Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tahap-Tahap untuk Mengajar tentang Ezra


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 743 - Tokoh Ezra (II)

Dirangkum oleh: Davida

1. Pelajari latar belakang kitab Ezra.

Kitab Ezra adalah bagian dari sejarah yang berkesinambungan dari orang Yahudi yang ditulis setelah masa pembuangan, terdiri atas 1 dan 2 Tawarikh, Ezra, dan Nehemia. Dalam PL Ibrani, Ezra dan Nehemia semulanya satu kitab sebagaimana halnya 1 dan 2 Tawarikh. Pada umumnya, para ahli Alkitab beranggapan bahwa sejarah yang disajikan dalam kitab-kitab ini pertama-tama merupakan karya yang terilham dari seorang pengarang pada masa pascapembuangan. Sekalipun penulisnya tidak pernah disebutkan dalam Alkitab, tetapi hampir semua sumber Yahudi dan Kristen, serta juga banyak ahli modern, percaya bahwa pengarangnya adalah Ezra, imam dan ahli Taurat itu. Silakan simak selengkapnya tentang latar belakang kitab Ezra dalam Pendahuluan Ezra. (Lihat pendahuluan kitab Ezra dalam Situs Alkitab SABDA: Pendahuluan kitab Ezra)

Kitab Ezra

2. Temukan dan ajak anak-anak untuk mencari peran utama Ezra dalam Alkitab.

  1. Ezra berfokus pada pembangunan Bait Allah. Ezra menulis kitab yang merupakan referensi untuk kitab-kitab nabi lainnya, yaitu Nehemia, Hagai, dan Zakaria, yang pesannya mendorong orang-orang untuk menyelesaikan pembangunan Bait Allah (Ezra 5:1).
  2. Ezra mengembalikan perhatian bangsa Israel terhadap sejarah perjanjian mereka dengan Allah. Allah telah membuat janji-janji kepada Israel melalui Musa:

    • Jika orang-orang taat kepada-Nya, mereka akan menikmati tanah yang baik dan makmur.
    • Jika orang-orang tidak menaati-Nya, mereka akan menghadapi hukuman dan pengasingan.

    Ezra menunjukkan kepada kita melalui tulisannya bahwa Tuhan menepati janji itu.

  3. Secara tradisi, Ezra juga dikreditkan sebagai penulis kitab 1 dan 2 Tawarikh. Jika ini benar, Ezra adalah penulis paling produktif kedua dari Alkitab (setelah Musa).

3. Susunlah garis besar kitab Ezra.

Membangun Bait Allah

Tujuannya adalah selain kita dapat mengajarkannya secara keseluruhan tentang Ezra, anak-anak juga dapat lebih mudah melihat gambar besar dari kisah Ezra. Bukan sekadar belajar tentang tokohnya, tetapi yang terutama belajar tentang Allah dan kehendak-Nya melalui Ezra dan kehidupan bangsa Israel saat ini. Kita dapat melihat berbagai referensi garis besar Ezra dalam tulisan-tulisan berikut ini:

  1. Garis besar Ezra
  2. Teaching Outline for The Book of Ezra
  3. Ezra: Israel Returns to Her Foundations

4. Buatlah rencana untuk mempelajari kitab-kitab lainnya.

Setelah kita mengajarkan tentang Ezra, buatlah rencana untuk mempelajari kitab-kitab lain yang berhubungan dengan kitab Ezra, yaitu Nehemia, 1 dan 2 Tawarikh, Hagai, dan Zakaria.

Dirangkum dari:



Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar