Naskah Drama Kisah Debora


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 719 - Tokoh Alkitab: Debora (II)

Bahan: Hakim-Hakim 4-5

Peran:

  1. Narator
  2. Allah
  3. Debora
  4. Barak
  5. Yael

Naskah Drama:

Narator: Dua puluh tahun adalah waktu yang lama. Selama itu, orang Israel telah menjadi budak dari raja asing, yaitu Raja Yabin dan komandan pasukannya, Sisera. Mereka memperlakukan orang Israel dengan sangat buruk. Namun, Allah mengirim Deborah untuk menyelamatkan orang Israel.

Allah: Deborah, kamu telah menjadi hambaku sebagai hakim untuk Israel. Kamu telah memutuskan masalah-masalah mereka dengan bijaksana. Sekarang, Aku mempunyai tugas lain untukmu. Panggillah Barak untuk menemuimu dan beritahukan perintah-Ku kepadanya.

Debora: Ya, Allah. Aku akan melakukan seperti yang Engkau katakan.

Narator: Debora taat kepada Allah dan memanggil Barak.

Debora: Barak, Tuhan, Allah Israel, memberimu sebuah perintah. Dia mengatakan, engkau harus mengambil 10.000 orang untuk pergi bersamamu ke Gunung Tabor. Tuhan akan menarik Sisera ke dalam perangkap. Allah akan membawa Sisera dengan 900 kereta maupun pasukannya ke sungai. Allah akan menyerahkannya kepadamu.

Barak: Akan tetapi, Debora, Sisera, dan pasukannya jauh lebih kuat daripada semua orang Israel. Kami tidak memiliki 900 kereta. Jika engkau pergi denganku, aku akan pergi. Akan tetapi, jika engkau tidak pergi denganku, aku juga tidak akan pergi.

Debora: Baiklah, baiklah ..., aku akan pergi denganmu. Akan tetapi, karena kamu tidak mau pergi sendiri, kamu tidak akan menerima kehormatan apa pun. Tuhan tidak akan menyerahkan Sisera ke tanganmu, melainkan ke tangan seorang wanita.

Barak: Aku akan membawa 10.000 orang untuk pergi bersama kita.

Narator: Barak mengumpulkan laki-laki dari orang Israel dan melaporkannya kepada Debora.

Barak: Kita sudah siap untuk bertempur, Debora!

Debora: Pergilah! Hari ini, Allah akan menyerahkan Sisera kepadamu. Bukankah Allah sudah maju di depanmu?

Barak: Aku dan pasukanku pergi sekarang untuk bertempur melawan Sisera bagi Allah!

Narator: Selagi Barak dan pasukannya berbaris maju menuju tentara Sisera, sesuatu yang mengejutkan terjadi.

Barak: Lihat!! Kereta dan tentara Sisera tercerai-berai. Ayo! Kejar mereka! Sisera sudah meninggalkan kereta dan pasukannya. Dia melarikan diri tanpa kereta. Dia tidak mungkin pergi jauh tanpa keretanya. Tangkap dia!

Narator: Barak mengejar Sisera. Dalam pencariannya, Barak melihat seorang wanita duduk di depan tendanya.

Barak: Hai, engkau yang di depan tenda. Siapakah engkau?

Yael: Aku adalah Yael, istri Heber, orang Keni, saudara ipar Musa. Masuklah ke tendaku. Aku akan memperlihatkan kepadamu laki-laki yang kau cari itu.

[Suara tenda dibuka.]

Barak: Engkau tahu, siapa orang orang ini? Dia adalah komandan tentara yang telah memperbudak Israel selama 20 tahun. Engkau telah membunuh Sisera, musuh Tuhan dan musuh Israel!

Narator: Ketika Debora mendengar bahwa Sisera sudah mati, ia memimpin perayaan di Israel.

Debora: Puji Tuhan. Para penguasa datang dan melawan. Raja-raja Kanaan berjuang, tetapi mereka tidak membawa apa pun. Dari langit, bintang-bintang juga turut berjuang melawan Sisera. Kuda-kuda yang kuat dari musuh-musuh kita berlari menjauh. Kiranya Yael menjadi wanita yang paling diberkati dari semuanya. Tuhan, kiranya semua musuh-Mu dihancurkan. Namun, biarlah orang-orang yang mengasihi-Mu menjadi seperti matahari pagi. Terpujilah Tuhan!

Narator: Jika kamu ingin membaca lebih lanjut tentang Allah yang menyelamatkan orang Israel dari raja-raja bangsa asing, bacalah kitab Hakim-Hakim di bagian Perjanjian Lama Alkitab. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Kids Corner
Alamat URL : http://kidscorner.reframemedia.com/bible/stories/the-story-of-deborah/#sub
Judul artikel asli : The Story of Deborah
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 17 November 2015

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK