Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Semuanya Adalah Pemenang


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bermain dan belajar! Anak-anak sering tidak menyadari nilai atau pelajaran dari sebuah permainan atau perlombaan. Akan tetapi, mereka sangat antusias berpartisipasi karena mereka menikmati sebuah permainan. Permainan seputar Alkitab merupakan alat yang sangat berguna untuk mengajak anak-anak menemukan, menggunakan, dan menghafalkan kebenaran ayat-ayat Alkitab dengan cara yang menyenangkan.

Contoh:

  1. guru sekolah minggu dapat memakai permainan mencocokkan kata-kata dalam Alkitab dengan definisinya. Permainan ini memberikan guru kesempatan untuk meminta kepada anak-anak agar menceritakan pengalaman-pengalaman mereka ketika melakukan atau tidak melakukan makna dari kata-kata tersebut;

  2. guru sekolah minggu dapat menerapkan permainan "20 Pertanyaan" tentang karakter-karakter Alkitab (murid menanyakan pertanyaan yang dijawab dengan "ya" atau "tidak" [oleh guru yang memberikan soal]). Permainan ini dapat membantu anak-anak memikirkan beragam tindakan atau kualitas dari setiap karakter;

  3. guru sekolah minggu juga dapat menerapkan teka-teki Alkitab. Permainan ini memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk membahas arti dan aplikasi dari ayat-ayat tersebut.

Dengan melakukan permainan Alkitab, anak dapat:

  1. menemukan informasi baru;
  2. membahas kebenaran Alkitab;
  3. meningkatkan keahlian untuk menggunakan Alkitab dan bahan-bahan penelitian atau pendalaman Alkitab;
  4. menerapkan kebenaran Alkitab;
  5. menghafalkan ayat-ayat Alkitab;
  6. meningkatkan keahlian anak untuk berinteraksi dalam suasana kelompok (bergiliran, bersikap adil, dan jujur).

Tip-Tip Untuk Memimpin Permainan/Perlombaan

  • 1. Jelaskanlah peraturannya dengan jelas dan mudah dimengerti.

  • Anda akan sangat tertolong jika Anda menuliskan peraturannya. Pastikanlah Anda menjelaskan peraturan-peraturan tersebut langkah demi langkah.

  • 2. Berikanlah "babak pemanasan".

  • Saat kelas Anda bermain suatu permainan untuk pertama kalinya, mainkanlah permainan tersebut beberapa kali hanya untuk pemanasan. Anak-anak akan mempelajari peraturan-peraturan tersebut secara maksimal ketika memainkan permainan tersebut.

  • 3. Pilihlah permainan-permainan yang sesuai dengan tingkat kemampuan kelas Anda.

  • Jika Anda menyadari bahwa ada beberapa anak di kelas Anda yang tidak bisa membaca atau menulis seperti yang lain, janganlah bermain permainan yang dapat dimenangkan dengan mengandalkan kemampuan membaca atau menulis saja. Ketika bermain permainan tanya-jawab (pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab oleh para murid), sarankan kepada murid-murid Anda bahwa murid yang mendapatkan giliran bisa menjawab atau meminta anggota dari kelompoknya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  • 4. Variasikanlah proses pembentukan kelompok.

    Biarkanlah murid-murid Anda membentuk kelompok mereka sendiri yang terdiri dari tiga atau empat anggota. Mainkan permainan itu sekali saja. Kemudian, umumkan bahwa anggota dari setiap kelompok yang memakai warna baju yang paling banyak dikenakan oleh murid-murid Anda (contohnya merah) perlu pindah ke tim lain. Kemudian mainkan permainan tersebut sekali lagi. Saat Anda mengulang proses perputaran ini, variasikan cara perputarannya agar murid-murid Anda bermain dengan anak-anak yang berbeda setiap kalinya. (t/Uly)

    Diterjemahkan dan disunting dari:

    Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

    Sumber
    Judul Artikel: 
    Everyone`s a Winner in These Games
    Judul Buku: 
    Sunday School Smart Pages
    Pengarang: 
    Wes dan Sheryl Haystead (Penyunting)
    Halaman: 
    117
    Penerbit: 
    Gospel Light
    Kota: 
    USA
    Tahun: 
    1992
  • Komentar