Perjalanan Mengenal Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 731 - #Ayo_PA: Mengajar Anak untuk Memahami Alkitab (II)

Disusun oleh: Davida

Ayat Alkitab:
2 Timotius 3:15-16

Renungan untuk guru:
Apakah anak-anak sudah cukup mengenal Alkitab? Apakah kita sudah menolong anak-anak untuk mengenal Alkitab dengan benar?

Penyampaian Cerita:

  • Penjelasan Ayat: Dalam 2 Timotius 3:15-16, Paulus mendorong Timotius untuk berpegang teguh pada keyakinan yang dimilikinya sejak muda. Timotius telah belajar dari Lois dan Eunike tentang iman kepada Kristus. Ia telah belajar dari Paulus. Ia juga telah belajar dari Perjanjian Lama dan Injil. Semua sumber tersebut membawa Timotius kepada pemahaman yang benar tentang keselamatan di dalam Kristus. Paulus menyatakan bahwa "segala tulisan" merupakan embusan napas Allah, artinya keluar dari mulut Allah sendiri. Yang dimaksud "segala tulisan" di sini adalah PL ditambah dengan pesan-pesan Injil Kristus yang telah Timotius terima, baik secara tulisan maupun tulisan. Segala tulisan itu menolong orang-orang percaya untuk mendapatkan pengajaran yang benar, menghardik ajaran sesat, mengoreksi kehidupan moral yang keliru, dan menolong orang untuk hidup dalam kesalehan. Tujuan Paulus mengemukakan ini adalah agar melalui pengenalan dan pemahaman Timotius terhadap firman Tuhan, ia setia dalam pelayanannya dan dipersiapkan untuk pekerjaan baik, yaitu mengabarkan Injil Kristus dengan tekun.
  • Penjelasan tentang Alkitab: Sudah berapa lama kamu memiliki Alkitab? Sudahkah kamu mengenal Alkitab dengan baik? Kali ini, kita akan menelusuri perjalanan panjang mengenai Alkitab. Perjalanan ini dimulai dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru.

1. Kapankah Alkitab dituliskan?

Alkitab ditulis ribuan tahun yang lalu, tetapi apa yang tertulis masih penting hingga saat ini. Itu karena Alkitab adalah firman Tuhan. Kitab-kitab di dalam Alkitab ditulis pada tahun yang berbeda-beda, dan penulisnya adalah orang yang berbeda-beda. Meski demikian, semua kitab di dalam Alkitab memiliki satu pesan yang sama, yaitu pesan tentang Juru Selamat. Ajaib, bukan?

Banyak hal bisa kamu ketahui dari Alkitab, yaitu tentang Allah dan janji-Nya, tentang Yesus Kristus dan pengajaran-Nya, juga tentang Roh Kudus dan pimpinan-Nya kepada manusia. Jadi, melalui Alkitab kamu dapat belajar banyak hal mengenai Allah dan manusia. Nah, perjalanan panjang mempelajari Alkitab akan kita mulai sekarang.

2. Perjalanan mengenal Alkitab

  1. Perjanjian Lama

    Kisah-kisah di dalam Perjanjian Lama menceritakan tentang JANJI. Janji itu diberikan Allah kepada manusia, yaitu janji tentang Juru Selamat. Yuk, kita lihat kitab-kitab apa saja yang terdapat di dalam Perjanjian Lama.

    • Kitab Hukum: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan
    • Kitab Sejarah: Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 dan 2 Samuel, 1 dan 2 Raja-Raja, 1 dan 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester
    • Kitab Puisi: Ayub, Amsal, Mazmur, Pengkhotbah, Kidung Agung
    • Kitab Nabi Besar: Yesaya, Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel
    • Kitab Nabi Kecil: Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakaria, Maleakhi
  2. Perjanjian Baru

    Kisah-kisah di dalam Perjanjian Baru menceritakan tentang JANJI YANG DIGENAPI. Juru Selamat dalam Perjanjian Lama hanya berupa janji. Nah, dalam Perjanjian Baru diceritakan bahwa Juru Selamat telah datang. Yuk, kita lihat kitab-kitab apa saja yang ada di dalam Perjanjian Baru.

    • Kitab Injil: Matius, Markus, Lukas, Yohanes
    • Kitab Sejarah: Kisah Para Rasul
    • Surat-Surat Paulus: Roma, 1 dan 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 dan 2 Tesalonika, 1 dan 2 Timotius, Titus, Filemon
    • Surat Umum: Ibrani, Yakobus, 1 dan 2 Petrus, 1, 2, dan 3 Yohanes, Yudas, Wahyu

Pertanyaan penutup:

  1. Mengapa Paulus mendorong Timotius untuk hidup berdasarkan firman Tuhan?
  2. Apa manfaat firman Tuhan bagi kehidupan orang Kristen?
  3. Apakah kamu sudah mengenal Alkitabmu dengan baik?
  4. Bagaimana kamu akan mengatur waktu untuk belajar Alkitab setiap hari?

Aplikasi:

  1. Disiplin belajar Alkitab setiap hari.
  2. Belajar Alkitab bersama orangtua, guru, dan teman-teman.
  3. Melakukan perintah firman Tuhan setiap saat.

Sumber bacaan:

  1. "Tafsiran 2 Timotius 3:15-16 dari Santapan Harian (SH)". Dalam
    http://alkitab.sabda.org/verse_commentary.php?book=2Tim&chapter=3&verse=15
  2. "Perjalanan Mengenal Alkitab". Dalam
    http://sekolahminggu.com/perjalanan-mengenal-alkitab/

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK