Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Setiap Orang Menjadi Pemenang dalam Permainan ini


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bermain dan belajar! Sering kali, anak-anak tidak memerhatikan nilai pembelajaran yang didapatkan secara langsung dalam suatu permainan, namun anak-anak tetap bersemangat dalam mengikuti permainan karena mereka menikmati permainan itu. Permainan yang berkaitan dengan Alkitab merupakan alat yang sangat membantu untuk melibatkan anak-anak ke dalam suatu cara yang menyenangkan untuk menemukan, menggunakan, dan mengingat kebenaran-kebenaran dan ayat-ayat Alkitab. Contoh: Memadankan kata-kata dalam

Bermain dan belajar! Sering kali, anak-anak tidak memerhatikan nilai pembelajaran yang didapatkan secara langsung dalam suatu permainan, namun anak-anak tetap bersemangat dalam mengikuti permainan karena mereka menikmati permainan itu. Permainan yang berkaitan dengan Alkitab merupakan alat yang sangat membantu untuk melibatkan anak-anak ke dalam suatu cara yang menyenangkan untuk menemukan, menggunakan, dan mengingat kebenaran-kebenaran dan ayat-ayat Alkitab.

Contoh:

  1. Memadankan kata-kata dalam Alkitab dengan artinya bisa memberi kesempatan bagi para guru untuk menanyakan kepada anak-anak, kapan mereka boleh menunjukkan kualitas kata yang mereka maksud.
  2. Permainan "20 Pertanyaan" (murid-murid memberikan pertanyaan yang jawabannya ya atau tidak) tentang tokoh-tokoh Alkitab bisa membawa anak-anak untuk memikirkan berbagai tindakan atau kualitas dari masing-masing tokoh.
  3. "Puzzle" ayat-ayat Alkitab memberi kesempatan yang berulang kali untuk melihat kembali arti dan penerapan ayat tersebut.

Manfaat Permainan Alkitab

Melalui permainan Alkitab, anak bisa belajar:

  1. mendapatkan informasi baru;
  2. melihat kembali kebenaran-kebenaran Alkitab;
  3. membangun kemampuan dalam menggunakan Alkitab dan mencari bahan-bahan;
  4. meningkatkan keterampilan melalui latihan;
  5. menerapkan kebenaran Alkitab;
  6. menghafal ayat; dan
  7. meningkatkan keterampilan mereka dalam berinteraksi di suatu kelompok (bergantian, adil, dan jujur).

Tips untuk Memimpin Permainan

  1. Jelaskan peraturannya dengan jelas dan sederhana. Sangat menolong bila peraturan permainan itu ditulis. Pastikan Anda menjelaskan peraturan itu secara bertahap.

  2. Ajaklah untuk "latihan" dulu. Bila permainan baru pertama kali dilakukan bersama murid-murid Anda, berlatihlah dulu. Cara terbaik bagi anak-anak untuk mempelajari peraturan adalah dengan benar-benar memainkan permainannya.

  3. Pilihlah permainan yang sesuai dengan tingkat keterampilan murid-murid Anda. Bila Anda tahu bahwa beberapa anak di kelas Anda tidak dapat membaca atau menulis sebaik anak-anak yang lainnya, hindari permainan yang keberhasilannya sangat bergantung pada kemapuan membaca dan menulis. Saat melakukan permainan, di mana murid-murid harus menjawab pertanyaan-pertanyaan, sarankan agar mereka yang mendapat giliran bisa menjawab pertanyaan atau meminta bantuan salah satu anggota timnya untuk menjawab pertanyaan.

  4. Variasikan proses dalam membentuk tim. Biarkan anak-anak membentuk kelompok sendiri dengan 3 atau 4 anggota di masing-masing kelompok. Mainkan permainan secara bersama-sama. Kemudian umumkan bahwa setiap anak dalam tim itu yang memakai sesuatu yang paling menyolok, harus pindah ke tim lain. Kemudian mainkan lagi. Saat Anda mengulang proses rotasi ini, variasikan metode rotasinya sehingga anak-anak selalu bermain dengan teman yang berbeda. (t/Ratri)

  5. Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

    Sumber
    Judul Artikel: 
    Everyone`s a Winner in These Games
    Judul Buku: 
    Sunday School Smart Pages
    Pengarang: 
    Wes dan Sheryl Haystead
    Halaman: 
    117
    Penerbit: 
    Gospel Light
    Kota: 
    Ventura
    Tahun: 
    1992

Komentar