Tidak terasa kita sudah berada pada minggu terakhir bulan Juni ini. Pada minggu-minggu sebelumnya kita sudah membahas mengenai panggung boneka, musik, drama, dan permainan. Edisi e-BinaAnak kali ini membahas mengenai mengajar sekolah minggu dengan perlombaan. Perlombaan membuat anak layan Anda terlibat untuk aktif dan tanggap dengan situasi di sekitarnya. Melalui perlombaan, anak-anak juga dapat belajar untuk saling bekerja sama, bergembira, dan memupuk sportivitas.
Sekolah minggu dapat menjadi tempat
Apakah Saudara ingin sekolah minggu Saudara berkembang? Ada bermacam-macam metode mengajar kreatif yang dapat mendorong perkembangan sekolah minggu. Salah satu teknik yang paling efektif adalah perlombaan.
Seorang guru sekolah minggu bercerita tentang perlombaan yang diadakan di dalam kelasnya. Setiap anak layan yang hadir diberikan sebuah gambar lokomotif yang dibuat dari karton manila. Secarik pita yang panjang terulur dari bagian belakang lokomotif itu. Tiap Minggu sesudah itu ditambahkan sebuah
Bermain dan belajar! Anak-anak sering tidak menyadari nilai atau pelajaran dari sebuah permainan atau perlombaan. Akan tetapi, mereka sangat antusias berpartisipasi karena mereka menikmati sebuah permainan. Permainan seputar Alkitab merupakan alat yang sangat berguna untuk mengajak anak-anak menemukan, menggunakan, dan menghafalkan kebenaran ayat-ayat Alkitab dengan cara yang menyenangkan.
Contoh:
guru sekolah minggu dapat memakai permainan mencocokkan kata-kata dalam Alkitab dengan definisinya.
http://ministry-to-children.com/kids-sunday-school-games
Biasanya, anak-anak sekolah minggu menanti-nantikan acara permainan dalam sekolah minggu. Acara permainan dapat sederhana dan pendek, namun tetap menyenangkan. Banyak guru yang menggunakan permainan sebagai cara agar anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan belajar Alkitab. Apakah Anda kesulitan mencari ide untuk sesi permainan dalam kegiatan belajar di sekolah minggu Anda?
Halaman Kids Sunday School Games dalam situs Ministry-To-Children.com
MERANGKAI GERBONG
Peralatan: tidak ada.
Jumlah pemain: beberapa regu.
Waktu: 3 -- 5 menit.
Tujuan: memupuk dan menjalin kerja sama,
memupuk sportivitas, dan
untuk diperlombakan.
Semua regu berbaris di satu sisi ruangan, dengan ketua regunya berdiri sejauh 6 meter di depan yang lain dan semuanya menghadap ke jurusan yang sama. Ketua regu ini adalah "lokomotif"nya dan yang lain adalah "gerbong"nya. Setelah permainan dimulai, "lokomotif" ini harus mundur sampai ke "gerbong" pertama dari regunya.
Temannya