Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yang Kecil Dapat Menjadi Besar


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

"Tapi, kunci itu kekecilan!" kata Mira kepada ayahnya. Ayah sedang memerlihatkan kepada Mira sebuah kunci yang sangat kecil, yang digantungkan pada sebuah rantai.

"Yang kecil kadang-kadang dapat menjadi besar," jawab Ayah. "Mengapa kita tidak membuat sebuah permainan tebak-tebakan mengenai kunci ini. Hal-hal penting apakah yang dapat dilakukan oleh kunci ini? Ada tiga hal yang harus kamu tebak, Mira."

Renungan Singkat Tentang Benda-Benda yang Kecil

  1. Maukah kamu menebaknya bersama-sama Mira? Sebutkan tiga hal penting yang dapat dilakukan oleh kunci ini!

  2. Coba pikirkan tiga benda yang sangat kecil. Menurut kamu, apakah ketiga benda itu sangat penting? Yang mana yang penting? Apakah yang dapat dilakukannya? Mengapa hal itu penting sekali?

"Coba sebutkan ketiga tebakanmu itu?" tanya Ayah kepada Mira.

"Kunci itu dapat dipakai untuk membuka pintu mobil kita," kata Mira.

"Atau kunci itu dapat dipakai untuk memutar sebuah jam."

"Bagus," kata ayah. "Dua tebakan yang tepat sekali. Kedua tebakan itu penting, tetapi keduanya tidak menunjukkan apa yang dapat dilakukan kunci ini. Coba tebak satu lagi."

"Kunci itu dapat membuka lemari pakaian Ayah," kata Mira.

"Tebakan yang tepat," kata ayah. "Tapi, kunci ini dapat melakukan sesuatu yang lain lagi."

Ayah mengeluarkan sebuah kotak mungil yang indah dari dalam lemarinya. Ia memasukkan kunci itu ke bagian bawah kotak tersebut dan memutarnya. Kemudian, ia membuka tutup kotak itu dan kotak itu pun mulai mengalunkan sebuah lagu.

"Indah sekali!" kata Mira. "Tanpa kunci ini, kotak itu tidak dapat mengalunkan sebuah lagu, bukan?"

"Tidak, tidak dapat," kata ayah. "Kadang-kadang kita merasa bahwa kita tidak penting karena kita kecil, atau karena kita tidak terkenal, atau karena kita tidak kaya. Tapi, Allah dapat melakukan sesuatu yang indah dengan diri kita, seperti halnya yang dapat kita lakukan dengan kunci ini."

"Dapatkah Allah melakukan hal-hal yang baik melalui seorang gadis kecil seperti saya ini?" tanya Mira.

"Ya, dapat," kata ayah. "Mengapa kita tidak membuat sebuah daftar tentang hal-hal baik itu sekarang juga?"

Renungan Singkat Tentang Allah dan Kamu

  1. Menurut kamu, hal-hal apa sajakah yang akan dicantumkan ayah dan Mira dalam daftar mereka? Hal-hal baik apakah yang dapat kamu lakukan bagi Allah?

  2. Buatlah sebuah daftar seperti yang dibuat ayah dan Mira. Mintalah ayah serta ibumu menolongmu. Gantungkanlah daftar itu di kamarmu. Mintalah agar Allah menolongmu untuk melakukan satu hal dari daftar itu setiap hari.

Bacaan Alkitab: Matius 13:31,32

Kebenaran Alkitab:
Sebuah benih yang sangat kecil sekalipun dapat menjadi sebuah pohon yang sangat besar. Dan seorang yang sangat kecil sekalipun dapat menjadi seorang yang sangat penting (Matius 13:32).

Doa:
Ya, Tuhan Yesus, kadang-kadang saya tampak begitu kecil dan Engkau begitu besar. Ingatkanlah saya agar menjadi seperti biji sesawi itu dan melakukan sesuatu yang besar bagi-Mu. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar