nama satu anak kita sebagai contoh yang "baik". Tetapi jangan sampai mempermalukan anak tersebut di depan kelas.
  2. Berdiri di tempat yang terlihat oleh semua anak.
    Agar konsentrasi anak dan komunikasi guru-anak dapat terjalin dengan baik, aturlah posisi sedemikian rupa sehingga seluruh diri guru dapat dilihat anak dengan baik. Jadi, posisi duduk yang terbaik adalah melingkar, atau duduk setengah lingkaran.
  3. Jangan diam di satu tempat selama bercerita.
    Anak-anak mudah "jemu" jika guru hanya berdiri di satu tempat saja. Apalagi jika tanpa ekspresi. Tetapi jangan pula terlampau "over acting" sehingga anak lelah mengikuti gerakan guru.
  4. Friendly formula.
    Bersikaplah bersahabat dengan anak, suara, tindakan, dan berceritalah dengan memperlihatkan "sikap yang bersahabat". Jangan tampak "kasar", "bengis", "norak", dan sebagainya.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Mengajar Sekolah Minggu yang Kreatif
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
47 - 48
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1997

Komentar