Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Terang Bagi Jalanku


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Gunakan bahan pelajaran di bawah ini untuk menolong anak-anak mengetahui dengan jelas peranan Alkitab (Firman Tuhan) dalam hidup orang percaya.

TERANG BAGI JALANKU

"Oh, gelap sekali tempat ini!" kata Toni. "Saya senang karena Ayah membawa lampu senter."

Bagaimana seandainya kita tidak membawa lampu senter?" tanya ayah kepada Toni. "Mari kita matikan lampu senter ini dan melihat apa yang akan terjadi."

Ketika ayah mematikan lampu senter, Toni tidak dapat melihat jalan setapak yang harus dilalui mereka untuk kembali ke perkemahan mereka. Ia juga tidak dapat melihat apapun di sekelilingnya. Toni merasa lega ketika menyalakan kembali lampu senternya. Sekarang ia dapat melihat jalan setapak itu dengan jelas.

"Tanpa Tuhan Yesus, dunia ini juga akan seperti tempat ini pada waktu tidak diterangi lampu senter," kata ayah. "Tahukah kamu arti kalimat itu?"

Renungan Singkat tentang Terang:

  1. Pernahkah kamu berada di sebuah jalan setapak pada malam yang gelap? Apakah kamu senang karena memiliki lampu senter? Mengapa?
  2. Apakah yang dapat dilakukan oleh lampu senter? Bagaimana cara kamu menyusuri jalan setapak yang gelap tanpa membawa lampu senter?

"Tuhan Yesus berkata bahwa Ia adalah terang dunia," kata ayah. "Dapatkah kamu menyebutkan beberapa cara Tuhan Yesus membawa terang- Nya ke dalam dunia ini?"

"Ia menunjukkan kepada kita jalan menuju ke surga," kata Toni.

"Ia juga menunjukkan kepada kita jalan hidup yang benar di dunia ini," kata ayah. "Bagaimana seandainya semua gereja lenyap besok pagi, demikian juga dengan semua pendeta, semua guru Sekolah Minggu, semua Alkitab dan semua buku Kristen? Bagaimana seandainya semua orang Kristen tidak lagi menjadi orang Kristen? Akan menjadi dunia macam apakah dunia kita ini?"

"Wah, dunia ini akan menjadi dunia yang bobrok dan gelap!" kata Toni. "Saya senang karena Tuhan Yesus memberi kita terang-Nya!"

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:

  1. Apakah yang akan terjadi jika di dunia ini tidak ada Alkitab? Tidak ada gereja atau pendeta atau guru Sekolah Minggu? Menurut kamu, perubahan apakah yang akan terjadi atas banyak hal?
  2. Apakah yang akan terjadi di dalam keluargamu jika tidak ada seorang pun yang pernah mendengar tentang Tuhan Yesus? Apakah yang terjadi denganmu?

Bacaan Alkitab:
Yohanes 1:1-19

Kebenaran Alkitab:
Tuhan Yesus berkata, "Akulah terang dunia. Barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan" (Yohanes 8:12).

Doa:
Terima kasih, ya Tuhan Yesus, karena Engkau menerangi dunia kami yang gelap ini. Dan terima kasih atas terang-Mu yang menyinari jalan saya untuk menuntun saya setiap hari. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
72 - 73
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar