Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Saat Istirahat


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar berikut ini dapat digunakan untuk mengajarkan pada anak-anak bahwa disela-sela kesibukan hidup sehari-hari, mereka juga perlu waktu untuk beristirahat. Selamat mengajar!

SAAT ISTIRAHAT

Alat peraga:
Kartu musik yang berisi tanda-tanda sela (tanda istirahat).

Ayat Alkitab:
Ibrani 4:9-13

Tema:
Istirahat itu penting bagi kita.

Penyampaian:
Saya membawa beberapa kartu yang berisi tanda-tanda. Apakah kamu tahu apa arti tanda-tanda ini?

Ini adalah tanda-tanda sela (istirahat) dalam musik. Ini adalah tanda berhenti seperempat. Ini tanda berhenti setengah. Dan ini tanda berhenti penuh. Perhentian penuh berarti bahwa pemusik harus diam sesuai waktu yang ditentukan oleh tanda sela itu.

Ada orang yang mungkin mengatakan bahwa tanda sela penuh itu berarti perhentian tanpa ukuran waktu. Tetapi, tanda sela penuh ini punya suatu ukuran tertentu. Sang komposer, orang yang menulis lagu itu, menuliskan ukuran tanda sela itu untuk suatu alasan khusus. Dia merancang ukuran tanda sela itu, dengan teliti, sesuai dengan seluruh aliran musik itu.

Tanda-tanda itu menandai istirahat dalam musik. Tetapi manusia juga membutuhkan istirahat. Pernahkah ibumu mengatakan bahwa inilah waktu untuk diam dan beristirahat?

Kadang anak-anak juga terlalu sibuk bermain sehingga mereka mengira mereka tidak punya waktu untuk istirahat. Tetapi istirahat bagi kita, seperti juga suatu tanda sela dalam musik, bukanlah waktu yang tidak berarti. Tuhan merencanakan waktu istirahat bagi kita. Alkitab mengatakan bahwa kita harus beristirahat di hari Sabat. Itulah tanda istirahat penuh bagi kita. Kita perlu menyingkirkan semua pekerjaan kita dan menggunakan waktu istirahat itu untuk bersyukur, merenungkan hidup, dan memperoleh kekuatan baru.

Doa:
Ya Tuhan, kami semua sibuk dengan segala kegiatan dalam hidup kami, walaupun kami masih anak-anak, tetapi ajarilah kami untuk diam dan beristirahat. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
149 - 150
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar