Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kegiatan dengan Memakai Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Anda ingin mengadakan aktivitas menarik dengan menggunakan Alkitab? Ada banyak caranya. Ikuti petunjuk di bawah ini. Selain akan membuat anak-anak semakin mengenal Alkitabnya, mereka juga dapat merasakan kegairahan yang tinggi melalui perlombaan yang sehat.

KEGIATAN DENGAN MEMAKAI ALKITAB

1. Mencari Benda dalam Alkitab
Buatlah daftar yang memuat benda-benda seperti sumur, pedang, gandum, air, anggur, kendi, roti, benih dan lain-lain yang terdapat dalam Alkitab. Ketika aba-aba tertentu diberikan, maka para peserta disuruh mencari sebuah ayat Alkitab yang berisi nama benda yang Anda sebutkan. Peserta pertama yang menemukannya harus berdiri membaca ayat tersebut, lalu menyebutkan nama kitab, pasal, dan nomor ayatnya. Nilai atau angka diberikan kepada peserta yang berhasil paling dahulu menemukannya.

2. Hewan-hewan dalam Alkitab
Ketika aba-aba diberikan, setiap peserta mencari sebanyak mungkin nama hewan di dalam Alkitab. Ia harus mendaftarkan nama hewan dan ayat yang menyebutkannya. Ketika waktu yang ditentukan habis, peserta yang paling banyak menuliskannya, dinyatakan menang.

3. Lomba Pelajaran Alkitab
Peserta memegang Alkitabnya masing-masing. Ketika aba-aba diberi, pemimpin meminta semua peserta lomba membaca pasal tertentu, misalnya: Roma 12. Sesudah waktunya dianggap cukup untuk membaca dan mempelajarinya, maka pemimpin mengajukan pertanyaan- pertanyaan berdasarkan isi pasal itu. Nilai yang diberikan tergantung pada jumlah jawaban yang benar.

4. Mengenali Isi Buku
Mintalah seorang berdiri di depan para peserta sambil memegang Alkitabnya. Orang itu membaca dari sebuah buku dengan suara yang jelas, tetapi tak disebutkannya dari buku mana. Ia membaca beberapa ayat Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru. Kemudian para peserta diminta untuk menebak buku mana yang dibaca. Orang tadi terus membaca sampai muncul tebakan yang benar. Para penebak boleh sendiri-sendiri atau berkelompok. Angka diberikan pada penebak yang tepat.

5. Perjanjian Lama -- Perjanjian Baru
Pilihlah beberapa buah benda yang dapat ditemukan dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Ketika pemimpin menyebut benda itu, peserta menjawab bilamana benda tersebut digunakan dalam Perjanjian Lama, dan kapan dalam Perjanjian Baru. Misalnya, pedang. Petrus memakai pedang untuk memotong telinga prajurit, dan Goliat menghadapi Daud dengan pedang.

Benda-benda lain yang dapat dipakai misalnya mata uang, emas, sumur, penjara, mimpi, bintang, banjir, Mesir, malaikat, raja, budak, sungai Yordan, Betlehem, pohon anggur, domba, gandum, bayi, kereta, keledai, perahu, ikan, nyanyian, Bait Allah, batu dan benda-benda lainnya.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Alkitab Melalui Permainan
Pengarang: 
Ronald F. Keeler
Halaman: 
9 - 12
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1997

Komentar