Kemuliaan Hanya bagi Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 739 - Ibadah Sekolah Minggu (II)

Tema: Kemuliaan hanya bagi Allah.

Objek: Sebuah himne.

Ayat Alkitab: Berkata-katalah satu sama lain dengan mazmur, himne, dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati, selalu mengucap syukur kepada Allah Bapa untuk segalanya, dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. (Efesus 5:19-20)

Penyampaian: Saya berpikir bahwa salah satu karunia terbesar yang diberikan Allah kepada kita adalah karunia musik. Apakah kamu pernah mendengar tentang seorang komposer bernama Johann Sebastian Bach? Bach hidup sekitar 250 tahun yang lalu dan ia dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu komponis terbesar yang pernah hidup. Kamu mungkin akan terkejut mengetahui bahwa beberapa lagu Bach masih ada dalam buku nyanyian himne kita hari ini.

Bach

Setiap kali Bach menulis sebuah lagu, ia selalu menulis huruf S.D.G. di bagian bawah lagu. Huruf-huruf itu adalah untuk kata-kata Soli Deo Gloria yang berarti "Kemuliaan hanya bagi Allah". Kamu lihat, Bach menyadari bahwa musik adalah karunia dari Allah dan bahwa ia memiliki tanggung jawab untuk menggunakan karunianya bagi kemuliaan Allah.

Musik adalah bagian yang sangat penting di ibadah kita. Alkitab berkata, "Berkatalah satu sama lain dengan mazmur, himne, dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati."

Beberapa orang datang untuk beribadah, tetapi mereka tidak pernah bernyanyi. Mereka memiliki banyak alasan untuk tidak bernyanyi. Berikut adalah beberapa alasan yang saya dengar selama bertahun-tahun.

"Saya tidak bisa menyanyi." Maaf, tetapi alasan itu tidak masuk akal. Alkitab tidak berkata, "Menyanyilah bagi TUHAN dengan suara yang indah." Alkitab berkata, "Bersoraklah dengan gembira bagi Tuhan."

Alasan lain yang saya dengar adalah, "Saya tidak suka lagu-lagu yang kita nyanyikan." Alasan itu juga tidak baik. Mengapa? Karena lagu-lagu itu bukan untuk kita, mereka adalah untuk Allah. Karena Tuhan menciptakan karunia musik, saya pikir dia mungkin menyukai semua jenis musik!

Berikut alasan yang saya dengar berkali-kali. "Saya tidak tahu lagu itu." Alkitab berkata, "Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu baru." Bagaimana kita bisa menyanyikan lagu baru bagi TUHAN, jika kita bahkan tidak mau berusaha untuk mempelajarinya?

Apakah kamu tahu apa yang saya pikirkan? Saya pikir sudah waktunya bagi kita untuk berhenti membuat alasan dan menggunakan karunia musik apa pun yang telah Tuhan berikan kepada kita untuk memuliakan Dia. Soli Deo Gloria! Kemuliaan hanya bagi Allah!

Doa: Terima kasih, Bapa, untuk karunia musik. Kiranya kami selalu menggunakan karunia untuk bernyanyi dan bersorak bagi Tuhan dengan segenap hati. Amin.

Aktivitas kelas:

  • Mewarnai
  • Teka-teki silang
  • Mencocokkan puzzle
  • Mencocokkan Quis
  • Puzzle berupa kata-kata
  • Buletin pujian (berupa Dokumen atau PDF)
Diterjemahkan dari:
Nama situs : Sermon4kids
Alamat URL : http://www.sermons4kids.com/soli-deo-gloria.html
Judul asli artikel : Soli Deo Gloria
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Penerjemah : Jing-Jing
Tanggal akses : 15 September 2016

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK