Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hal Terpenting yang Harus Dilakukan Anak-Anak


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pernahkah kamu mencoba untuk berpikir hal terbaik apa yang dapat dilakukan setiap orang? Mungkin yang harus pertama kali kita pikirkan adalah bagaimana kita dapat bersikap baik kepada sesama atau menjadi anak-anak yang taat pada orang tua. Kedua hal tersebut memang amat penting. Kita pun boleh berpikir penting juga untuk cukup makan atau tidur. Ya, semua yang sudah disebutkan di atas memang penting untuk kita lakukan dalam hidup kita. Tetapi ternyata, masih ada hal yang lebih penting dari semuanya itu.

Apakah kamu ingin mengetahuinya?

Hal terpenting dari semua yang penting dalam hidupmu adalah taat kepada Allah dan hanya mau melakukan apa yang Allah kehendaki. Tuhan sangat senang melihat anak-anak yang taat dan Dia akan memberimu hal-hal yang menyenangkan.

Dia menyimpan pemberian-pemberian terbaik untukmu. Dia tidak akan terlambat memberikannya kepadamu. Tuhan menyimpannya sampai pada waktu engkau berada di surga bersama-Nya. Betapa luar biasanya hal-hal yang akan kamu terima dan rasakan di surga. Tetapi ingat, semua itu akan kamu dapatkan jika kamu taat kepada-Nya.

Dia sangat senang memberikan hal-hal baik kepada anak lelaki dan perempuan yang taat kepada-Nya. Apa sajakah itu? Kakak akan memberitahukan kepadamu satu hal dan kita semua dapat memikirkan hal tersebut. Satu hal yang Dia berikan kepada anak-anak yang taat adalah kebahagiaan. Jika anak-anak taat kepada-Nya, mereka akan bahagia. Sebaliknya, jika mereka tidak taat bahkan melakukan hal-hal yang tidak baik dan nakal, mereka pasti tidak akan bahagia.

Apa yang akan terjadi jika kamu tidak taat kepada Tuhan? Apakah ada bedanya dengan anak-anak yang lain? Begini, coba pikirkan apa yang terjadi jika kamu tidak taat kepada orang tuamu? Mereka pasti akan mendisiplinkanmu bukan? Demikian pula dengan Tuhan, Ia akan mendisiplinkanmu juga jika kamu tidak taat kepada-Nya.

Ada sebuah cerita. Seorang guru sekolah minggu sedang mengajar murid-muridnya tentang ketaatan kepada Tuhan. Ia mengatakan bahwa kehendak Tuhan dilakukan di dunia maupun di surga. Ia bertanya, "Anak-anak, menurutmu bagaimana Tuhan melakukan kehendak-Nya di surga? Bagaimana malaikat-malaikat melakukan kehendak-Nya?"

Seorang anak menjawab, "Begitu mereka tahu kehendak Tuhan, secepat mungkin tanpa ditunda-tunda mereka melakukannya."

Anak yang lain menjawab, "Mereka melakukannya dengan seluruh kemampuan mereka karena mereka melakukannya untuk Tuhan."

Teman yang lain menjawab, "Mereka selalu mencoba melakukan apa yang Tuhan inginkan dan tidak pernah memikirkan hal-hal lain di luar kehendak Tuhan."

Setelah itu tidak ada yang dapat memberikan jawaban lagi dan kelas menjadi sedikit sunyi, sampai akhirnya seorang anak perempuan mengangkat tangannya dan berkata, "Ibu guru, saya pikir mereka semua melakukan kehendak Tuhan tanpa bertanya-tanya mengapa Tuhan ingin mereka melakukan hal itu."

Bukankah itu cara yang baik untuk melakukan kehendak Tuhan?

Bahan bacaan:

Kisah Para Rasul 5:17-29

Pertanyaan-pertanyaan:

  1. Hal terpenting apa yang dapat dilakukan anak-anak?
  2. Apa saja yang akan Tuhan berikan kepada mereka yang taat kepada-Nya?
  3. Dapatkah kamu menceritakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menaati Tuhan dari cerita hari ini?

Kegiatan:

Minta anak-anak menulis satu bait puisi di bawah ini. Jika ada waktu, mereka dapat mendeklamasikannya di depan kelas.

Percaya dan taatlah
Karena tidak ada jalan lain
Untuk mendapatkan sukacita di dalam Yesus
Hanya percaya dan taatlah.

Doa:

Tuhan Yesus, tolong kami untuk dapat taat kepada-Mu dalam segala sesuatu. Kiranya Roh Kudus menolong kami untuk mau melakukan kehendak-Mu. Di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami mohonkan semua ini. Amin.(t/Davida)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Devotions for the Children`s Hour
Pengarang: 
Kenneth N. Taylor
Halaman: 
58 - 60
Bab: 
The Most Important Thing a Child Can Do
Penerbit: 
Moody Press
Kota: 
Chicago, USA
Tahun: 
1977

Komentar