Memanfaatkan Internet untuk Pelayanan Anak


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kemajuan teknologi Internet, yang sering dikeluhkan bakal membawa dampak yang negatif dan berbahaya bagi anak-anak, sebenarnya dapat pula kita manfaatkan untuk membawa kebaikan bagi anak.

Sebagai seorang guru Sekolah Minggu atau aktivis pelayanan anak, kemampuan kita "memanfaatkan" dan "menggunakan" Internet sebenarnya dapat menjadi nilai plus dalam usaha memajukan dan mengembangkan pelayanan anak. Beberapa hal yang dapat kita lakukan misalnya:

1. Memperlengkapi diri dengan berbagai materi dan teknik mengajar untuk pelayanan Sekolah Minggu.

Ada banyak Situs, baik yang berbahasa Indonesia maupun asing, yang menyediakan ratusan bahkan ribuan materi siap pakai. Silakan anda meluangkan waktu untuk surfing ke beberapa tempat di bawah ini:

 SEKOLAH MINGGU
==> http://www.sekolahminggu.org/
Situs yang masih dalam taraf pengembangan dan pembangunan ini khusus berbicara tentang Pelayanan Sekolah Minggu. Situs ini menyediakan beberapa Ruang, antara lain Tips Mengajar Sekolah Minggu, Diskusi Pertanyaan dan Pustaka (Pusat informasi buku, CD, atau Kaset Rohani anak-anak).

 PANTEKOSTA-NET - CERITA UNTUK ANAK
==> http://www.crosswinds.net/~pantekostanet/cerita/cerita.htm
==> http://gpdi.cjb.net/cerita/cerita.htm
Halaman "Cerita" dalam Situs Pantekosta-Net ini berisi sekumpulan cerita menarik bagi anak-anak Sekolah Minggu yang diambil dari beberapa sumber (Situs) berbahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

 MEBIG INDONESIA
==> http://www.geocities.com/sudi_ariyanto/MEBIG_Indonesia.html
MEBIG melakukan pelayanan sesuai dengan dunia anak-anak (metode permainan, kuis, hadiah, dsb.) dan dengan program Penginjilan, Pertumbuhan dan Penyerahan Diri.

 FUN 4 SUSIE'S KIDS
==> http://www.fun4susieskids.com/
Situs ini memuat perlengkapan dan bahan untuk mengajar, permainan, cerita Alkitab, buku aktivitas anak, dan ide-ide menarik setiap bulannya.

 SPARKLES AND FRIENDS
==> http://www.ilovejesus.com/myhome/sparkles/
Sebagian besar isi Situs berbahasa Inggris ini adalah cerita anak-anak, baik cerita tentang Yesus maupun cerita-cerita lainnya.

 LIGHT UP A TEACHER'S LIFE AT RADIANT LIFE ONLINE
==> http://radiantlife.org/
Situs ini merupakan perpustakaan yang berisi bahan-bahan pengajaran untuk menolong para pemimpin dan guru Sekolah Minggu (SM), baik SM untuk anak-anak ataupun SM untuk dewasa.

2. Memperoleh informasi mengenai Pelayanan Anak yang dikerjakan oleh berbagai aliran gereja maupun organisasi Kristen.

 CHILDREN BIBLE HOURS (CBH)
==> http://www.gospelcom.net/cbh/
Situs ini merupakan media informasi tentang CBH dan pelayanannya. Target dari pelayanan CBH ini adalah anak-anak, keluarga, gereja atau kelompok lain yang rindu belajar Firman Tuhan dan prinsip- prinsip Alkitab.

 CHILDREN EVANGELISM FELLOWSHIP (CEF)
==> http://www.gospelcom.net/cef/
Situs CEF ini memiliki misi mengabarkan Kristus kepada anak-anak.

 KIDS 33
==> http://www.kids33.co.id/keliling.htm
==> http://www.kids33.co.id/kids_33.htm
Situs Kids 33 adalah Situs yang mengkhususkan diri pada pelayanan media rohani anak. Adapun tujuannya adalah untuk menjadi berkat bagi anak-anak dan remaja di Indonesia.

3. Membaca berbagai informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam melayani anak

 EUNIKE
==> http://www.geocities.com/~eunike-net/
Melalui Situs ini anda dapat memperoleh informasi, saran, serta hasil diskusi dari berbagai topik mengenai masalah keluarga dan cara praktis mendidik anak. Situs ini merupakan arsip dari buletin Eunike.

 CHRISTIAN ANSWERS NET
==> http://www.christiananswers.net/indonesian/
==> http://www.christiananswers.net/kids/
Situs ini memuat berbagai kemungkinan mengenai pertanyaan seorang anak dan bagaimana kita dapat menjawab pertanyaan tersebut.

4. Terlibat dalam forum diskusi mengenai Pelayanan Anak

 Milis Diskusi e-BinaGuru
==> subscribe-i-kan-binaguru@xc.org
YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) bekerja sama dengan Sistem I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network) sejak September 2000 lalu telah membuka sebuah wadah bagi para Guru Sekolah Minggu dan Aktivis Pelayanan Anak untuk dapat saling berbagi ide, program dan pengalaman dalam dunia Pelayanan Anak. Untuk bergabung, anda dapat mengirimkan mail kosong ke: subscribe-i-kan-binaguru@xc.org

5. Menyediakan wadah (milis) bagi para anak Sekolah Minggu

Bila kebetulan anda melayani di kota besar, dimana ada banyak anak Sekolah Minggu sudah memiliki akses ke Internet, tidak ada salahnya anda memulai suatu bentuk layanan baru bagi anak-anak tsb. Ajaklah mereka bergabung dalam milis yang anda kelola bersama beberapa rekan guru Sekolah Minggu, materi yang diangkat bisa berupa belajar Alkitab bersama, kuis dan permainan, atau membahas pertanyaan yang diajukan anak.

6. Lain-lain

Sekiranya para pembaca mempunyai ide/masukan lain, mohon untuk dapat mengirimkannya pada Staf Redaksi e-BinaAnak:
Meilania submit-BinaAnak@sabda.org atau
owner-i-kan-BinaAnak@xc.org

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Tahun Edisi: 
2000
Nomor Edisi: 
82

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Komentar