Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aneka Aktivitas untuk Rekreasi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat Anda gunakan sebagai pengisi acara rekreasi di SM Anda.

ANEKA AKTIVITAS UNTUK REKREASI
  1. Buket Alkitab
    Sediakanlah bunga yang masih bertangkai secukupnya. Pilihlah kelompok pemain dan berikan kepada masing-masing sebuah vas yang besar. Maksud permainan ini ialah untuk menghasilkan rangkaian bunga yang paling bagus dengan bahan yang ada. Nilai bagi tiap- tiap bunga tidak harus sama. Jumlah pertanyaan yang diperlukan agar boleh memakai bunga tertentu berbeda dengan bunga yang lain. Misalnya, setangkai bunga melati bernilai satu pertanyaan. Setangkai bunga aster boleh dirangkai kalau pemain berhasil menjawab dua pertanyaan. Sedangkan untuk setangkai bunga anggrek, empat pertanyaan harus terjawab dengan tepat. Demikian seterusnya. Sesudah kegiatan ini selesai, rangkaian bunga tersebut dapat digunakan di ruang pertemuan ataupun keperluan lain. Regu yang dapat merangkai buket yang paling indah dinyatakan sebagai pemenang.

    Kegiatan lain yang menggunakan bunga ialah memilih ayat-ayat Alkitab untuk dicantumkan pada setiap tangkai, sebelum buket tersebut dipakai menghias meja atau untuk pasien di rumah sakit.

  2. Menyeberang Laut Merah
    Kelompok yang satu adalah orang-orang "Israel," sedangkan kelompok lainnya adalah tentara "Firaun." Sebelum mulai permainan, buatlah lima buah batas-bidang atau jarak antara kedua kelompok itu.

    Ketika seorang Israel menjawab pertanyaan Alkitab dengan tepat, maka orang-orang Israel maju selangkah menempati bidang yang telah disediakan tadi. Kalau ia gagal, seorang anggota tentara Firaun diberi kesempatan menjawab. Kalau jawabannya tepat, seluruh tentara Firaun maju satu bidang. Orang-orang Israel mencoba menyeberangi Laut Merah sebelum mereka disergap sepuluh bidang, tergantung kepada keadaan tempat. Boleh juga permainan ini diadakan secara perseorangan, bukannya beregu, sehingga setiap pemain akan maju sesuai dengan kemampuannya menjawab pertanyaan.

  3. Menobatkan Raja
    Sediakanlah dua buah tangga. Bagilah pemain menjadi dua regu dan masing-masing regu memilih rajanya. Bila anggota regu menjawab pertanyaan dengan tepat, rajanya naik satu langkah di tangga. Kalau jawabannya salah, rajanya harus turun satu langkah. Regu yang terlebih dahulu memahkotai rajanya, itulah yang menang; yakni rajanya lebih dahulu sampai ke ujung tangga. Pertanyaan- pertanyaan harus diajukan kepada regu secara bergiliran.


  4. Aduk Cangkir
    Telungkupkanlah enam cangkir di atas meja. Sebelumnya, sembunyikan potongan kertas yang berisi sebuah pertanyaan dalam masing-masing cangkir itu, kecuali satu. Sesudah cangkir-cangkir itu anda pindah-pindahkan sedemikian rupa sehingga orang tidak tahu, cangkir mana yang kosong, mintalah seorang pemain memilih sebuah. Bila pertanyaan yang terdapat dalam cangkir itu dapat dijawabnya, maka regunya mendapat angka lima. Kalau ia gagal, angkanya sendiri atau angka regunya dikurangi lima. Bilamana seseorang kebetulan memilih cangkir kosong ia tidak mendapat angka.


  5. Tukang Pos
    Masukkanlah potongan-potongan kertas yang berisi pertanyaan- pertanyaan ke dalam sejumlah amplop. Lalu mintalah seorang anak menjadi tukang pos, untuk membagikan soal-soal tersebut kepada kelompok peserta. Sesudah masing-masing menerima sebuah, maka dengan bergiliran mereka mencoba menjawab. Peserta yang jawabannya tepat boleh tetap memegang amplopnya. Tetapi kalau ada peserta yang gagal, maka peserta sebelumnya (yang jawabannya benar), memperoleh amplop itu. Pada akhir pertandingan mintalah peserta menghitung berapa buah amplop yang diperolehnya. Peserta yang memperoleh paling banyak, boleh anda beri hadiah sekedarnya. Untuk permainan ini anda boleh memakai amplop bekas yang berukuran besar ataupun kecil.


  6. Sulaiman yang Bijaksana
    Siapkan sebuah kursi "takhta kerajaan." Boleh anda gunakan sebuah kursi makan yang ditutupi dengan sebuah selimut yang bagus. Sediakanlah juga sebuah alat pengukur waktu; kalau mungkin sebuah stop-watch. Salah seorang dari peserta dijadikan Sulaiman. Ia didudukkan di atas kursi tadi dan diharuskan menjawab pertanyaan- pertanyaan dari Alkitab, sebanyak yang dia mampu. Jika ia gagal menjawab, ia diturunkan dari takhta dan orang lain yang berhasil menjawab pertanyaan yang tak terjawab tadi, dinobatkan. Tiap orang yang dinobatkan menjadi raja harus dihitung waktunya. Berapa menit lamanya dia duduk di atas takhta itu? Anda boleh menugaskan seorang penanya atau membagi kelompok menjadi beberapa regu dan menugaskan seorang penanya untuk tiap regu. Setiap kali ada Sulaiman baru yang dinobatkan, orang itu berasal dari lawan regu Sulaiman sebelumnya.


  7. Memburu Bangku Terdepan
    Gunakanlah bangku panjang atau kursi-kursi berderet ke belakang untuk perlombaan ini. Mulailah dari barisan belakang. Ajukanlah pertanyaan kepada setiap peserta. Barangsiapa menjawab dengan tepat, ia boleh maju satu baris. Siapa yang dapat mencapai bangku paling depan lebih dulu, dialah juaranya.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Alkitab Melalui Permainan
Pengarang: 
Ronald F. Keeler
Halaman: 
59 - 67
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1997

Komentar