Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Menyambut Natal


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 721 - Natal (II)

Ini adalah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menyambut Natal, hari kelahiran Tuhan kita.

Minggu 1: Kunjungan kejutan.

Dua ribu tahun yang lalu, malaikat datang mengunjungi seorang wanita muda, namanya Maria. Ia telah bertunangan (hendak menikah) dengan Yusuf, seorang tukang kayu dari Betlehem. Malaikat memberi tahu bahwa Maria akan melahirkan seorang bayi -- Anak Allah! Malaikat juga mengunjungi Yusuf dan menyuruh Yusuf menamai bayi itu "Imanuel", yang artinya Allah beserta kita. Maria dan Yusuf terkejut, tetapi gembira karena mereka dipilih Allah (Matius 18:25 dan Lukas 1:26-38).

Kita pun bisa membawa sukacita bagi seseorang, seperti yang malaikat lakukan. Buatlah kunjungan kejutan ke teman-teman atau saudaramu. Gambar sebuah lukisan Natal untuk mereka atau bawakan kue Natal. Nyanyikan sebuah lagu dan berikan kartu Natal yang khusus kita buat untuk mereka.

Minggu 2: Hatiku menjadi palungan-Nya.

Beberapa waktu sebelum Bayi Yesus lahir, Maria dan Yusuf terpaksa melakukan perjalanan jauh ke Betlehem. Ketika mereka tiba di sana, tak ada kamar di penginapan sehingga mereka tinggal di sebuah kandang binatang. Ketika Bayi Yesus lahir, Ia dibungkus dengan kain bersih dan dibaringkan di palungan -- sebuah kotak tempat makan binatang (Lukas 2:1-7). Meskipun Dia adalah Raja atas segala raja, Yesus lahir di kandang binatang. Mungkin, Ia tak tampak seperti raja bagi orang-orang yang melihat-Nya. Namun, mereka yang mengenal dan percaya kepada-Nya merayakan kelahiran-Nya. Gambarkan hatimu dengan Yesus di dalamnya. Selanjutnya, gantungkan pada dinding sehingga kamu ingat bahwa Yesus senantiasa menyertaimu.

Minggu 3: Malam terang.

Pada malam Natal pertama, beberapa gembala menjaga domba-domba mereka di padang rumput. Mereka menatap langit dan menyaksikan sebuah terang kemilau. Tiba-tiba tampaklah malaikat yang berkata, "Jangan takut, aku membawa kabar baik untukmu. Hari ini Juru Selamat telah lahir di kota Daud. Dan, muncullah sejumlah besar malaikat menyanyi memuji Allah!" (Lukas 2:8-14)

Pergilah keluar dan hitunglah bintang-bintang! Ketahuilah, kemuliaan Allah lebih terang dan lebih indah dibanding semua bintang yang ada di alam semesta. Sebagaimana para malaikat membawa kabar tentang Yesus, kita bisa melakukannya juga. Katakan tentang Yesus Terang Dunia dan Juru Selamat kita kepada teman-teman kita.

Minggu 4: Persembahan untuk-Nya.

Setelah Yesus lahir, beberapa orang majus datang mengunjungi-Nya. Mereka mengikuti sebuah bintang besar hingga tiba di rumah Yesus. Orang-orang majus itu membawa harta-harta berharga untuk-Nya (Matius 2:9-12).

Apa yang akan kita berikan untuk Yesus pada Natal ini? Buatlah daftar apa saja yang telah kita dapat dari Tuhan, terutama kasih-Nya! Kemudian, perlihatkan kasihmu juga kepada-Nya dan kasihmu kepada orang-orang di sekitarmu. Selamat Natal!

Diambil dan disunting dari:

Judul majalah : KITA (Kristus Ialah Tuhan Anak-Anak)
Edisi majalah : 34 Tahun 1995
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Halaman : 7

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar