Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kalau Bisa Dicoba Dulu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Memilih lalu membeli piranti lunak untuk keperluan pendidikan dan hiburan, agaknya tak semudah memilih kaset lagu. Ada banyak hal yang mesti diketahui terlebih dahulu.

Ir. Bambang Yuwono menyarankan untuk membaca dengan saksama ikhtisar yang biasanya tertulis di bagian belakang kemasan sebelum memutuskan membeli disket atau CD-ROM yang berisi program pendidikan dan hiburan untuk anak. Atau, mencari informasi tentang:

  1. Penggagasnya, pakar pendidikan atau bukan. Kalau ya, tentu isi program lebih meyakinkan. Sebaliknya, bila bukan pakar, isi program tadi masih menimbulkan keraguan.
  2. Perusahaan yang memproduksi.
  3. Materi dan ruang lingkup bahasan.
  4. Usia pemakai.
  5. Konfigurasi perangkat keras, jenis monitor (CGA, VGA, atau SVGA), dan perangkat tambahan (sound card dsb.) yang diperlukan.

Informasi ini perlu diketahui karena program tertentu menuntut teknologi komputer yang berbeda. Perangkat lunak pelajaran bahasa Inggris misalnya, memerlukan sound card. Kalau tidak ada sound card, ia tidak akan mengeluarkan suara.

Paling baik kalau dapat dicoba dahulu untuk mengetahui isinya. Repotnya, tidak semua aplikasi bisa dicoba. Nah, supaya aman, tanyakan dulu kepada si penjual apa ada hal-hal prinsip yang perlu dihindari sebelum membeli. Kalau jawabannya meragukan, sebaliknya tunda saja pembeliannya. Beli saja aplikasi yang memang bisa dicoba atau yang isinya diyakini baik.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar