Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yesus adalah Firman


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bacaan: Yohanes 1:1

Ada banyak gambaran yang dipakai dalam Alkitab untuk menggambarkan Yesus. Ia sendiri menggunakan beberapa diantaranya: pintu, gembala yang baik, air dan roti hidup, jalan, kebenaran, dan hidup. Namun, sebagaimana rasul Yohanes menggambarkan-Nya sebagai Firman pada bagian awal Injilnya, ia menggambarkan keberadaan Yesus sebelum segala sesuatu diciptakan.

Ini merupakan bagian Alkitab yang penting untuk memahami hubungan sang Anak dengan Bapa; dan memahami otoritas yang dipegang-Nya sejak semula. Itu juga yang membuat kedatangan Yesus ke dunia dalam rupa manusia menjadi lebih bermakna.

Kegiatan

Mulailah dengan membaca paragraf berikut dari Yohanes pasal 1: "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya... Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran."

Diskusi

  1. Ia menyingkapkan kebenaran - Firman (perkataan) ada untuk memberitahukan kebenaran.

  2. Ia menunjukkan pribadi Allah - melalui perkataan dan perbuatan-Nya di bumi, Yesus menyingkapkan sifat dan tujuan Allah dalam diri kita dengan cara yang paling jelas, karena Dialah Allah.

  3. Pada mulanya Allah berfirman, dan jadilah ciptaan-Nya. Yesus adalah "Firman", melalui Dia segalanya diciptakan, dan oleh Dia, ciptaan itu dipelihara.

Ayat Emas

Ibrani 1:3 ==> "Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan Firman-Nya yang penuh kekuasaan."

Engkau sepenuhnya memperlihatkan Bapa kepada kami, dengan begitu indahnya

Mazmur 19:2-3 ==> "Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam."

Ciptaan juga diberikan suara; mereka memberikan kesaksian tentang Dia yang menciptakan mereka; tentang kemuliaan, kebesaran, pemeliharaan, kekekalan, dan kuasa-Mu.

Refleksi

Dalam bukunya The Cross and The Switchblade, David Wilkerson menceritakan suatu saat ketika Nicky Cruz mengancam akan memotong tubuhnya menjadi seribu potongan, respons David adalah: "Dan setiap potongan akan berkata, Aku mengasihimu". Ini adalah pesan yang kuat dalam firman Allah di atas salib, yang telah berbicara selama berabad-abad kepada setiap pria, wanita dan anak-anak di dunia. Yesus adalah pesan kasih Allah.

Penerapan

Perkataan memunyai kuasa. Kadangkala kita teringat pada hal-hal yang pernah kita ucapkan ketika kita masih kecil, kata-kata yang turut membentuk kehidupan kita. Kadang-kadang perkataan itu bersifat negatif, dan membelenggu kita: "Kau tidak akan pernah berhasil dalam hal apa pun...kau begitu tolol...aku benci padamu..."

Yesus datang untuk membebaskan kita dari segala tipuan dan dakwaan si jahat, kapan pun dan bagaimanapun caranya semua itu diucapkan kepada kita. Sebagai firman Allah, Yesus telah mengalahkan musuh. Kita dapat mengalami kebebasan dan kesembuhan dari luka yang mungkin ditimbulkan oleh perkataan-perkataan tersebut.

Jika ada di antara anggota kelompok Anda yang merasa perlu didoakan dalam hal ini, sebaiknya anda mengatur waktunya pada kesempatan lain, yang memungkinkan untuk dilakukan konseling khusus.

Diambil dari:

Judul buku : Pujilah Tuhan Hai Jiwaku!
Judul bab : Yesus
Judul asli artikel : Yesus adalah Firman
Penulis : Stuart Townet dan Morgan Lewis
Penerbit : Yogyakarta: ANDI, 2006
Halaman : 73 -- 76

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar