Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Memahami Perjanjian Lama (Seri Pengaturan Alkitab #2)


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 753 - Mengajarkan Perjanjian Lama kepada Anak (II)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

TARGET USIA: 10 -- 14 tahun

TUJUAN: Mengajarkan siswa tentang susunan Perjanjian Lama dan bagaimana setiap bagian dalam kitab-kitabnya menunjuk kepada Kristus.

IDE POKOK: Perjanjian Lama terdiri dari kitab-kitab yang ditulis sebelum Yesus lahir. PL disusun dalam bagian-bagian yang masing-masing memiliki gaya penulisan yang unik guna menyatakan rencana Allah bagi penebusan umat manusia (melalui Yesus).

BACAAN AYAT-AYAT: 2 Timotius 3:16-17; Kejadian 1; Yosua 1; Ayub 1; Yesaya 1; Hosea 1.

BAHAN-BAHAN: papan tulis atau papan poster, lembar kerja "Bagian-bagian dalam Perjanjian Lama" (unduh di sini), gunting, kantung plastik sandwich, dan perekat.

Gambar: anak berdoa
Sumber: https://hannahmicallef.wordpress.com/values-we-share/prayer/

Pendahuluan (5 menit)

DOA PEMBUKAAN: "Tuhan, ungkapkan kebenaran-Mu dari Perjanjian Lama dan berikan kami kekuatan saat kami berusaha memahami bagaimana seluruh Alkitab berfokus pada Yesus Kristus dan rencana masa depan-Mu menghapus dosa dari dunia. Amin."

ULASAN PELAJARAN SEBELUMNYA: Katakanlah, "Minggu lalu, kita belajar bahwa Alkitab ditulis dalam kurun waktu 2.000 tahun. Apakah ada yang ingat berapa banyak kitab yang ada di Alkitab (66)? Berapa banyak penulis yang menulis kitab-kitab tersebut (sekitar 40)?" Ingatkan para siswa bahwa kita tahu Alkitab adalah firman Tuhan yang sejati karena setiap kitab menunjuk pada Injil Yesus Kristus, dan Allah telah memelihara kitab-kitab ini sehingga kita dapat memiliki relasi dengan Dia. Juga, setiap kitab "dinapasi oleh Allah" melalui Roh Kudus, dan ditulis oleh manusia (2 Timotius 3:16-17).

Pelajaran (25 menit)

1. Ingatkan para siswa bahwa Alkitab terdiri dari dua bagian besar: Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Katakanlah, "Lihat daftar isi di Alkitab kalian. Hari ini, kita akan berbicara tentang Perjanjian Lama (kitab-kitab yang ditulis sebelum kelahiran Yesus) guna memahami susunannya dan bagaimana Perjanjian Lama menunjuk pada Injil Yesus Kristus.


Gambar: Daniel di gua singa
Sumber: http://rudytahu.blogspot.co.id/2014/09/pengelompokam-kitab-perjanjian-lama.html

2. Tuliskan lima kategori kitab-kitab Perjanjian Lama pada papan tulis atau papan poster.

Kitab-kitab Musa atau Pentateuch (kitab Kejadian hingga kitab Ulangan): Beri komentar, "Dalam kitab-kitab ini, Allah menetapkan bangsa Yahudi sebagai orang-orang yang dipilih-Nya -- orang-orang yang darinya Mesias suatu hari akan datang!" Cari Kejadian 1. Secara singkat, bahas catatan Alkitab tentang Adam dan Hawa, Nuh, Abraham, dan Musa. Jelaskan bahwa semua kejadian ini terdapat di kitab Musa.

Kitab-kitab sejarah (kitab Yosua hingga kitab Ester): Mintalah siswa menemukan Yosua 1 di Alkitab mereka. Katakanlah, "Kitab Yosua hingga kitab Ester adalah kitab-kitab sejarah yang menunjukkan Allah sebagai pelindung orang-orang yang percaya kepada-Nya, dan bahwa Dia, sesuai dengan firman-Nya, menghukum yang jahat dan memberi berkat bagi mereka yang percaya pada rencana-Nya (termasuk kesempatan memperoleh keselamatan)." Secara singkat, berikan ulasan kehidupan Yosua (pertempuran Yerikho), Simson, Rut, dan Ester.

Kitab amsal dan puisi (kitab Ayub hingga kitab Kidung Agung): Katakanlah, "Sekarang, mari kita beralih ke Ayub 1. Kitab Ayub hingga kitab Kidung Agung terdiri dari ucapan bijak, metafora, mazmur (lagu), dan puisi. Jenis-jenis tulisan ini menunjukkan keagungan Allah dan kuasa Roh-Nya dengan cara yang berbeda dari kitab-kitab sebelumnya. Dan, melalui Roh-Nya, kita dapat menerima hidup yang kekal!" Berikan ulasan tentang kehidupan Ayub, Daud, dan Salomo.

Kitab nabi-nabi besar (kitab Yesaya hingga kitab Daniel): Jelaskan bahwa kitab-kitab ini disebut sebagai "kitab nabi-nabi besar" karena panjangnya penuturan kisahnya. Beralihlah ke Yesaya 1. Katakanlah, "Para nabi berbicara tentang waktu penghakiman Allah, penebusan, dan kehancuran seluruh dosa pada masa yang akan datang (yang dilakukan melalui pengorbanan Yesus yang tak bercela)." Secara singkat, bahaslah kehidupan Elia dan Daniel.

Kitab nabi-nabi kecil (kitab Hosea hingga kitab Maleakhi): Lihat Hosea 1. Beri komentar, "Kitab-kitab ini disebut sebagai 'kitab nabi-nabi kecil' karena jumlah pasalnya yang lebih sedikit (dan bukan karena pesan mereka kurang penting). Kitab-kitab ini juga ditulis untuk alasan yang sama seperti kitab-kitab nabi besar." Uraikan kitab Yunus sebagai satu contoh dari kitab nabi-nabi kecil.

3. Tanyakan, "Jadi, sekarang, setelah kita mengetahui susunan Perjanjian Lama, tidakkah kita bisa lebih mengerti bagaimana kitab-kitab tersebut menunjuk kepada Injil?" Tambahkan bahwa ada periode waktu sekitar 400 tahun antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, dan pelajaran minggu depan akan menguraikan kitab-kitab Perjanjian Baru.

Kesimpulan (5 menit)

REKAP: Perjanjian Lama terdiri dari berbagai jenis tulisan yang menunjukkan kuasa Allah, kekudusan Allah, dan rencana-Nya guna menebus umat manusia melalui Yesus Kristus.

DOA PENUTUP: "Tuhan, kami mohon pertolongan-Mu memahami Perjanjian Lama. Bimbing kami saat kami belajar lebih lanjut tentang Engkau dengan mempelajari kitab-kitab Perjanjian Lama. Amin."

Tinjau Ulang Kegiatan (10 menit) -- Unduh Lampiran

Bagikan lembar kerja "Bagian-bagian dalam Perjanjian Lama". Katakan, "Kita akan berlatih mengidentifikasi kitab-kitab yang terdapat dalam setiap kategori Perjanjian Lama." Potong-potong terlebih dahulu nama kitab (ada dalam lembar kerja) untuk setiap siswa, dan letakkan dalam kantung plastik sandwich. Bagikan kantung-kantung plastik tersebut dan beritahu siswa supaya melihat daftar isi Alkitab mereka guna membantu merekatkan setiap nama kitab dalam susunan yang benar. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Ministry to Children
Alamat situs : http://ministry-to-children.com/bible-layout-lesson-two/
Judul asli artikel : Lesson: Understanding the Old Testament (Bible Organization Series #2)
Penulis artikel : Leah Pittsinger
Tanggal akses : 6 Maret 2017

Komentar