Nubuat Firman Tuhan Digenapi Melalui Kematian Yesus Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 699 - Kematian dan Kebangkitan Kristus: Penggenapan Nubuat Firman Allah (I)

Nubuat Firman Tuhan Mengenai Kematian Kristus

Mengapa nubuat firman Tuhan mengenai kematian Yesus Kristus sangat penting? Perjanjian Lama memuat lebih dari seratus nubuat tentang Yesus. Beberapa nubuat berkenaan dengan kematian-Nya. Hal ini adalah bukti kuat keakuratan Alkitab dan inspirasi ilahi. Meskipun nubuat-nubuat ini ditulis oleh beberapa orang yang berbeda selama bertahun-tahun, mereka dipenuhi secara ilahi! Berikut ini adalah beberapa nubuat mesianik dan penggenapannya.

  1. Nubuat Alkitab -- Yesaya 53:3: "Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan."

    Penggenapan -- Yohanes 1:10-11: "Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya."

  2. Nubuat Alkitab -- Mazmur 41:10: "Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku."

    Penggenapan -- Markus 14:10: "Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid itu, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka."

  3. Nubuat Alkitab -- Zakaria 11:12: "Lalu aku berkata kepada mereka: 'Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!' Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak."

    Penggenapan -- Matius 26:14-16: "Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala. Ia berkata: 'Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?' Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus."

  4. Nubuat Alkitab -- Yesaya 53:7: "Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya."

    Penggenapan -- Markus 15:5: "Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawab lagi, sehingga Pilatus merasa heran."

  5. Nubuat Alkitab -- Mazmur 22:2-3: "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku. Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab, dan pada waktu malam, tetapi tidak juga aku tenang."

    Penggenapan -- Matius 27:46: "Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: 'Eli, Eli, lama sabakhtani?' Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?"

  6. Nubuat Alkitab -- Mazmur 22:8-9: "Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya: 'Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?'"

    Penggenapan -- Matius 27:41-44: "Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata: 'Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya. Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah.' Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga."

  7. Nubuat Alkitab -- Mazmur 22:15: "kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan aku."

    Penggenapan -- Matius 27:48: "Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum."

  8. Nubuat Alkitab -- Mazmur 22:18-19: "Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku. Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku."

    Penggenapan -- Yohanes 19:23: "Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian--dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja."

Kematian Yesus Kristus

Kematian Yesus Kristus dan kebangkitan-Nya adalah dua peristiwa yang paling penting dalam sejarah manusia. Mengapa demikian? Karena kematian Yesus, umat manusia memiliki kesempatan untuk keselamatan kekal.

Keempat Injil Perjanjian Baru berbicara tentang penyaliban Kristus. Berikut adalah beberapa poin utama dalam garis waktu penyaliban:

  1. Yesus ditangkap di Taman Getsemani (Mrk. 14:43-52).

  2. Yesus mengalami enam pencobaan -- tiga oleh para pemimpin Yahudi dan tiga oleh orang Roma (Yoh. 18:12-14; Mrk. 14:53-65; Mrk. 15:1a; Mrk. 15:1b-5; Luk. 23:6-12; Mrk. 15:6-15). Yesus bertahan dalam peristiwa pemukulan yang menyakitkan, dicambuk, dan diejek (Mrk. 15:16-20).

  3. Pilatus mencoba berkompromi dengan para pemimpin agama dengan menyuruh Yesus dipukuli, tetapi tindakan ini tidak memuaskan mereka. Pilatus menyerahkan Yesus untuk disalibkan (Mrk. 15:6-15).

  4. Yesus diejek oleh tentara ketika mereka memakaikan-Nya jubah ungu dan mahkota duri (Yoh. 19:1-3).

  5. Yesus disalibkan di Golgota, yang berarti: Tempat Tengkorak (Mrk. 15:22). Langit berubah menjadi gelap selama tiga jam (Mrk. 15:33).

  6. Yesus berseru, "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan, setelah itu, Dia mati (Luk. 23:46).

Penulis Arthur W. Pitt menjelaskan cara ini, "Dengan berdarah sambil membawa salib-Nya di bawah panas matahari, saat itu hampir tengah hari, Yesus berangkat sampai ke ketinggian Golgota. Mencapai tempat yang telah ditentukan untuk hukuman mati. Tangan dan kaki-Nya dipakukan ke kayu salib. Selama tiga jam, Ia tergantung di sana dengan terik matahari di atas kepala-Nya yang bermahkota duri. Hal ini diikuti dengan tiga jam kegelapan. Malam itu dan siang itu merupakan saat-saat ketika kekekalan dipersingkat.

Juru Selamat dunia telah muncul dari tiga jam kegelapan, yaitu ketika Dia terpisah dari Allah Bapa. Mengapa Bapa berpaling dari-Nya? Hal ini bertentangan dengan karakter Allah yang Mahakudus sehingga Allah menarik diri-Nya dari komunikasi dengan Anak-Nya, yaitu ketika Yesus menanggung kesalahan dosa dunia.

Penyaliban Yesus Kristus -- Penguburan dan Kebangkitan-Nya

Setelah penyaliban Yesus Kristus, Yusuf dari Arimatea meminta izin kepada Pilatus untuk membawa tubuh Yesus sehingga ia membawa linen halus, membungkus tubuh Yesus, meletakkan Yesus di dalam kubur, dan menggulingkan sebuah batu besar di pintu masuk kuburan itu. Yesus berada di dalam kubur selama tiga hari. Setelah hari Sabat, Maria Magdalena, Maria (ibu Yesus), dan Salome menyiapkan rempah-rempah untuk mengurapi tubuh Yesus. Ketika mereka tiba di makam, batu sudah terguling! Mereka memasuki makam, di mana malaikat berkata, "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu." (Mrk. 16:6-7).

Penyaliban Yesus Kristus -- Hadiah Abadi

Apakah penyaliban Yesus Kristus harus dilakukan untuk Anda? Allah, yang tahu bagaimana Anda dibuat, tahu bahwa Anda tidak bisa menjalani kehidupan tanpa dosa, hal yang diperlukan untuk masuk ke dalam surga. Jadi, Ia memutuskan untuk menawarkan diri-Nya untuk berada di tempat Anda. Dia melakukan itu dengan menjadi seorang manusia dalam diri Yesus Kristus, Anak-Nya sendiri. Yesus hidup tanpa dosa di bumi.

Allah telah mengatakan hukuman atas dosa adalah maut. Karena kita semua telah berdosa (Roma 3:23; 6:23), kita membutuhkan seseorang yang tidak berdosa untuk mati bagi kita. Yesus, yang tidak berdosa, mati menggantikan kita dan menjadi anugerah bagi dunia. Dia mati untuk Anda! Roma 5:10 berkata, "Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!"

Alkitab berkata, "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu" (Kis. 16:31). Menghadiri gereja atau melakukan perbuatan baik tidak akan memberi kontribusi untuk keselamatan kita. Tuhan menyelamatkan kita melalui kasih karunia-Nya. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : All About Jesus Christ
Alamat URL : http://www.allaboutjesuschrist.org/prophecies-fulfilled-by-the-crucifixion-of-jesus-christ-faq.htm dan
http://www.allaboutjesuschrist.org/crucifixion-of-jesus-christ.htm
Judul asli artikel : Prophecies Fulfilled by the Crucifixion of Jesus Christ - What are They? dan Crucifixion of Jesus Christ - His Death
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 4 Maret 2015

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK