Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pendamai


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pembacaan Alkitab: Matius 5:1-12 Apakah kalian memerhatikan bahwa ada satu kata yang diulangi beberapa kali dalam ayat-ayat yang baru saja dibaca? Apakah itu? Ya, "berbahagialah". Kita semuanya menghendaki kehidupan yang bahagia dan diberkati. Dalam ayat-ayat itu, Yesus memberi tahu bagaimana kita dapat menjadi berbahagia. Hari ini kita akan membicarakan ayat 9. "Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah." Apakah artinya menjadi seorang pendamai? (Berilah

Pembacaan Alkitab: Matius 5:1-12

Apakah kalian memerhatikan bahwa ada satu kata yang diulangi beberapa kali dalam ayat-ayat yang baru saja dibaca? Apakah itu? Ya, "berbahagialah". Kita semuanya menghendaki kehidupan yang bahagia dan diberkati. Dalam ayat-ayat itu, Yesus memberi tahu bagaimana kita dapat menjadi berbahagia.

Hari ini kita akan membicarakan ayat 9. "Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah." Apakah artinya menjadi seorang pendamai? (Berilah waktu untuk jawaban.)

Kadang-kadang, anak-anak bahkan kakak adik bertengkar. Mereka terlalu merepotkan hal-hal yang tidak perlu. Seandainya kita bertanya kepada mereka apakah yang sedang mereka ributkan, sering kali mereka tidak mengetahuinya.

Alkitab mengatakan, "Berbahagialah orang yang membawa damai; karena mereka akan disebut anak-anak Allah." Ini berarti bahwa apabila seseorang mencoba bertengkar, kalian tidak boleh membalasnya. Mungkin hal ini berarti mengalah kepada mereka dan tidak mendapatkan kemauanmu sendiri.

Seorang pendamai meredakan keadaan sebelum keributan timbul. Dia tidak mencari kesulitan. Dia tidak memulai perbantahan, tidak pula mulai pertengkaran.

Adapun yang menjadikan suatu rumah tangga tidak berbahagia adalah salah, dan kita masing-masing harus mencoba sebaik-baiknya untuk mencegah ketidakbahagiaan itu.

Janji yang diberikan kepada orang yang membawa damai adalah, "Mereka akan disebut anak-anak Allah." Suatu nama yang indah.

Kita semua ingin menjadi anak-anak Allah dan tinggal bersama Dia di surga. Tetapi untuk pergi ke surga, kita harus meminta kepada Yesus untuk mengampuni kita karena saat-saat kita menyebabkan kesukaran. Menjadi seorang pendamai tidaklah mudah, tetapi hal ini membawa ganjaran yang besar!

Sekarang, marilah kita menundukkan kepala kita dan mohon Yesus mengampuni kita karena setiap kesukaran yang mungkin kita timbulkan dan karena tidak sabar menghadapi adik-adik kita. Yesus akan menolong kita.

Doa:

Berdoalah agar Tuhan akan monolong anak-anak menjadi pendamai, di rumah, di sekolah, maupun saat bermain.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu Jilid I
Pengarang: 
Tidak dicantumkan
Halaman: 
126
Penerbit: 
Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar