Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kiat Efektif Agar Anak Suka Belajar


Jenis Bahan PEPAK: Tips

  1. Suasana yang menyenangkan adalah syarat mutlak agar anak suka belajar.

    Menurut hasil penelitian tentang cara kerja otak, bagian pengendali memori di dalam otak akan sangat mudah menerima dan merekam informasi yang masuk jika berada dalam suasana yang menyenangkan.

  2. Membuat anak senang belajar jauh lebih penting daripada menuntut anak mau belajar agar menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu.

    Anak yang prestasinya diperoleh dengan cara yang terpaksa, maka ia tidak akan bertahan lama. Anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan memiliki rasa ingin tahu yang besar dan sangat memengaruhi kesuksesan belajarnya pada masa yang akan datang.

  3. Kenali tipe dominan cara belajar anak.

    Kenali apakah tipenya apakah tipe auditori, visual, ataukah kinestetik. Kita jangan meminta anak untuk terus-menerus belajar dengan cara yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya, karena hal itu akan membuatnya tidak maksimal menyerap isi pelajaran, sehingga anak tidak berkembang dengan maksimal.

  4. Belajar dengan jeda waktu istirahat setiap 20 menit akan lebih efektif daripada belajar selama 1 jam penuh, tanpa istirahat.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu berkonsentrasi paling lama 20 menit. Jika lebih dari itu, maka daya konsentrasi anak akan menurun. Jeda waktu istirahat 1 -- 2 menit akan mengembalikan daya konsentrasi anak kembali seperti semula.

  5. Pada dasarnya, anak memiliki naluri ingin mempelajari segala hal yang ada di sekitarnya.

    Anak akan menjadi sangat antusias dan semangat untuk belajar jika isi atau materi yang dipelajari sesuai dengan perkembangannya. Anak akan mudah bosan jika yang dipelajari terlalu mudah baginya. Sebaliknya, anak akan menjadi stres dan patah semangat jika yang dipelajari terlalu sulit.

Kuncinya adalah mengenali keunikan anak. Jika Anda sudah tahu apa saja yang dapat memotivasi dia, maka tidak akan sulit untuk membuatnya gemar belajar. Kenalilah minatnya, kembangkan itu dengan mengarahkannya secara lebih terfokus. Hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap anak memiliki perbedaan-perbedaan dan keunikannya masing-masing, tugas kita sebagai orang dewasa adalah mengenalinya dan mengasahnya. Selain itu, jadilah teladan yang baik bagi mereka, jika mereka melihat bahwa Anda juga antusias dalam mempelajari hal-hal baru, maka mereka pasti terpengaruh. Sebagai orang dewasa, peran Anda sangat kuat karena mereka menjadikan Anda sebagai panutan.

(Artikel ini telah diterbitkan di Buletin Komite Sekolah TKIT/SDIT Full Day School Nur Hikmah Pondok Gede, Bekasi)

Tanggal akses: 29 Juli 2010

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Situs: 

http://www.erlangga.co.id/ Penerbit Erlangga

Komentar