Napas Tuhan

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat peraga : Sebotol gelembung
Ayat Alkitab: Kejadian 2:7
Tema : Nafas Tuhan ada di dalam kita

Apakah kamu suka meniup gelembung? (Tiuplah beberapa gelembung sabun, kemudian beri kesempatan kepada anak-anak untuk menikmati gelembung-gelembung yang beterbangan itu.)

Bermain gelembung sabun merupakan sesuatu yang amat menyenangkan. Saya pikir, setiap orang pasti suka gelembung. Kita suka tersenyum saat melihat orang meniup gelembung-gelembung sabun dan melihat gelembung-gelembung itu melayang-layang di udara.

Ada beberapa cara meniup gelembung. Yang pertama, tiuplah gelembung dengan perlahan-lahan, perhatikan gelembung itu lepas dari kawatnya, lalu melayang. Cara kedua adalah meniup gelembung dari permen karet. Pernahkah kamu minum dengan sedotan? Kamu dapat meniupkan udara melalui sedotan itu dan melihat ada gelembung-gelembung muncul dalam air minumanmu.

Semua cara meniup gelembung itu ada kesamaannya. Semua ditiup dengan napas kita. Semua gelembung dibuat orang dengan napas yang ditiupkan ke dalamnya.

Cerita Alkitab yang kita dengar hari ini adalah tentang Tuhan yang membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan napas hidup ke dalamnya, sehingga manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Tuhan memberi manusia itu napas hidup.

Kita semua punya napas Tuhan di dalam kita. Cara Tuhan meniupkan napas hidup ke dalam kita, tidak sama dengan ketika Dia meniupkan napas hidup itu ke dalam manusia pertama, tetapi Tuhan memberi kita hidup dan hidup itu adalah bagian dari napas Tuhan.

Tuhan tidak bernapas seperti kita. Tetapi, Tuhan memberi napas hidup yang artinya adalah Tuhan memberi kita hidup dan Dia ingin sekali agar kita semakin besar. Pada saat kita belajar cerita-cerita Alkitab, mendengarkan firman Tuhan di sekolah minggu dan kebaktian gereja kita, artinya kita memelihara napas Tuhan agar tetap hidup di dalam kita. Bukan saja badan Anda yang bertambah besar, tetapi rohani Anda juga dapat bertumbuh jika Anda selalu merenungkan dan belajar firman Tuhan.

Doa: Ya Tuhan, terima kasih atas napas hidup-Mu. Tolong kami untuk
terus bertumbuh. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
23 -- 24
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam