Kreasi Menggambar Enam Hari Masa Penciptaan (I)


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Dalam edisi e-BinaAnak 677 dan e-BinaAnak 678, kita akan berbagi sejumlah pelajaran/presentasi menggambar langkah demi langkah, untuk mengajarkan beberapa konsep penting mengenai penciptaan secara alkitabiah kepada anak-anak.

Bahan mengajar ini dirancang untuk dapat digambar dengan mudah/sederhana sehingga Anda tidak perlu menjadi seorang seniman untuk menampilkannya. Gambar-gambar tersebut juga cukup sederhana bagi anak-anak untuk dapat menggambar bersama Anda pada lembaran kertas mereka sendiri.

Pelajaran-pelajaran ini dapat disajikan kepada anak-anak dengan menggunakan overhead projector, papan tulis kapur, atau papan tulis spidol.

Langkah-langkah:

  1. Bagilah satu halaman menjadi tiga bidang yang sama dengan menggunakan dua garis horizontal. Jelaskan bahwa tiga bidang ini akan digunakan untuk menggambarkan peristiwa dari 6 hari penciptaan.

  2. Tulis angka 1 di sudut kiri atas bidang kertas. Ini adalah bagian untuk penciptaan hari pertama (Kejadian 1:1-5).

  3. Pada hari pertama, kita akan menunjukkan 3 hal utama yang Allah ciptakan:

    Langit - Jelaskan bahwa bagian atas halaman merupakan langit yang diciptakan Tuhan untuk menempatkan ciptaan-Nya ke dalamnya.

    Bumi - Gambarlah lingkaran berukuran kecil atau sedang di tengah-tengah bagian atas. Jelaskan bahwa lingkaran ini adalah bumi. Tidak ada yang lain di langit kecuali Bumi.

    Terang - Allah berfirman, "Jadilah terang", dan kemudian terang ada. Daripada menggambar seberkas cahaya, gambarlah kegelapan yang menutupi setengah dari bulatan bumi, yang menunjukkan bahwa bumi sedang terkena cahaya. Terang dan gelap ini (dan sebuah bumi yang berputar) memberi kita hari pertama dan malam pertama.

  4. Tulis angka 2 di sudut kiri atas dari bagian tengah halaman. Ini untuk penciptaan hari kedua (Kejadian 1:6-8).

  5. Pada hari kedua, kita akan menunjukkan Tuhan melakukan satu hal utama: Allah memisahkan air di bawah (yang menutupi seluruh bumi) dari air yang ada di atas (atmosfer).

    Air di bawah - Menggambar garis air bergelombang hampir sepanjang halaman, tepat di tengah dari bagian ini. Ini adalah permukaan air yang menutupi seluruh bumi.

    Air di atas - Selanjutnya, gambarlah awan di atas garis air. Ini merupakan atmosfer yang mengelilingi bumi.

  6. Tulis angka 3 di sudut kiri atas pada bagian kiri bawah halaman. Halaman ini adalah untuk penciptaan hari ketiga (Kejadian 1:9-13).

  7. Pada hari ketiga, kita akan menunjukkan Allah melakukan dua hal utama.

    Daratan - Allah menyebabkan daratan muncul. Gambarlah sebuah garis tanah bergelombang di bagian terbawah pada halaman ini.

    Tanaman - Tuhan menciptakan tumbuhan. Pasokan pangan pada masa depan bagi ciptaan-Nya. Gambarlah beberapa rumput sederhana, semak-semak, dan pohon-pohon. Kosongkan sisi kanan halaman ini karena Anda akan menggambar lebih banyak di sana nanti. (t/N. Risanti)

[Bersambung dalam edisi e-BinaAnak 678]

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : answersingenesis.org
Judul asli artikel : Drawing Lesson I: How to Draw the 6 Days of Creation for Kids - Part I
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://www.answersingenesis.org/articles/2002/02/20/drawing-lesson-i-creation-days1
Tanggal akses : 20 Februari 2014

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK