Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kerohanian Yang Sehat Melalui Doa


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh kehidupan doa bagi anak-anak kita? Sangat banyak! Manfaat-manfaat itu mengalir dari hubungan yang baik dengan Allah. Alkitab, Firman Allah, dengan jelas menggambarkan beberapa manfaat ini, dari kehidupan batiniah yang lebih baik sampai pada kedudukan dan penghormatan yang dapat kita peroleh.

1. Kehidupan Batiniah yang Sehat

Apabila kita mengajar anak-anak kita untuk berdoa, maka mereka akan belajar tentang sukacita dan kedamaian yang telah tersedia bagi mereka. Sukacita dan damai sejahtera itu melebihi semua yang dapat kita berikan kepada mereka, karena tidak seperti kita, Allah selalu siap untuk mendengar dan menolong. Kita dijanjikan untuk menerima damai sejahtera yang sempurna (Yesaya 26:3), sukacita dari Allah yang menghapuskan segala ketakutan (Mazmur 21:6-7) dan hati yang gembira (Mazmur 105:3).

2. Pertumbuhan Rohani Semakin Berkembang

Setiap orangtua menginginkan anak-anaknya bertumbuh secara rohani. Kita ingin agar putra-putri kita bertumbuh dalam pengertian, kebijaksanaan, dan kepenuhan Allah. Melalui doa, anak-anak kita dapat bertumbuh dalam hikmat dan pengertian Allah (Amsal 2:3-6) serta dalam kasih (Efesus 3:19).

3. Memiliki Emosi yang Sehat

Kadangkala, ketakutan anak-anak kita sungguh tidak beralasan, namun itulah kenyataannya. Pada saat anak-anak kita tumbuh dewasa, rasa takut itu tidak hilang begitu saja; rasa takut itu hanya berubah wujudnya. Dengan memperlengkapi anak-anak kita dengan doa, berarti kita memberikan kekuatan, bahkan keberanian untuk menghadapi dunia mereka. Kitab Suci menggambarkan jawaban-jawaban yang diperoleh melalui doa. Hal ini yang mengajarkan anak untuk senantiasa hidup berkemenangan di dalam Tuhan. (Mazmur 34:5-6)

4. Dilindungi dan Dilepaskan Dari yang Jahat

Banyak hal yang mengancam anak-anak kita dewasa ini, mulai dari kekerasan sampai obat-obatan terlarang. Mereka juga terancam oleh pengaruh-pengaruh si jahat. Melalui doa-doa kita dan anak-anak kita, maka mereka akan terlindung dan dibebaskan dari yang jahat. Sehingga, doa akan menjadi alat yang memampukan anak untuk peka akan keadaan di sekeliling mereka, khususnya keadaan yang jahat.

5. Tujuan, Bimbingan, dan Arah bagi Kehidupan Mereka

Allah menginginkan agar kita dan anak-anak kita mencari-Nya untuk memperoleh bimbingan dan arah dalam hidup kita. Ia memiliki maksud tujuan bagi setiap kita, dan Dia berjanji bahwa Dia akan memenuhi panggilan itu apabila kita memintanya.

6. Pemeliharaan

Anak-anak kita berdoa kepada Allah yang Maha Pengasih, yang memiliki hasrat dan kuasa untuk memberikan segalanya yang mereka perlukan. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memohon kepada-Nya. Seperti yang dikatakan Yesus kepada orang-orang yang mendengarkan Dia, jika seorang anak dapat mengandalkan bapanya yang ada di dunia untuk memberikan segala yang baik kepadanya, ... "apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada- Nya" (Matius 7:9-11).

7. Keinginan Kita Dikabulkan

Manfaat lain dari doa adalah bahwa Allah mengabulkan keinginan-keinginan mereka menurut kehendak-Nya. Melalui doa dan hubungan yang mendalam mereka belajar untuk bersukacita di dalam Dia, dan Ia mulai mengabulkan keinginan-keinginan hati. (Mazmur 37:4)

8. Pertolongan dan Dorongan

Melalui doa-doa mereka, anak-anak kita dapat menemukan pertolongan dan dorongan dalam mereka melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai Bapa, Allah mendengar, menghibur, dan melimpahkan kasih karunia-Nya kepada anak-anak kita ketika mereka berdoa kepada-Nya. (Ibrani 4:16)

9. Kedudukan dan Penghormatan

Akhirnya, Allah meninggikan dan memberikan kehormatan bagi mereka yang menghormati Dia (Mazmur 75:6-7).

Jika saya berkata, "Saya tahu rahasia yang dapat membantu Anda membesarkan anak-anak yang memiliki damai sejahtera di dalam hati mereka, senantiasa bertumbuh secara rohani, berani, memiliki karakter yang kuat, terhindar dari malapetaka, dan menjauhi yang jahat," inginkah Anda mengetahui rahasianya? Jika rahasia ini dapat membantu anak-anak Anda untuk memiliki arah dan tujuan yang kuat, segala yang mereka butuhkan, dan membuat mereka dihormati dan ditinggikan oleh teman-teman ataupun rekan-rekan mereka, apakah Anda ingin tahu rahasianya? Rahasianya sederhana saja: ajarlah mereka berdoa!

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: gkpb.net
Alamat situs: http://www.gkpb.net/index.php?option=com_content&view=article&id=697:mem...
Judul artikel: Membangun Kehidupan yang Bermakna Di Dalam Diri Anak-Anak
Penulis artikel: Bambang H. Widjaja
Tanggal akses: 5 April 2011

Komentar