Permainan tidak selalu harus dilakukan dengan banyak gerakan badan
seperti berlari, menari, beryanyi, tetapi ternyata banyak juga
permainan yang dapat digunakan dengan cara menulis, seperti beberapa
contoh permainan tertulis di bawah ini.
ANEKA PERMAINAN DAN AKTIVITAS TERTULIS
1. Museum Alkitab
Kumpulkan sebanyak mungkin benda-benda atau gambar-gambar yang
mengingatkan kembali kepada peristiwa-perstiwa tertentu dalam
Alkitab. Letakkan semuanya itu di atas meja dan minta para ASM
menuliskan jawaban mereka di atas secarik kertas. Misalnya
setumpuk kecil lumpur mengingatkan kepada penyembuhan seorang
buta oleh Yesus. Bulir-bulir gandum mengingatkan kepada murid
yang memetik gandum pada hari sabat. Kendi mengingatkan kita
kepada wanita Samaria di sumur. Demikian seterusnya. Dalam
beberapa hal sesuatu benda dapat mengingatkan kepada beberapa
kejadian. Kalau itu terjadi, jawabannya masih tepat.
2. Sajak Alkitab
Minta setiap ASM menulis sajak dua baris yang berhubungan dengan
tokoh Alkitab. Bagi setiap jawaban yang tepat diberi angka.
Contohnya adalah sebagai berikut:
Dialah dokter ulung itu
Yang menulis dalam Alkitab dua buku.
Jawaban: Lukas
3. Mencari Kata Alkitab
Pilihlah kata apa saja dari Alkitab, misalnya benda-benda yang
banyak ditemukan, atau kota seperti Betlehem. Mintalah setiap ASM
memegang kertas dan pensil masing-masing. Suruhlah mereka
menuliskan kata-kata yang Anda pilih itu secara vertikal (huruf-
huruf disusun dari dari atas ke bawah). Kemudian mintalah mereka
menuliskan nama-nama kota, orang, hewan, dan benda-benda dari
Alkitab. Mereka harus memakai huruf-huruf dari kata yang Anda
pilih tadi menjadi huruf pertama dari setiap kata yang mereka
cantumkan. ASM harus memilih nama-nama yang tidak dipilih oleh
orang lain. Masing-masing menyembunyikan kertasnya supaya tidak
dicontek ASM lain.
Sesudah waktu yang ditentukan habis, kumpulkan kertas mereka dan
bacalah hasilnya. Kalau ASM menuliskan nama-nama dengan benar,
dan tidak terdapat nama yang sama dalam kertasnya, maka tiap kata
mendapat angka 10. Kalau ada dua nama yang sama, kata-kata yang
sama itu masing-masing bernilai lima. Kalau ada lebih dari tiga
kata yang sama, maka kata yang sama itu tidak diberi angka sama
sekali. ASM yang mendapat angka tertinggi dinyatakan sebagai
pemenang.
4. Ayat Kelahiran
Mintalah setiap ASM menyusun huruf-huruf dalam namanya di kertas.
Kemudian minta mereka menuliskan sebuah ayat Alkitab secara
lengkap, yang huruf permulaannya sama dengan huruf-huruf tadi.
Kemudian, dari beberapa ayat yang telah mereka temukan, mintalah
setiap orang memutuskan ayat mana yang ia ingin ambil menjadi
ayat kencana ulang tahunnya, sebagaimana anak-anak Yahudi memilih
ayat kencana di ulang tahun mereka.
5. Surat Buat Yesus
Anak diminta membuat surat untuk Yesus, dapat berisi apa saja
"ungkapan" hati anak, surat tidak perlu dikumpulkan. Surat dapat
disimpan anak untuk kenang-kenangan, untuk "mengingatkan" anak
tersebut akan "janji-keputusan" atau ungkapan batin yang telah
mereka tulis.
6. Surat untuk Orang Lain
Minta anak untuk membuat surat ucapan ikut "prihatin" atas suatu
musibah "bencana alam" (misalnya) atau surat untuk anak-anak
yatim piatu. Surat-surat tersebut dapat diposkan dengan
dikoordinasikan oleh guru.