Bersiap-Siap untuk Natal


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 720 - Natal (I)

Tema: Adven, Persiapan

Bacaan Alkitab:

Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan:

"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya."
(Matius 3:1-3)

Persiapan:

Ajak seorang jemaat dewasa yang sudah dikenal dengan baik di gereja Anda untuk membacakan pesan ini bersama-sama dengan Anda. Buatlah salinan dari pesan ini dan minta orang tersebut untuk mengingat bagian dari dialog "pemeran pendukung" tersebut. Anda akan membutuhkan sebuah alat penyedot debu.

Pesan:

Ini adalah masa Adven, hanya tinggal beberapa (atau sebutkan sesuai dengan jumlah hari sebenarnya) hari lagi sebelum Natal. Ada begitu banyak hal untuk dilakukan. Kita harus segera bersiap-siap untuk menyambut Natal dan kedatangan Yesus. Bagaimana kamu dan keluargamu mempersiapkan Natal? (Saat anak-anak menanggapi hal tersebut, pemeran pendukung Anda akan menyalakan alat penyedot debu dan mulai membersihkan debu di sepanjang lorong).

Anda: Apa yang sedang Anda lakukan?

Pemeran pendukung: Saya sedang menyiapkan gereja ini untuk menyambut Natal.

Anda: Apa maksud Anda?

Pemeran pendukung: Bacalah di Matius 3:1-3. Itu adalah alasannya.

Anda: Baiklah. Mari kita membaca apa yang dikatakan oleh kitab Matius. (Bacalah teksnya.)

Pemeran pendukung: Benar bukan? Saya sedang menyiapkan tempat ini untuk Raja yang akan datang! Kita harus membersihkan tempat ini.

Anda: Sekarang? Kami sedang melakukan ibadah. Anda tidak boleh membersihkan debu selama ibadah gereja.

Pemeran pendukung: Akan tetapi, Anda tidak boleh membiarkan ada debu atau kotoran ketika Sang Raja datang! Kita harus menggunakan setiap menit dalam masa Adven untuk mempersiapkan Natal!

Anda: Ketika Alkitab berkata, "Persiapkan jalan bagi Tuhan," itu bukan berbicara tentang gedung gereja kita. Ayat itu berbicara tentang diri kita. Kita perlu mempersiapkan diri untuk kedatangan Yesus.

Pemeran pendukung: Jadi, saya tidak perlu membersihkan debu di gereja?

Anda: Tidak sekarang. Kita datang ke gereja untuk mendengarkan firman Tuhan. Hal itu merupakan hal yang akan membantu kita untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan Yesus. Membersihkan debu adalah hal yang baik, tetapi menyiapkan jalan bagi Tuhan terjadi di dalam sini (tunjukkan hati Anda) sebelum hal itu terjadi.

Pemeran pendukung: Oh, saya mengerti. Kalau begitu, saya akan menyingkirkan alat pembersih debu ini dan kembali ke tempat ini sehingga saya dapat mempersiapkan diri untuk menyambut Natal dengan mendengarkan apa yang harus Anda katakan mengenai Yesus.

Anda: Bagus! Sekarang, mari kita kembali ke tempat duduk masing-masing dan dengarkan bagaimana kita dapat menyiapkan diri untuk menyambut Natal. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Judul buku : 5 Minutes Messages for Children
Judul asli artikel : Getting Ready for Christmas
Penulis : Donald Hinchey
Halaman : 86 -- 87

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK