Disiplin Beribadah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 738 - Ibadah Sekolah Minggu (I)

Rencana pelajaran yang singkat ini adalah untuk memperkenalkan kepada anak konsep beribadah sebagai bentuk disiplin rohani. Pelajaran ini didesain untuk anak-anak dalam kelompok kecil, tetapi bisa juga diadaptasi untuk kelompok yang lebih besar.

Topik: Cara-cara untuk beribadah kepada Allah.
Ayat Alkitab: Mazmur 100:2
Target usia: Kelas 1 -- 5 SD

Persiapan:
Sebelum kelas dimulai, cetaklah atau tulis beberapa cara untuk beribadah kepada Allah dalam selembar kertas. Misalnya: bernyanyi, membaca Alkitabmu, berdoa, bertepuk tangan, menari, beribadah sendiri dengan Tuhan, beribadah bersama di gereja, dan sebagainya.

Pendahuluan:
Mulailah pelajaran dengan membaca ayat kunci bersama anak-anak.

Jelaskan:
Berikan definisi dari arti kata "ibadah". Guru dapat melihat dalam kamus < http://kamus.sabda.org > atau dalam artikel dalam edisi ini. Beribadah kepada Allah adalah untuk menyatakan kemuliaan dan hormat kepada Allah.

Berbicara tentang ibadah:
Allah memanggil kita untuk melakukan ibadah secara pribadi maupun bersama-sama umat percaya lainnya. Dalam ibadah tersebut, kita membaca Alkitab, berdoa, bernyanyi, dan berkhotbah (mendengarkan khotbah). Inti dari beribadah adalah hati kita disiapkan untuk memuliakan dan menghormati Allah dalam setiap perbuatan kita. Kita harus melihat setiap kesempatan yang ada dalam hidup kita untuk beribadah kepada Allah. Ibadah tidak hanya di dalam gereja setiap hari Minggu, ibadah dapat dilakukan di mana saja, bahkan ketika kita di rumah atau sekolah. Kita dapat menyembah Allah dengan memuji Dia lewat pujian. Kita juga dapat berdoa, mengucap syukur atas sinar matahari yang diberikan-Nya. Beribadah kepada Allah adalah tentang menyatakan cinta kepada Allah.

Aktivitas:
Minta anak-anak untuk mengulang kembali cara-cara untuk beribadah kepada Allah. Tempelkan di papan tulis, lembaran kertas dari setiap kata yang sudah Anda cetak atau tulis ketika anak menyebutkan kata yang sama. Tolong anak untuk mengulang kembali cara-cara untuk beribadah kepada Allah. Lakukan praktik beribadah dengan membaca Kitab Suci, berdoa, dan memuji Tuhan bersama. (t/Davida)

Diambil dari:

Nama situs : Ministry-To-Children
Alamat URL : http://ministry-to-children.com/discipline-of-worship/
Judul asli artikel : The Spiritual Discipline of Worship
Penulis artikel : Brandy Riddle
Tanggal akses : 12 September 2016

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK